Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 20 Jenis Gelas Beserta Fungsinya. Jangan Sampai Salah Sebut!

20 Jenis Gelas Beserta Fungsinya. Jangan Sampai Salah Sebut!

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 30 October 2021 ∙ 8 menit membaca

Kebutuhan cairan dalam tubuh setiap manusia berbeda-beda. Namun, para ahli menyarankan bahwa mengkonsumsi air putih per hari bagi orang dewasa, sebaiknya memenuhi 2 liter atau setara dengan 8 gelas berukuran 230 ml. Gelas yang berguna menampung cairan untuk Pins minum tersebut ternyata memiliki beragam jenis yang cukup rumit. Tidak heran mayoritas masyarakat menyebut tempat tersebut adalah gelas bagaimanapun bentuknya, walaupun sebenarnya jenis gelas itu bervariasi sesuai dengan fungsinya.

Pinhome – Bila Pins mengunjungi sebuah resto, Pins akan mulai menyadari bahwa jenis gelas beraneka ragam. Mulai dari gelas untuk minum air putih, kopi, teh, beer, wine dan masih banyak lagi. Gelas tersebut bergantung pada kegunaan, tempat hingga cairan yang akan diminum. Cukup rumit bukan? Maka dari itu, agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari dalam menentukan gelas yang tepat, Pinhome akan menyajikan 20 jenis gelas. Mulai dari jenis stem glass atau gelas yang menggunakan tangkai kaki hingga unstem glass, yaitu gelas tanpa tangkai kaki.

Baca Juga:

10 Nama Alat Dapur dan Gambarnya yang Wajib Dimiliki Pemula

Gelas Anggur Merah (Red Wine Glass)

jenis gelas
(Vine Pair)

Gelas anggur merah atau disebut juga sebagai red wine glass merupakan jenis gelas yang berfungsi sebagai tempat terbaik dalam mencicipi anggur merah. Diantara jenis-jenis gelas lainnya, tempat satu ini memiliki ciri khas berdiameter lebih kecil pada bagian bibir gelas dibandingkan bagian mangkuk. Hal ini berguna untuk menikmati rasa anggur merah lebih baik. Dikarenakan minuman satu ini tergolong mahal dan mewah, maka gelasnya pun akan terlihat berkualitas.

Gelas Anggur Putih (White Wine Glass)

jenis gelas
(Williams Sonoma)

Berbeda dengan jenis stem glass anggur merah, gelas anggur putih atau white wine glass diperuntukan untuk menikmati rasa dari anggur berwarna putih. Sekilas akan terlihat seperti gelas sampanye, namun lebih gemuk pada bagian bawah. Mirip pula seperti gelas anggur merah namun jauh lebih ramping. Pins bisa melihat perbandingan gelas anggur merah dan putih pada gambar di atas.

Gelas Sloki (Shot Glass)

jenis gelas
(Kitchen Stuff plus)

Selanjutnya shot glass atau biasa disebut dengan gelas sloki. Gelas satu ini berukuran mini dengan tinggi kurang lebih 6 cm. Berbeda dengan jenis-jenis gelas lainnya yang mampu menampung cairan yang cukup banyak, gelas sloki memiliki daya tampung cairan kurang lebih 30 ml. Fungsi gelas satu ini pada umumnya adalah untuk menikmati alkohol dalam sekali tegukan. Namun, juga dapat dipergunakan sebagai takaran kopi espresso.

Gelas Sampanye (Champagne Flute Glass)

jenis gelas
(Personalised Favours)

Masuk dalam jenis stem glass, gelas sampanye mempunyai ciri khas kaki yang panjang dan mengecil pada bagian atasnya. Hal ini berguna untuk menyantap sparkling wine dengan gelembung yang masih tersisa. Bagian bibir yang menyecil akan membuat Pins lebih nikmat saat menikmati minuman satu ini.

Pilsner Glass (Gelas Pilsner)

(Flipkart)

Masih dalam rangka menikmati minuman beralkohol, ada jenis pilsner. Pilsner sendiri merupakan salah satu jenis bir dengan warna yang lebih pucat yang dibuat dari ragi, air, hop dan jelai yang direndam air. Gelas pilsner muncul sebagai salah satu cara terbaik menyantap jenis bir satu ini. Bentuknya mengerucut dengan bagian atas lebih besar dari bagian bawah.

Beer Stein Glass (Gelas Bir)

jenis gelas
(The Engraved Gift Workshop)

Bila melihat penampakannya, pasti Pins dengan mudah mengetahuinya. Fungsi gelas ini diperuntukan untuk menikmati bir yang dikategorikan ringan. Bentuknya besar dengan ukuran yang bervariasi dan pegangan pada salah satu sisinya. Bagian bibir gelas yang sangat lebar memaksimalkan kamu saat minum.

Gelas Es Teh (Ice Tea Glass)

jenis gelas
(Amazon)

Nah, bagi pecinta es teh manis ataupun es teh tawar, pasti paham dengan fungsi gelas satu ini. Menyantap minuman satu ini di tengah cuaca terik pada siang hari bolong menjadi saat terbaik. Fungsi gelas satu ini sesuai dengan namanya, biasanya digunakan untuk menikmati minuman dingin sejenis teh, namun tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk mengkonsumsi air mineral harian.

Baca Juga:

Cara Jitu Menghemat Air Di Dalam Rumah

Gelas Kopi Irish (Irish Coffee Glass)

jenis gelas
(Ubuy)

Gelas satu ini memiliki fungsi umum sebagai penyaji kopi dalam keadaan panas. Berbahan kaca, dengan bagian tangkai pendek, irish coffee glass memiliki pegangan sebagai ciri khas jenis gelas mug. Maka dari itu banyak pula yang menyebut jenis nya sebagai irish coffee mug. Tampilannya unik dan menarik bukan Pins?

Gelas Tulip Hurricane (Hurricane Glass)

(Distiller)

Membahas jenis-jenis gelas memang seperti tidak ada habisnya. Ada saja yang berbentuk unik dan tentunya menarik dilihat. Seperti gelas tulip hurricane. Fungsi gelas satu ini adalah sebagai wadah menikmati minuman koktail. Berada pada pesta-pesta dengan tema yang lebih santai, gelas satu ini berbentuk manis dengan badan yang menyerupai biola. 

Gelas Martini (Martini Glass)

jenis gelas
(Tescoma)

Gelas satu ini juga merupakan salah satu gelas dengan fungsi menikmati minuman koktail. Namun, desainnya lebih elegan dan cocok digunakan pada pesta bergaya mewah. Ciri khasnya memiliki bagian tungkai kaki yang cukup tinggi dengan bagian bibir minuman yang lebar namun terbilang sedikit menampung cairan. Bila dilihat sekilas bentuknya menyerupai kerucut terbalik.

Gelas Margarita (Margarita Glass)

(Liquor)

Lain hal dengan margarita glass, bentuknya menyerupai sebuah corong dengan dua lekukan pada bagian atas. Sekilas akan tampak seperti gelas martini namun lebih terlihat gemuk. Fungsinya masih sama yaitu menikmati minuman koktail bersama rekan-rekan. 

Baca Juga:

5 Cara Menjalin Hubungan Baik Dengan Klien

Collin Glass

(Robb Report)

Lanjut mengenal jenis gelas collin. Gelas satu ini sebenarnya sekilas seperti highball glass dan cooler glass, namun letak perbedaannya adalah pada ukuran dari gelas. Bila diurutkan dari tinggi ke rendah collin menempati urutan pertama. Selain menyantap tonic dingin, gelas ini juga bisa digunakan untuk menyuguhkan jus maupun minuman dingin lainnya.

Mug Glass

jenis gelas
(Manufactum)

Model gelas selanjutnya adalah gelas yang umum berada pada sebuah hunian. Umumnya digunakan untuk minuman panas, Pins bisa menyajikan kopi hangat, teh hangat, susu hingga air putih hangat. Dengan pegangan pada bagian sisi gelas, membuat tangan Pins aman dari sengatan panasnya minuman yang akan Pins nikmati.

Cordial Glass

jenis gelas
(Amazon)

Untuk gelas satu ini biasanya digunakan untuk menyajikan minuman setelah makan malam. Ukurannya cenderung kecil dengan ciri khas tangkai kaki dan badan gelas yang berukuran mirip. Bentuknya menyerupai lonceng, dan cocok digunakan pada pertemuan atau pesta apapun.

Snifter Glass

(Amazon)

Masuk dalam jenis stem glass, gelas snifter mempunyai tangkai kaki yang pendek dengan badan gelas besar menyerupai mangkuk. Sering disebut pula dengan gelas brendi. Gelas satu ini cocok digunakan untuk mencicipi minuman berjenis brendi, wiski maupun minuman keras lainnya dengan aroma yang menyengat. 

Rock Glass

(Clover Srilangka)

Menikmati segelas wiski menggunakan es batu dapat menggunakan tipe gelas satu ini. Tidak heran penampakannya akan sering terlihat pada beberapa bar yang menyajikan minuman beralkohol di dalamnya. Ciri gelas satu ini tidak tinggi dan tergolong gelas yang mungil. Intinya adalah penggunaannya khusus untuk minuman koktail yang dicampur dengan es batu.

Cooler Glass

(Crate and Barrel)

Masih membahas gelas untuk minuman dingin, ada cooler glass yang disediakan untuk menyajikan ragam minuman dingin yang segar. Baik tipe alkohol maupun tidak, gelas satu ini menjadi favorit. Ukurannya yang pas dalam genggaman dengan bentuk menyerupai collin glass, membuatnya cukup laris berada dalam hunian. Tentu Pins juga punya bukan?

Goblet

(Webstaurantstore)

Tipe gelas selanjutnya adalah goblet. Gelas tersebut berbentuk menyerupai piala dengan tangkai kaki gemuk. Biasa disediakan pada acara mewah, acara dalam rumah maupun liburan keluarga, tipe gelas satu ini tetap terlihat mewah dan elegan. Tidak biasa digunakan untuk minuman beralkohol, gelas satu ini dibuat dengan tujuan agar pengguna melihat tekstur kekentalan dari cairan yang disajikan.

 Juice Glass

(KindPNG)

Sesuai dengan namanya, gelas satu ini tentunya sangat baik digunakan untuk menyajikan minuman jus buah. Beberapa berbentuk kecil dan ada pula yang tinggi memanjang. Bila Pins ingin melihat gelas tersebut, Pins akan menemukannya saat sarapan pagi pada sebuah hotel berbintang. Fungsi utamanya adalah menyajikan jus buah yang segar yang dapat dinikmati dengan mudah.

Highball Glass

(Home Wet Bar)

Nah, untuk gelas satu ini cenderung digunakan untuk minuman yang ringan. Mirip seperti fungsi dari gelas es teh, namun dapat pula digunakan untuk menikmati koktail. Dalam segi bentuk, mirip dengan collin glass namun lebih pendek. Gelas satu ini juga umum berada dalam hunian lho! Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang simpel dan cocok digunakan pada minuman apapun.

Kini Pins sudah mempunyai gambaran bukan akan ragam jenis gelas yang beredar di dunia. Mayoritas memang digunakan untuk jenis minuman beralkohol namun tidak sedikit pula yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam hunian. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Serunya Wisata di Warung Tepi Danau Bogor

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel