Pinhome

Uncategorized

Inilah 5 Hal Berbahaya Yang Ada Di Dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah merupakan bangunan untuk tempat tinggal bagi seluruh anggota keluarga. Rumah juga harus memberikan suasana yang nyaman agar penghuninya betah tinggal di rumah. Agar rumah tetap nyaman dan bersih, harus dibersihkan setiap harinya. Membersihkan rumah secara rutin akan membuat hunian rumah Anda menjadi sehat dan terbebas dari penyakit. Namun membersihkan rumah tidak boleh dilakukan sembarangan agar bakteri dan kuman dapat hilang sepenuhnya. Bakteri dan kuman merupakan hal yang dapat membahayakan bagi penghuni rumah, tapi selain bakteri dan kuman ada beberapa hal lain yang dapat berbahaya untuk semua penghuni rumah.

Berikut 5 hal berbahaya yang ada di rumah, diantaranya :

Bakteri Salmonella dan E. Coli

Banteri Salmonella dan E. Coli terdapat pada makanan dari daging sapi, ayam, telur, buah dan sayuran. Kedua bakteri ini biasanya berkembang pada proses pemotongan atau pencucian makanan. Agar tidak menyebar di rumah, Anda dapat memisahkan daging, makanan dan sayuran mentah dengan peralatan makanan yang bersih. Jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan makanan dan gunakanlah telenan saat memotong daging atau makanan.

Karbon Monoksida

Karbon monoksida juga sering ditemukan di rumah dan berasal dari kegiatan pembakaran organik pada ruangan yang tidak memiliki ventilasi. Sumber zat ini berasal dari minyak tanah atau pemanas seperti kompor gas, kompor kayu, asap rokok, pemanas ruangan knalpot mobil dan sebagainya. Solusi tepat untuk menghilangkan karbon monoksida yaitu buatlah sistem sirkulasi udara yang baik utamanya di dapur dan garasi. Anda juga dapat menggunakan tanaman hijau yang dapat menyaring zat tersebut.

Logam yang Berbahaya

Barang-barang di rumah yang memiliki kandungan timbal atau logam seperti keran, alat elektronik, pipa saluran air bahkan cat tembok sangat berbahaya dan beracun. Kandungan logam tersebut juga dapat membuat pencemaran di area rumah Anda dan menyebabkan air ikut terkontaminasi. Jika air tersebut terkena tubuh kita maka akan menyebabkan permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan perkembangan mental dan juga perilaku gangguan syaraf. Agar hal tersebut tidak terjadi, gunakanlah peralatan peralatan yang aman dan ramah lingkungan.

Jamur

Rumah yang lembab akan menyebabkan munculnya jamur. Bila rumah sering berjamur, akan mengganggu kesehatan seperti batuk kronis, iritasi mata, hidung tersumbat, asma sampai infeksi paru-paru. Sebaiknya buatlah ventilasi rumah dan gunakan alat vacuum cleaner untuk membersihkan sudut ruangan yang lembab.

Pestisida

Pestisida terdapat pada shampoo, penyemprot nyamuk, kertas dan kapur barus. Pestisida dapat menyebabkan keracunan pada anak. Telitilah menggunakan produk tersebut dan jauhkanlah dari anak-anak.

Itulah 5 hal berbahaya yang ada di rumah. Mulailah mengajarkan ke anak-anak untuk ikut menjaga kebersihan rumah. Dengan begitu mereka juga sadar akan pentingnya kebersihan demi kesehatan diri mereka sendiri. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel