Pinhome

Cara Simpel Cek Keyboard Laptop (100% Hasil Akurat)

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 21 May 2022 ∙ 7 menit membaca

Keyboard pada laptop memang menjadi perangkat yang tidak bisa dipisahkan, karena fungsi keyboard sendiri sangatlah penting yakni untuk menginput huruf, angka, simbol dan membuat perintah pada komputer. Nah, karena itulah kamu juga perlu mengecek keyboard untuk memastikan apakah ada kerusakan atau tidak.

Mengetahui cara mengecek keyboard laptop juga menjadi hal yang penting, terutama ketika kamu akan membeli laptop secong maka kamu perlu mamastikan fungsi keyboard benar-benar normal. Kalau ada beberapa tombol yang rusak atau tidak berfungsi kan jadi repot.

Nah, untuk itulah kami akan memberikan cara simpel cek keyboard laptop yang hasilnya sangat akurat untuk mendiagnosis apabila terdapat kerusakan pada tombol keyboard. Jadi, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai, ya.

Cara Cek Keyboard Laptop (Melalui Aplikasi & Online)

Untuk mengecek keyboard laptop sebenarnya tidaklah begitu sulit, kamu bisa menggunakan aplikasi khusu untuk cek keyboard, atau bisa juga melalui situs cek keyboard yang bisa diakses secara online. Jangan khawatirkan hasilnya, karena metode yang kami rekomendasikan di bawah bisa dibilang 100% akurat.

Menggunakan Keyboard Test Utility

Keyboard Test Utility merupakan salah satu aplikasi yang sudah banyak digunakan unruk mengecek tombol keyboard laptop. Aplikasi Keyboard Test Utility ini dikembangkan oleh developer Javad Taheri. Pada aplikasi ini kamu bahkan tidak perlu menginstallnya terlebih dahulu ketika ingin mengecek keyboard.

Berikut caranya:

  1. Pertama, silakan kamu download dulu aplikasi Keyboard Test Utility melalui link ini.
  2. Jika sudah selesai mengunduh, silakan kamu buka dimana file unduhan disimpan kemudian klik dua kali untuk membuka Keyboard Test Utility (tanpa perlu instal).
  3. Setelah aplikasi terbuka, silakan lakukan pengecekan pada tombol keyboard dengan menekan tombol keyboard laptop satu-satu.
  4. Apabila tombol normal maka pada aplikasi akan ditandai dengan warna kuning pada tombolnya.
  5. Namun ketika ada tombol yang bermasalah, maka aplikasi tidak akan merespon dan tidak memberikan tanda perubahan warna pada aplikasi.

Melalui Passmark KeyboardTest

Bagi para kalangan reviewer hardware tentu tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, yakni Passmark Keyboard Test. Karena pada dasarnya, Passmark sendiri merupakan salah satu developer software yang sangat terkenal dibidang utility sistem.

Nah, berikut cara cek keyboard laptop menggunakan Passmark Keyboard Test:

  1. Pertama, download terlebih dahulu aplikasi Passmark Keyboard Test di situs resminya. Untuk ukuran aplikasinya terbilang kecil, hanya sekitar 2 MB saja.
  2. Selanjutnya, setelah berhasil mengunduh aplikasi tersebut, silakan kamu instal Passmark Keyboard Test seperti menginstal aplikasi pada umumnya.
  3. Jika sudah, silakan buka aplikasinya.
  4. Setelah terbuka, kamu bisa langsung melakukan pengecekan keyboard laptop dengan klik semua tombol yang ada di keyboard.
  5. Apabila tombol normal maka akan ditandai warna hijau pada tombolnya. dan ketika ada tombol yang tidak berfungsi, maka akan ditandai dengan warna merah.
  6. Untuk keterangan warna (penanda) lebih lengkapnya bisa kamu baca pada bagian atas halaman utama aplikasi.

[adinserter block=”4″]

Cek Tombol Satu-satu (Manual)

Untuk mengecek keyboard sebenarnya bisa kamu lakukan secara manual, dan kamu hanya perlu memanfaatkan Notepad untuk melihat hasil ketikkan keyboard. Jadi Intinya kamu harus menekan semua huruf, angka, simbol dan tombol fungsi lain di keyboard.

Cara mengetahui normal atau tidaknya keyboard sangalah mudah, yaitu bila kamu pencet tombol tertentu di keyboard tidak ada hasil yang muncul pada Notepad maka bisa disimpulkan kalau tombol tersebut rusak. Ketika menggunakan cara ini kamu harus jeli agar tidak ada tombol yang terlewat atau lupa dicek.

Dengan Key Test

Key Test merupakan sebuah website penyedia layanan checking keyboard. Situs ini juga menjadi salah satu yang simpel dan terbaik dari sekian banyaknya situs penydia layanan yang sama. Jadi tidak heran lagi, kalau website ini sudah ada sejak dulu dan banyak direkomendasikan oleh pengguna internet.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, pastikan kalau kamu dalam keadaan online (connect ke internet).
  2. Silakan kamu akses website Key Test menggunakan browser di laptop kamu.
  3. Setelah terbuka situsnya, kamu bisa langsung mencoba cek keyboard dengan menekan tombol-tombol di keyboard laptop.
  4. Apabila warna pada tampilan website berubah, maka tombol tersebut berfungsi. Dan bila tidak ada respon setelah kamu menekan tombol tertentu di keyboard, berarti tombol tersebut bermasalah.
  5. Selesai.

Menggunakan Keyboard Tester

Keyboard Tester merupakan situs layanan cek keyboard yang bisa diakses secara gratis, dan situs cek keyboard online satu ini dapat digunakan untuk seluruh jenis dan merek laptop, bahkan untuk tes keyboard eksternal pun bisa.

Tampilan situs ini didesain secara sederhana, tetapi secara fungsi bisa dibilang sama persis dengan aplikasi pengecek tombol keyboard lainnya. Bedanya jika melalui sebuah situs, kamu tidak perlu repot-repot menginstal aplikasinya terlebih dahulu.

Cara pakainya sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu akses alamat situs Keyboard Tester menggunakan browser di laptop kamu.
  2. Setelah terbuka situsnya, silakan kamu pilih opsi Launch the Tester pada halaman awal website.
  3. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman checking keyboard, nah disana kamu bisa langsung mencoba cek keyboard dengan menekan tombol-tombol di keyboard laptop.
  4. Apabila tombol normal maka akan ditandai dengan warna hijau.

[adinserter block=”5″]

Melalui Situs Keyboard Checker

Keyboard checker adalah situs online untuk cek keyboard laptop yang mungkin tidak boleh terlewatkan. Ada beberapa fitur pada situs ini, antara lain adalah semua tombol akan terdaftar (dari 86 tombol), jadi dengan demikian maka kita bisa tahu mana saja yang harus ditekan.

Selain itu, ada juga fitur untuk menyembunyikan bagian numpad, karena memang ada sebagian laptop yang tidak memiliki numepad.

Cara pakainya kurang lebih sama dengan Key Test, jadi kamu hanya perlu mengakses halaman situs Keyboard Chechker menggunakan browser, kemudian langsung saja tes keyboard (tombol normal akan berwarna hijau). Sebagai tambahan, situs ini sudah mendukung tes untuk semua jenis dan merk laptop di dunia.

Lewat Situs Online Mic Test

Kalau dilihat dari nama situsnya seperti bukan untuk cek keyboard. Secara garis besar memang situs Online Mic Test ini lebih ditekankan sebagai media untuk checking komponen audio (Mic, Speaker dan Webcam). Tetapi, ternyata di dalamnya ada loh halaman untuk cek keyboard.

Berikut cara cek keyboard laptop lewat situs Online Mic Test:

  1. Pertama, silakan kamu kunjungi ilakan kunjungi halaman Onlinemictest.com.
  2. Untuk lebih simpelnya kamu bisa langsung mengakses halaman Keyboard Test pada situs tersebut melalui link ini.
  3. Jika sudah masuk ke halaman cek keyboard, silakan kamu lakukan checking dengan menekan tombol keyboard satu persatu.
  4. Jika tombol keyboard normal, maka akan ditandai dengan warna biru.

Untuk halaman webnya memang sudah didesain untuk beragam jenis layout keyboard. Jadi cocok untuk mengetes keyboard laptop merk dan jenis apapun.

Tips Merawat Keyboard Laptop (Tambahan)

Menggunakan aplikasi ataupun situs pengecek keyboard diatas, akan memberikan kita informasi keyboard laptop jika terdapat kerusakan, yaitu dengan ditandai tidak adanya respon yang muncul. Nah, untuk jenis permasalahannya sendiri ada banyak.

Contoh error pada keyboard yang paling sering dialami pengguna laptop adalah keyboard tidak berfungsi sebagian, atau bahkan tidak berfungsi semua. Nah terkait hal itu, kami juga pernah membahasnya pada website NeoTekno.

Berdasarkan hal tersebut, tentu kamu perlu melakukan perawatan pada keyboard laptop untuk mencegah dan menghindari terjadinya error pada keyboard, seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Nah, untuk tips-tips merawat keyboard agar tidak cepat rusak diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengetik dengan santai dan jangan terlalu keras ketika menekan tombol keyboard
  • Kurangi kebiasaan bermain game dengan keyboard laptop
  • Jaga kebersihan keyboard
  • Hindarkan keyboard dari benda cair
  • Gunakan keyboard protector
  • Dan lain sebagainya

Akhir Kata

Mengecek keyboard laptop memang tidaklah sulit, sehingga kamu bisa melakukannya melalui aplikasi, tanpa aplikasi, dan bisa juga secara online. Semua cara-cara yang kami ketahui untuk mengecek keyboard sudah dibahas secara tuntas di atas.

Nah, untuk hasil cek dari cara-cara diatas tidak usah diragukan lagi karena sudah banyak yang mencoba dan bahkan merekomendasikan metode seperti di atas. Jadi bisa dipastikan hasilnya 100% akurat.

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat kami bagikan mengenai cara simpel cek keyboard laptop pada kesempatan kali ini. Semoga membantu dan bermanfaat.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia