Pinhome

Kata Kata Kartini

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 23 October 2021 ∙ 7 menit membaca

Raden Ajeng kartini merupakan sosok inspiratif terutama bagi wanita Indonesia hingga saat ini. Melalui kata-kata yang beliau ucapkan, kita dapat mengenal siapa sebenarnya seorang Kartini.

Pada masa lalu sosok Kartini dikenal sebagai wanita yang cerdas dan mandiri. Hampir setiap orang mengenal beliau sebagai pahlawan yang memperjuangkan hak-hak perempuan.

Kepribadian Kartini sebagai seorang perempuan tampaknya layak disandingkan dengan sosok perempuan kuat yang Pramoedya Ananta Toer.

Seperti yang kita ketahui, pada masa penjajahan Belanda perempuan Indonesia tidak mendapatkan hak yang sama dengan kaum laki-laki, terutama soal pendidikan. Hal tersebutlah yang menggerakan Raden Ajeng Kartini untuk memperjuangkan hak-hak perempuan.

Hingga saat ini, perjuangan-perjuangan beliau senantiasa dikenang setiap tahunnya dengan diperingatinya hari Kartini.

Sekilas Tentang R.A Kartini

Kartini
Sumber: Tirto

Raden Ajeng Kartini Lahir pada tanggal 21 April 1879 di Kota Jepara, hari kelahirannya tersebut yang kita peringati setiap tahunnya sebagai Hari Kartini untuk mengingat jasa dan perjuangan beliau.

Kartini dilahirkan dari keluarga bangsawan, namun hal tersebut tidak membuat ia lupa dengan masyarakat kecil di sekitarnya.

Pada masa itu Raden Ajeng Kartini mendapat pendidikan yang cukup tinggi, kesadaran akan emansipasi wanita akhirnya tumbuh dalam diri beliau.

Masa muda beliau dihabiskan untuk memperjuangan hak perempuan di negeri ini, tentu tidaklah mudah sebab waktu itu harus berhadapan dengan penjajah Belanda.

Kartini meninggal pada bulan September tahun1904 di Rembang. Meskipun beliau telah meninggal, namun jasa-jasanya terkenang abadi.

Kartini sendiri saat ini merupakan seorang Pahlawan Nasional, hal tersebut ditetapkan pada tahun1964.

Perjalanan Raden Ajeng Kartini

  • Lahir – 21 April 1879
  • Sekolah di ELS – 1891
  • Menikah – 1903
  • Meninggal – 1904

Kata Kata Bijak Kartini

kata kata bijak kartini

1. Membicarakan Orang Lain

Saat membicarakan orang lain Anda boleh saja menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu yg baik.

Seberapa seringkah kalian membicarakan orang lain? Raden Ajeng Kartini melalui quotes di atas berpesan kepada kita semua apabila membicarakan orang lain, kemudian ditambah-tambahkan jangan sampai menambahkan hal-hal yang sifatnya buruk.

Sebenarnya hal tersebut juga telah dilarang dalam Agam Islam, dimana seorang Muslim tidak dierkenankan untuk membicarakan keburukan orang lain (Ghibah).

Semoga pesan dari Raden Ajeng Kartini di atas menjadi pengingat bagi kita untuk tidak membicarakan keburukan orang lain.

Adapun ketika ingin membicarakan orang lain hendak disampaikan kebaikannya yang dapat memotivasi sesama serta menjadi teladan bagi orang lain.

2. Hal yang Menyenangkan

Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.

Bagi Raden Ajeng Kartini hal yang paling menyenangkan ialah menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama orang-orang yang dicintai.

Tentu ini menjadi inspirasi bagi kita semua supaya kita memperlakukan orang lain dengan baik, bahkan dapat menyenangkan hati mereka.


Ada perasaan berbeda saat diri kita mampu membuat orang lain tersenyum, terutama orang-orang yang kita cintai. Rasa itu barangkali tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

3. Kesulitan Datang Sebelum Kebahagian

Terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.

Hal ini samahalnya dengan istilah atau pantun yang sudah familiar di masyarakat kita, yaitu “Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian“.

Memang benar begitu adanya, kesulitan terlebih dahulu datang sebelum kebahagian. Mengapa demikian? Sebab Tuhan ingin melihat seberapa mampu manusia melewati kesulitan tersebut.

Bahkan seorang Muslim sudah sangat familiar dengan hal ini, di dalam Kitab Suci Al-Qur’an disebutkan “Akan datang 2 kebudahan setelah kesulitan” tentunya hal tersebut adalah sesuatu yang pasti.

4. Menjatuhkan Diri Sendiri

Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.

Sadarkah dengan apa yang disampaikan di atas? Kartini lewat kata katanya memberikan pandangan bahwa terdapat banyak hal yang menjatuhkan diri sendiri. Akan tetapi hal tersebut tidak benar-benar menjatuhkan, kecuali sikap diri sendiri.

Bagaimana tidak, sikap atau atitude merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan.

Sebab hampir setiap waktu berinteraksi dengan orang lain. Maka sikap yang buruk bisa saja menjatuhkan diri sendiri. Untuk itu, penting bagi kita untuk memahami etika sosial dalam hidup bermasyarakat, termasuk di dalamnya etika sopan santun dan etika kehidupan.

5. Dosa dan Agama

Agama memang menjauhkan kita dari dosa, tapi berapa banyak dosa yang kita lakukan atas nama agama.

Kedua hal tersebut adalah sesuatu hal yang tidak dapat dipisahkan, mengapa demikian? Sebab adanya agama untuk mengatur kehidupan yang baik di muka bumi.

Ketika ada beberapa orang atau kelompok yang melakukan dosa atas agama, bukan berarti menyamakan setiap orang yang beragama seperti itu.

6. Hubungan

Saat suatu hubungan berakhir, bukan berarti dua orang berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti saling menyakiti.

Berakhirnya sebuah hubungan dua insan bukan berarti ia berhenti saling mencintai, rasa cinta barangkali masih ada di dalam dada. Namun yang jelas, saat hubungan berakhir mereka tidak saling menyakiti lagi.

8. Gelap & Terang

Habis gelap terbitlah terang.

Kata-kata Kartini yang satu ini sangatlah terkenal. Makna yang terkandung dalam quotes di atas ialah setelah gelap akan datang terang. Hal ini sama halnya dengan malam, pasti akan datang siang. Setelah susah pasti akan datang sebuah kebahagian.

9. Gadis Cerdas

Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.

Hal inilah yang dialami seorang Kartini, dimana ia merupakan gadis yang cerdas dan memiliki pandangan yang luas akan kehidupan seorang perempuan.

Singkat cerita, akhirnya tidak ada yang dapat menahan ia untuk memperjuangkan kaum perempuan dan mengalahkan rasa takut.

10. Pantang Menyerah

Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.

Menyerah adalah sebuah kata untuk pecundang, Kartini mengingatkan kita semua agar tidak pernah menyerah akan hal apapun, termasuk mennyesal karena kamu telah menyerah dengan keadaan.

Menghadapi dan melakukan segala hal dengan rasa optimis, tidak pernah ada kata gagal sebelum kita menyerah, berjuang sekuat tenaga untuk merauh yang diinginkan.

11. Hal Buruk

Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.

Mengeluh bukanlah sebuah pilihan, sebab dengan cara itu hanya akan membuat segalanya lebih buruk.

Bahkan kata Kartini Tuhan tidaklah memberikan hal buruk kepada manusia, hal buruk datang karena manusia itu sendiri yang membiarkannya.

12. Mimpi

Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.

Mimpi merupakan suatu hal yang mahal, sebab tidak semua orang berani bermimpi.

Kartini memberikan nasehat kepada kita semua untuk terus bermimpi dan menjaganya, bahkan apabila hidup tanpa mimpi akan sangat berat untuk dijalaninya, sebab kehidupan sebenarnya kejam.

13. Bergantung Kepada Orang lain

Adakah yang lebih hina, daripada bergantung kepada orang lain?

Kartini menganggap bergantung kepada orang lain adalah sesuatu yang hina.

Dengan demikian sebenarnya ia menyarankan kita untuk dapat hidup dengan mandiri dan berdikari.

14. Ikhtiar Membebaskan Diri

Ikhtiar! Berjuanglah membebaskan diri. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain.

Beriktiar memperjuangkan sendiri adalah sebuah keharusan, sebab bagaimana dapat menolong orang lain jikalau tanpa diri sendiri sulit. Apabila diri sendiri telah bebas dan merdeka, maka wajib menolong orang lain.

15. Dendam Dalam Hati

Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. tiada mendendam, itulah bahagia.

Tidak memiliki rasa dendam merupakan salah contoh orang yang bahagia, maka dari itu sebisa mungkin harus dapat memaklumi  dan mengurangi rasa dendam yang ada.

Kata kata Caption Selamat Hari Kartini

selamat hari kartini

Selamat Hari Kartini untuk para wanita Indonesia. Semoga para Kartini senantiasa berprestasi selalu dan penuh semangat

Ucapan sekaligus doa untuk perempuan Indonesia supaya dapat berprestasi mengharumkan nama bangsa. Prestasi yang dapat dicapai tentu dapat dari mana dan dari bidang apa saja sesuai dengan keahliannya masing-masing.


Selamat Hari Kartini untukmu dan semoga kamu menjadi wanita yang lebih baik bagi bangsa Indonesia. Buatlah Tanah Airmu bangga. Tetaplah kuat melawan segala diskriminasi yang ada.

Sebetulnya di Indonesia sendiri sudah menghargai mengenai hak-hak perempuan. Akan tetapi meskipun demikian masih ada segelintir yang barangkali mendikriminasi perempuan. Tentu jikapun seperti ini haruslah kuat dalam menghadapinya.


Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia. Bermimpilah setinggi langit dan jagalah selalu semangat Kartini di hatimu

Mimpi merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap orang, tidak terkecuali oleh perempuan. Bermimpilah seperti Kartin untuk bermanfaat bagi banyak orang.


Demikian tulisan mengenai quotes dan kata-kata Kartini yang dapat kami sajikan, semoga tulisan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi kalian semua.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Ucapan Selamat Pagi Islami yang Mengandung Doa Baik

Mengawali hari dengan doa akan membuat harimu lebih menyenangkan. Di samping itu, kamu juga berbaga

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia