BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Jenis Patung untuk Dekorasi Rumah dan Contohnya
0
0

6 Jenis Patung untuk Dekorasi Rumah dan Contohnya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 2, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dalam membuat desain interior rumah, patung adalah elemen yang memegang peran penting dalam menciptakan suasana yang unik dan menarik. Mereka tidak hanya menjadi objek dekoratif, tetapi juga berfungsi sebagai medium ekspresi artistik yang mampu menambah kehangatan, karakter, dan keindahan pada ruang. Jenis-jenis patung yang tersedia untuk dekorasi rumah sangat beragam, masing-masing memiliki pesona dan keunikan yang berbeda. Pada artikel ini, Pinhome akan memberikan beberapa jenis patung untuk dekorasi rumah dan contohnya.

Memilih patung untuk dekorasi rumah adalah kesempatan untuk mengekspresikan preferensi pribadi dan menciptakan suasana yang unik. Dari abstrak yang menggoda imajinasi hingga klasik yang merangkul keindahan zaman lampau, patung adalah cerminan kekayaan seni dan keunikan yang dapat menghiasi setiap ruang di rumah Kamu.

Jika kamu mencari rumah eksklusif kamu seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain jadi makin estetik. Fasad Roster yang sama juga bisa diterapkan untuk kamu yang baru beli rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga:

Jenis Patung untuk Dekorasi Rumah dan Contohnya

Patung identik sebagai karya seni yang ukurannya besar, megah, dan mempunyai nilai yang cukup tinggi. Sifatnya yang tiga dimensi (3D) sehingga karya yang satu ini dapat dinikmati dari segala sudut. Pada zaman dulu, patung dibuat dari batu yang dipahat sama seperti rumah yang juga dibuat dari batu. Kemudian, biasanya dihadirkan pada taman rumah atau pun bangunan penting.

Akan tetapi, sekarang ini terdapat banyak patung dengan ukuran dan materialnya beragam. Sehingga sangat cocok untuk membuat rumah lebih mempunyai kesan yang berseni. Beberapa orang justru menggunakannya sebagai dekorasi pohon natal. Berikut ini beberapa jenis patung untuk dekorasi rumah beserta contohnya.

1. Patung Abstrak

Source : Ebay

Jenis patung untuk dekorasi rumah yang pertama yaitu Patung abstrak. Patung abstrak adalah perwujudan kebebasan dalam bentuk dan ekspresi. Mereka tidak terikat pada representasi objek nyata, melainkan menekankan pada garis, bentuk, dan tekstur yang mengundang interpretasi yang beragam. Kekayaan abstraksi ini memungkinkan mereka menyatu dengan berbagai gaya dekorasi.

Patung abstrak biasanya dibuat atas dasar kesenian yang sebenarnya. Di balik bentuknya yang abstrak, patung yang satu ini mempunyai makna tersendiri dan pemikiran dari sang penciptanya. Patung dekorasi yang abstrak seringkali dinikmati oleh para pecinta kesenian. Karena abstrak, ukuran dan bentuknya sangatlah beragam.

Kamu dapat lebih mudah menyesuaikannya dengan gaya rumah masing-masing. Patung dekorasi abstrak dengan warna pastel atau natural dan bentuk yang terbilang sederhana akan cocok untuk rumah dengan desain Japandi. Sedangkan desain yang lebih rumit akan cocok dengan rumah yang berdesain kontemporer dan modern.

Contoh: Patung abstrak dari logam dengan desain yang dinamis atau patung dari batu alam dengan tekstur yang unik dan organik.

2. Patung Figuratif

Source : Pricetug

Jenis patung untuk dekorasi rumah yang berikutnya yaitu patung figuratif. Patung figuratif menggambarkan sosok manusia, hewan, atau objek tertentu dengan detail yang jelas. Mereka mampu menghadirkan kehadiran yang kuat dan emosional ke dalam ruang, seringkali menjadi fokus utama di area dekoratif.

Banyak orang yang menghadirkan patung hewan pada rumah mereka. Terdapat banyak pilihan patung hewan yang realistis yang persis seperti aslinya dan cocok untuk menghiasi hunian klasik ataupun tradisional. Hal tersebut yang membuat patung figuratif mempunyai banyak peminatnya tersendiri.

Contohnya yaitu patung figuratif dari kayu yang menggambarkan kehidupan sehari-hari atau patung manusia dari bahan keramik dengan ekspresi yang menarik.

3. Patung Taman

Source : Flickr

Jenis patung untuk dekorasi rumah yang selanjutnya yaitu patung taman. Tidak hanya area indoor yang dapat dijadikan berseni. Area outdoor pun dapat jadi berseni dengan patung taman. Patung yang satu ini didominasi dengan material batu karena akan lebih tahan akan perubahan cuaca yang kerap kali terjadi. Bentuknya banyak yang mendaptasi karakteri imajinasi, seperti kurcaci, malaikat, peri. Karakter-karakter patung dekorasi taman ini dapat menghidupkan suasana taman rumah.

Contohnya patung kodok dari batu untuk taman atau patung fungsional seperti air mancur dengan desain patung yang menarik.

4. Patung Klasik

Source : Etsy

Patung klasik terinspirasi dari gaya seni kuno atau periode tertentu dalam sejarah seni. Mereka mencerminkan keanggunan dan keindahan yang timeless serta memberikan sentuhan sejarah pada ruang modern.

Contohnya yaitu patung Romawi atau Yunani klasik yang menggambarkan dewa-dewi atau karya seni Renaissance yang menghadirkan nuansa klasik pada ruang tamu.

5. Patung Eksentrik

Source : Etsy

Patung eksentrik seringkali menciptakan pernyataan yang unik dan mencolok. Mereka bisa berupa karya seni kontemporer yang tidak konvensional dan menjadi titik fokus menarik dalam dekorasi.

Contohnya yaitu patung dari bahan daur ulang yang memiliki desain yang tidak biasa atau patung instalasi yang menggabungkan berbagai elemen material.

6. Patung Minimalis

Source : Neiman Marcus

Patung untuk dekorasi rumah yang terakhir yaitu patung minimalis. Patung minimalis menonjolkan kesederhanaan dalam desainnya. Mereka sering memiliki garis yang bersih dan bentuk yang sederhana, menyatu dengan estetika ruang yang bersih dan rapi.

Contohnya yaitu patung geometris dengan warna monokromatik atau patung dari bahan kaca dengan bentuk yang minimalis.

Itu dia beberapa jenis patung untuk dekorasi rumah beserta contohnya. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download