Ruang Edukasi Agen

Komunikasi Online

5 Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Klien

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 16 July 2021 ∙ 4 menit membaca

Menjaga relasi secara profesional dengan klien Anda adalah bentuk etika penting dalam berbisnis properti. Definisi cara menjalin hubungan baik dengan klien bukan hanya soal menjaga nama baik klien, namun ada hal-hal esensial lain yang tidak kalah penting dalam memelihara relasi tersebut.

Pinhome – Di bisnis properti, klien tidak hanya menjadi konsumen yang menguntungkan developer atau agen properti. Klien merupakan partner dan jaringan yang bisa menentukan masa depan Anda. Cara menjalin hubungan baik dengan klien dapat dilakukan dengan metode teknis yang bisa Anda implementasikan sendiri. 

Namun, sebelum membahas lebih dalam mengenai tips membangun hubungan baik dengan klien properti, mari pahami dulu manfaat menjaga relasi Anda dengan para konsumen.

Manfaat menjalin relasi 

Cara menjalin hubungan baik dengan klien
(Amy Hirschi – Unsplash)

Berikut ini terdapat pemaparan mengenai manfaat menjaga dan menjalin relasi dengan klien properti. Yuk kita simak bersama!

Memperluas jaringan kolega profesional

Pins, tanpa Anda sadari menjaga relasi dengan klien dapat memperluas jaringan kolega profesional Anda. Menjaga silaturahmi dan juga relasi dengan kolega akan membuat klien tetap terhubung dengan Anda. Apabila semua klien yang pernah bekerja dengan Anda melakukan hal yang sama, maka Anda akan mempunyai daftar kolega yang luas.

Meminimalisir drama dan masalah

Di usia yang tidak muda lagi tentu Anda mendambakan hidup yang aman, tenteram dan damai. Menjaga hubungan baik dengan klien akan menjauhkan Anda dari masalah seperti pertikaian karena perspektif yang berbeda atau hal-hal lain. 

Mendapatkan referral

Klien properti adalah networking profesional yang mempunyai circle berkualitas. Artinya, individu atau pasangan suami istri yang sudah menjadi klien Anda, pasti memiliki rekan, saudara atau partner yang juga seusia dan mapan secara finansial. Umumnya, rekan mereka pun akan mempunyai kebutuhan mencari rumah. Jika Anda bisa menjaga relasi baik dengan klien, bukan tidak mungkin klien akan mereferensikan profil Anda sebagai agen properti ke jaringan mereka.

5 Tips membangun hubungan baik dengan klien

Cara menjalin hubungan baik dengan klien
(Cytonn Photography – Unsplash)

Setelah memahami manfaat menjaga relasi dengan konsumen, berikut ini adalah tips dan 5 cara menjalin hubungan baik dengan klien yang bisa Anda aplikasikan.

Kenali cara kerja dan privasi klien

Klien akan sangat senang apabila Anda bisa mengenal privasi dan profil klien. Mulailah belajar untuk memahami cara kerja klien dan zona privasi klien. Misalnya apabila klien Anda adalah orang yang on time, maka jangan sekali-kali Anda telat dalam meeting atau mengirimkan informasi penting. Di skenario lain, apabila klien tidak pernah membahas anak maka jangan sekali-kali memulai percakapan yang membahas hal tersebut.

Tepati janji, bukan hanya umbar ekspektasi

Setiap orang pasti akan menghargai orang lain yang menepati janji. Semua orang tidak menyukai orang lain yang hanya mengumbar omong kosong belaka dan ekspektasi palsu. Maka dari itu jadilah agen properti yang selalu menepati janji.

Jadilah Agen yang berdedikasi, jujur dan santun

Dedikasi, kejujuran dan sopan santun adalah tiga values yang sangat dijunjung oleh setiap orang. Untuk menjaga relasi baik dengan siapa saja, pastikan Anda menguasai dan mengimplementasikan 3 hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Tingkatkan kemampuan berkomunikasi dengan baik

Apakah Anda percaya bahwa kasus perceraian dan permusuhan bermula dari komunikasi yang tidak lancar? Menurut hellosehat.com, hasil riset yang dilakukan seorang psikolog pernikahan di University of Louisville memaparkan bahwa kesalahpahaman bisa terjadi karena kemampuan komunikasi yang minim. 

Hal ini membuat communication skill menjadi sangat krusial. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan komunikasi bisa menjadi investasi jangka panjang, sehingga mengikuti kelas komunikasi profesional bisa menjadi bekal yang berguna. 

Jangan hanya fokus pada transaksi bisnis

Dewasa ini, hubungan bisnis yang langgeng tidak hanya bermuara pada transaksi bisnis saja. Untuk menjaga relasi dengan klien, Anda harus keluar dari persepsi bahwa koneksi dengan konsumen hanya sekadar transaksi jual beli. 

Anda bisa membawa relasi tersebut ke hal yang lebih hangat namun tetap profesional. Misalnya Anda bisa mengirimkan bingkisan atau parsel saat Ramadhan ke klien Anda atau sekadar mengundang mereka makan malam di hari perayaan tertentu. 

Apabila Anda dan klien mempunyai hobi yang sama, manfaatkan momentum untuk melakukan kegiatan outdoor bersama seperti main bulu tangkis, golf, atau tenis.

Menjaga relasi memang tidak mudah, namun bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan. Anda bisa belajar secara bertahap untuk menguasai cara menjaga relasi dengan klien. Yuk mulai membenahi kemampuan dalam memelihara hubungan baik dengan klien Anda!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel