Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Cara Mengatasi Hotspot Tidak Tersambung di Laptop

Lifestyle

Cara Mengatasi Hotspot Tidak Tersambung di Laptop

Dipublikasikan oleh Intan Malika Putri ∙ 17 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Sekarang ini kebanyakan orang melakukan aktivitas di rumah. Baik itu anak-anak, remaja bahkan ada juga sebagian orang dewasa.

Hal itu tentu saja membuat kita bosan. Akibatnya, kita butuh lebih banyak waktu untuk melakukan refreshing atau me time agar pikiran kita segar kembali.

Refreshing bisa kita lakukan dengan banyak hal. Mulai dari menonton TV, streaming Youtube, marathon drakor, bermain game, bermain anime, dan masih banyak kegiatan yang dapat menghibur kita meskipun kita berada di rumah.

Tapi, jangan sampai terlalu banyak melakukan me time ya. Meskipun kita butuh hiburan, kita juga harus tetap produktif seperti hari biasa.

Balik lagi ke me time. Tentu saja akan sangat seru jika kita menonton serial-serial tadi ataupun bermain game di smartphone.

Terlebih lagi, smartphone zaman sekarang yang memiliki spesifikasi tinggi dan penyimpanan yang luas sehingga kita bisa mendownload game ataupun serial yang sangat banyak yang membuat kita sangat puas.

Namun, akan lebih puas lagi jika kita bisa melakukan hal-hal tersebut di laptop. Dengan layarnya yang luas, kita pun lebih puas menonton serial tersebut karena kita bisa melihat setiap detail di dalamnya. Namun, masalah selalu saja ada.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Terhubung ke Hotspot

Entah muncul darimana, setiap kita melakukan sesuatu pasti ada saja yang membuat kita kesusahan, contohnya hotspot yang tiba-tiba tidak bisa tersambung ke laptop.

Entah itu error atau bug, tiba-tiba saja hotspot yang tadinya lancar jaya menjadi terputus dan tidak bisa disambungkan kembali. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak pembahasannya ya.

Jangan lupa kamu cek juga, cara membuat hotspot di laptop

Disconnect – Connect

Mengutip dari situs Netgeek.id Ini adalah cara yang paling gampang untuk dilakukan. Yaitu dengan cara men-disconnect wifi kamu, lalu connect lagi. Pastikan password yang kamu masukan benar ya, karena salah memasukan password juga menjadi salah satu wifi tidak tersambung.

Periksa Perangkat WiFi

Jika wifi masih tidak tersambung, kamu harus mengeceknya dengan mengklik logo wifi yang ada di pojok kanan bawah laptop kamu.

Jika terdapat ikon tanda seru berwarna kuning, berarti tandanya wifi belum tersambung. Cara mengatasinya:

  1. Klik “start”, lalu klik tulisan “control panel”.
  2. Disitu terdapat opsi “network and internet”.
  3. Setelah masuk ke opsi tersebut, klik “network sharing center” dan klik “change adapter setting”.
  4. Lalu, akan ada opsi “properties”, setelah masuk ke opsi tersebut, carilah “Internet Protocol Version 4”.
  5. Lalu, klik di bagian bullets pada opsi “Obtain an IP address automatically” dan “Obtain DNS server address automatically” Lalu klik “OK”.
  6. Maka, ikon tanda seru akan hilang dan kamu akan terhubung ke wifi.

Instal Ulang Driver

Jika WiFi tidak kunjung connect, kamu dapat melakukan install ulang terhadap driver kamu. Langkah-langkahnya :

  1. Buka file explorer dengan mengklik iconnya atau alternatifnya kamu bisa mengklik “Windows + E”.
  2. Cari opsi “This PC”, klik kanan, lalu klik tulisan “manage”
  3. Anda akan mendapatkan tab baru yaitu tab “system properties”. Pada tab ini, carilah pilihan “Device manager” lalu klik opsi tersebut.
  4. Setelah device manager terbuka, klik “Network Adapters”.
  5. Akan muncul jendela baru, yang harus kamu lakukan adalah klik kanan di nama wifi kamu, lalu akan muncul opsi “uninstall device”, lalu tunggu beberapa saat.
  6. Driver akan terinstall dengan otomatis. Lalu kamu periksa dengan cara klik kanan pada opsi “device manager” lalu “scan hardware setting”
  7. Jika terdapat nama driver kamu, berarti wifi sudah siap untuk digunakan

Itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi hotspot atau wifi yang tidak tersambung ke laptop. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel