BlogLifestyleGadget12 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian
0
0

12 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Agu 23, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagiantop-right-banner

Apakah Pins sedang mengalami kendala keyboard laptop tidak berfungsi? Tenang saja Pins, terdapat cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian yang sangat mudah untuk diaplikasikan. Untuk Pins yang sedang bingung tentang informasi penting mengenai pembelian rumah, kamu juga bisa menggunakan PinValue sebagai solusinya. Tempat di mana Pins bisa mengetahui dan menanyakan berbagai hal terkait pembelian rumah. Keadaan ketika keyboard laptop tidak berfungsi terkadang membuat panik, mengetahui cara memperbaikinya adalah hal yang sangat penting.

Keyboard laptop yang rusak tidak harus selalu dibawa ke tempat service saja Pins! Kamu juga bisa memperbaikinya sendiri di rumah dengan melakukan beberapa langkah mudah. Yuk, simak cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian berikut ini!

Baca juga:

Cara mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Pins bisa mengikuti beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak berikut ini, agar perangkat dapat berjalan normal kembali. Ini selengkapnya!

Melakukan Restart Laptop

Source : medium.com

Ketika papan tik tidak berfungsi sebagian, hal pertama yang bisa Pins lakukan adalah melakukan restart. Tak jarang, melakukan restart laptop atau komputer menjadi solusi berbagai masalah yang terjadi pada sistem operasi. Karena itu, cara ini patut dicoba terlebih dahulu sebelum kamu melakukan tindakan lain sebagai cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian.

Apabila kamu tidak bisa melakukan restart melalui “Start Menu”, tekan tombol daya di laptop selama beberapa saat sampai perangkat tersebut mati. Jika masalah keyboard laptop tidak berfungsi ini masih belum teratasi, kamu mencoba langkah-langkah lainnya.

Melakukan System Restore

Terkadang, masalah keyboard laptop tidak berfungsi muncul setelah kamu melakukan instalasi suatu program. Jika hal tersebut yang terjadi, Pins bisa mencoba untuk melakukan system restore.

Pengguna Windows 7 dan Windows 8 bisa melakukannya dengan membuka “Start Menu”, lalu cari “Recovery” di kolom search. Bagi kamu pengguna Windows XP, “System Restore” bisa ditemukan dengan membuka “Start Menu”, lalu klik “All Programs”, “Accessories”, dan System Tools” secara berurutan.

Menu “System Restore” ini akan membuat laptop Pins kembali pada keadaan sebelum dilakukan instalasi suatu program yang menjadi masalah. Secara otomatis, program-program yang bermasalah akan hilang dari sistem kamu. Jadi, jangan lupa untuk mem-backup semua data yang penting terlebih dahulu sebagai antisipasi sebagai cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian yang mudah. 

Periksa Driver Keyboard

Biasanya, masalah pada driver laptop juga dapat menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau bahkan seluruhnya. Hal ini dapat terjadi jika kamu melakukan pemasangan perangkat lunak pihak ketiga, adanya serangan virus, dan lain sebagainya. Cara memperbaiki keyboard laptop dengan masalah ini adalah sebagai berikut: 

  1. Pins bisa melakukan pengecekan dengan membuka Device Manager melalui Start Menu, lalu ketik “device manager pada kolom pencarian.
  2. Setelah masuk ke “Device Manager”, perhatikan bagian Keyboards. Apabila ada tanda segitiga berwarna kuning, besar kemungkinan bahwa driver papan tik mengalami masalah.
  3. Untuk mengatasinya, Pins perlu mengunduh driver terbaru untuk keyboard tersebut di situs produsen laptopnya. 
  4. Kamu juga bisa mencoba mengeklik dua kali pada jenis papan tik yang muncul di bawah bagian “Keyboards” untuk mencari driver yang diperlukan.
  5. Selanjutnya, pilih menu driver dan klik “Update Driver sebagai alternatif mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. 

Baca juga:

Cek Fungsi NumLock

Source : iStockphoto

Tak jarang, masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian terjadi karena hal yang cukup sepele, seperti fungsi Num Lock yang tidak aktif pada saat akan menginput nomor. Apabila fungsi Num Lock tidak aktif, karakter yang muncul ketika kamu menekan angka-angka pada papan tik biasanya akan berbeda dari tombol yang ditekan. Sama seperti ketika Pins yang memutuskan untuk pindah tempat tinggal, terkadang hal itu terjadi karena hal sepele seperti ketidak nyamanan di lingkungan rumah sebelumnya. Kamu tentunya bisa mencari hunian baru seperti perumahan Intan Residence sebagai Perumahan di kota Bogor dengan kualitas lingkungan ternyaman dan lebih segar.

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian ini adalah, Pins bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi ini dengan menekan tombol Num Lock yang biasanya ada di sekitar tombol angka. Sementara itu, pada papan tik laptop, biasanya kamu perlu menekan tombol Fn bersamaan dengan NumLk atau NumLock untuk mengaktifkan dan mematikan fungsi tersebut.

Melepas Baterai Laptop

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian
Source : Alphacandy

Adakalanya masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian terjadi karena perangkat tersebut membutuhkan reset secara fisik. Apabila hal tersebut terjadi, cobalah untuk mengatasinya dengan mematikan laptop kamu, lalu lepaskan baterai serta kabel adapter.

Diamkan selama kurang lebih satu menit. Kemudian, tekan tombol power dan tahan selama kurang lebih 60 detik. Setelah itu, pasang kembali baterai laptop seperti semula dan coba hidupkan laptop kamu seperti biasa. 

Jika perangkat memang membutuhkan reset ulang, kemungkinan cara ini akan mengembalikan fungsi papan tik seperti semula.

Membersihkan Kotoran dan Debu

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian
Source : Flickr

Jika keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf atau karakter tertentu, terdapat kemungkinan bahwa bagian bawah dari tombol-tombol tersebut penuh dengan debu dan kotoran. Adanya debu dan kotoran memang sering menjadi penyebab utama kerusakan komponen-komponen laptop, termasuk keyboard.

Biasanya, kotoran dan debu tersebut terselip di antara tombol-tombol papan tik dan menutupi komponen di dalamnya. Makin lama jangka pemakaian laptop tentunya akan makin banyak pula kotoran yang terakumulasi di dalamnya. Cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi sebagian akibat adanya debu atau kotoran, kamu tentu perlu membersihkannya secara berkala. Cara membersihkan keyboard yang paling mudah adalah dengan membalikkan atau memiringkan laptop 45 sampai 75 derajat sambil menggoyangkannya. 

Kamu juga bisa memanfaatkan pembersih khusus papan tik yang tersedia di pasaran. Alat ini umumnya berbentuk seperti vakum kecil untuk menyingkirkan debu pada keyboard.

Cek Konektor Keyboard

Jika setelah melakukan instalasi ulang driver keyboard laptop masih tidak berfungsi seperti sebagaimana mestinya, ada kemungkinan perangkat tersebut mengalami masalah pada konektornya. Apabila konektor papan tik tertekuk, rusak, terlepas, atau renggang, bukan tidak mungkin sistem laptop Pins tidak dapat mendeteksinya.

Untuk memperbaikinya, Pins harus membuka papan tik tersebut sehingga dapat menghubungkan konektornya kembali. Kamu bisa cek video tutorial untuk membuka laptop dan memasang kembali konektor keyboard yang lepas di YouTube. 

Baca juga:

Manfaatkan On-Screen Keyboard

Source : Tenforums

Dalam keadaan mendesak dan tidak memungkinkan untuk mencoba cara memperbaiki keyboard laptop yang memerlukan skill, Pins bisa memanfaatkan on-screen keyboard sebagai alternatif. Meskipun tidak senyaman menggunakan papan tik biasa, cara ini cukup membantu jika hanya ada beberapa tombol pada laptop yang tidak berfungsi.

Pins bisa mengaktifkan on-screen keyboard dengan mengakses Start Menu”“Program”“Accessories”“Accessibility secara berurutan. Atau jika ingin lebih mudah, tekan Windows + R ketik OSKtekan Enter.

Baca juga: 100+ Fungsi-Fungsi Keyboard Laptop, Pintasan, dan Kegunaannya

Mengganti Keyboard Bawaan

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian
Source : Dignite

Jika Pins masih belum bisa menggunakan papan tik laptop seperti semula, mungkin ini merupakan waktu yang tepat untuk mengganti keyboard bawaan dengan yang baru.

Apabila kamu tidak bisa membongkar keyboard yang lama dan memasang yang baru sendiri, Pins bisa mengunjungi tempat servis tepercaya agar masalah tersebut dapat ditangani secara profesional.

Mengubah Layout Keyboard

Selanjutnya, jika keyboard laptop masih belum berfungsi dengan baik, Pins bisa mencoba untuk mengubah layoutnya. Bisa jadi akar permasalahnya adalah karena layout yang sedang digunakan tidak cocok. Seperti terdapat beberapa huruf yang mati pada keyboard dan lain sebagainya.

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian dengan langkah ini adalah klik startsearch languageklik bahasa yang diinginkan klik optionsgunakan US QWERTY. Setelah cara memperbaiki keyboard laptop ini dilakukan biasanya perangkat akan kembali berjalan dengan normal.

Membawa Laptop ke Tempat Service

Terkadang, permasalahan pada keyboard laptop bisa juga terjadi karena sistem operasi yang gagal atau tidak sesuai. Jika hal ini sudah terjadi, Pins bisa mensiasatinya dengan membawa laptop ke tempat service terdekat. Alih-alih memperbaiki masalah pada keyboard sendiri yang berujung pada kerusakan, cara ini akan membantu kamu untuk menemukan solusi terbaik.

Memasang Keyboard Eksternal

Source : The New York Times

Jika Pins sudah melakukan berbagai cara dan tidak menemukan solusi yang tepat, langkah terakhir untuk cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian adalah dengan memasang keyboard eksternal. Langkah ini sangat efektif khususnya untuk kamu yang sedang terburu-buru dan membutuhkan laptop untuk bekerja.

Itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian dengan mudah. Untuk Pins yang masih belum menemukan solusi cara memperbaiki keyboard laptop, bisa mendatangi beberapa tempat service terdekat agar masalah segera teratasi. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured Image Source: Newsmedia.co.id


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Albanna Tayuban Asri dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download