BlogLifestyleEdukasiInilah Bahaya Asbes Yang Sering Terlupakan!
0
0

Inilah Bahaya Asbes Yang Sering Terlupakan!

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mei 9, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
bahaya asbestop-right-banner

Bahaya asbes – Murah, ringan, fleksibel dan kuat. Inilah beberapa alasan utama yang langsung membuat asbes menjadi pilihan primadona bagi keluarga dan pelaku industri di Indonesia. Sayangnya, dibalik berbagai keuntungan yang ia miliki, ada beberapa bahaya yang ikut mengintai.

Secara kasat mata, struktur dan warna dari asbes berubah seiring berjalannya waktu. Dan ternyata, perubahan warna yang terjadi pada atap asbes bukan hanya soal estetis, tapi juga mutu asbes itu sendiri.

Perubahan fisik dan warna yang terjadi menandakan perubahan struktur dari material asbes. Setelah beberapa tahun berlalu, terkena sinar terik matahari dan derasnya hujan, asbes akan terurai.

Inilah kenapa kita tak jarang menemukan beberapa bagian asbes yang rapuh dan serat yang mulai terlepas. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa bahaya asbes bagi kesehatan di bawah ini.

Baca juga: Ini Dia Perbandingan Plafon Gypsum dan Plafon Asbes!

Bahaya Asbes

bahaya asbes

Asbes adalah materi mineral alami yang dicampur dengan plastik dan semen. Percampuran inilah yang menyebabkan asbes bersifat kuat namun cukup ringan. Tapi, sifat asbes berubah ketika mencapai tahap penguraian.

Setelah bertahun – tahun digunakan, akan muncul debu dari proses penguraian asbes yang diklaim sangat berbahaya bagi kesehatan pernapasan karena partikel mikroskopik dari debu asbes akan bertahan di dalam paru – paru. Inilah yang menjadi penyebab utama kenapa atap asbes berbahaya.

Partikel mikroskopik dari asbes tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, tidak dapat dicium apalagi dicicip. Jadi, ketika tanpa sadar terhirup, partikel mikroskopik tersebut akan terperangkap secara permanen di dalam tubuh.

Partikel tersebut akan memicu peradangan, luka dan luka yang bersifat genetik pada sel – sel tubuh. Dan tanda – tanda gangguan pernapasan karena asbes tidak akan muncul hingga waktu 20 – 30 tahun kemudian.

Sifat asbes yang mudah terurai ketika terkena tetesan hujan dalam waktu yang lama juga menimbulkan masalah baru, yaitu jamur.

Jamur – jamur yang timbul pada atap asbes jadi jauh lebih bahaya karena penyebaran spora yang berukuran kecil tak kasat mata ini bisa menginfeksi siapa saja yang berada di dalam rumah.

Jadi, sangat penting untuk kita yang memiliki rumah atap asbes untuk selalu memperhatikan kemunculan atau penyebaran jamur pada atap rumah. Jangan ditunda terlalu lama, karena gangguan pernapasan yang ditimbulkan oleh partikel mikroskopik asbes dan spora jamur ini bersifat permanen.

Partikel yang mengganggu saluran pernapasan ini akan tetap tinggal di paru – paru, dan membutuhkan atensi medis yang lebih mendalam lagi di masa depan. Debu mikroskopis dan spora jamur akan sangat membahayakan anak – anak, orang tua ataupun mereka yang sistem imunnya sedang lemah.

Baca juga: Daftar Harga Bahan Bangunan di Tahun 2021

Masalan Pernapasan Akibat Asbes

Individu yang mempunyai riwayat alergi, asma parah dan penyakit pernapasan lainnya pun memiliki resiko lebih tinggi terinfeksi asbes. Ketika mereka tak sengaja menghirup debu mikroskopis dan spora kecil,  berikut beberapa masalah pernapasan yang akan timbul :

  • Bagi yang memiliki alergi atau sistem pernapasan yang sensitif, akan mengalami sesak napas, mata merah berair, batuk kering, ruam kulit, radang tenggorokan, bersin – bersin.
  • Mereka yang memiliki riwayat penyakit asma akan mengalami batuk kering, sesak napas, sensasi sakit dan menekan pada dada dan kesulitan untuk menarik napas panjang.
  • Bagi yang memang memiliki masalah pernapasan, biasanya akan mengalami demam tinggi hingga kesulitan bernapas
  • Anak – anak, orang tua ataupun mereka yang memiliki daya tahan imun rendah, akan merasa mual dan sakit kepala berkepanjangan.

Wah, wah, akibatnya dari bahaya asbes ini bukan main – main ya Pins. Meskipun begitu, disisi lain kita pun mengerti kalau mengganti rumah atap asbes memang butuh usaha dana yang tidak sedikit.

Baca juga Jangan Tergiur Harga Murahnya, Atap Asbes Ternyata Punya Konsekuensi Sendiri Loh!

Mencegah Bahaya Asbes

Atap Asbes

Bukan sebagai solusi permanen, berikut beberapa tindakan pencegahan yang bisa kitalakukan untuk mengurangi resiko kesehatan dari bahaya asbes ya.

Refurbish dengan memakai coating khusus

Kita bisa menghubungi tenaga ahli terkait untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang coating ini ya. Untuk mengulur waktu dari bahaya asbes, kita bisa melakukan pelapisan ulang pada atap asbes.

Selain membuatnya menjadi anti bocor, pelapisan dengan coating khusus juga akan menjaga serat – serat asbes tetap berada di tempatnya dan terkunci selama beberapa waktu.

Sebaiknya, Pins pilih jenis coating dengan kualitas terbaik karena lapisan coating ini juga sangat berperan menahan sinar terik UV dan melindungi asbes dari berbagai cuaca ekstrim.

Baca juga: Bahaya AC Untuk Kesehatan | Tips Kamar Tidur Tanpa AC

Atap Ganda

Penerapan atap ganda ini memungkinkan kamu untuk meletakkan atap baru (biasanya yang berbahan metal) diatas atap asbes yang ada. Cara ini paling umum digunakan dan hasilnya pun terasa lebih maksimal dan kokoh daripada memakai coating khusus.

Namun, penerapan atap ganda ini terbilang lebih mahal, namun sebagai gantinya kita akan mendapatkan atap yang aman dan tahan terhadap berbagai cuaca ekstrim.

Sistem tambal

Salah satu hal yang semakin mempercepat proses kerusakan asbes sendiri adalah kerusakan yang disebabkan oleh tetesan air hujan. Siapa sih yang tidak bête kalau rumahnya bocor? Apalagi kalau sampai harus menadahkan ember/panci setiap kali hujan turun. Duh, repot.

Cara paling cepat dan ekonomis untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menambalnya. Tapi, perlu diingat, sistem tambal untuk asbes ini tidak dapat diandalkan dalam jangka waktu panjang. Perubahan suhu saja sudah dapat membuat lapisan tambal ini rusak dan retak.

Ganti baru per lembar

Rumah atap asbes akan semakin berbahaya ketika lapisan asbesnya sudah mulai terurai. Nah, pastikan untuk mengganti setiap lembaran atap asbes yang sudah mulai usang dan berdebu.

Pastikan untuk memakai masker yang rapat saat mengganti lembaran atap asbes karena partikel – partikel debu dari asbes itulah yang sangat berbahaya bagi kesehatan pernapasan.

Baca juga: Jenis dan Model Lubang Angin Di atas Jendela dengan Desain Modern

Memakai tape khusus asbes

Cara ini mirip dengan sistem tambal yang sudah dijelaskan sebelumnya, karena sama – sama berfungsi untuk menahan kebocoran air dari atap.

Perbedaannya, tape khusus asbes ini lebih tahan terhadap terpaan sinar UV dan jauh lebih tahan kepada cuaca dingin maupun panas karena berbahan karet dan lebih fleksibel.

Berbeda dengan bahan – bahan lainnya, asbes mempengaruhi kualitas udara yang ada dalam rumahmu. Bahaya asbes pun akan lebih dirasakan oleh anak kecil, orang tua dan mereka yang memiliki sistem imun lemah.

Ketika akhirnya kita memutuskan untuk mengganti atap asbes pun, penanganannya harus khusus dan hati – hati loh karena debu – debu yang mudah berterbangan itu akan hinggap secara permanen di paru – paru jika terhirup.

Jika kita tidak bisa langsung mengganti atap asbes dengan bahan material lain yang lebih aman, segeralah lakukan beberapa cara alternatif yang sudah dijelaskan ya. Jangan anggap remeh kebocoran pada atap asbes karena bisa berujung kepada masalah yang lebih berat lagi.

Menurunnya kualitas asbes tidak hanya membahayakan keluarga kita sendiri, tapi juga para tetangga dan lingkungan sekitar yang kemungkinan menghirup partikel mikroskopik dari asbes.

Demikianlah ulasan tentang bahaya asbes untuk kesehatan, semoga kamu bisa lebih waspada dan semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download