12 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 26 May 2022 ∙ 7 menit membaca

Apakah Pins sedang mengalami kendala keyborad laptop tidak berfungsi? Tenang saja Pins, terdapat cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian yang sangat mudah untuk diaplikasikan. Keadaan ketika keyboard laptop tidak berfungsi tentu akan membuat siapapun menjadi panik. Maka dari itu, mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak semua atau sebagian merupakan hal yang sangat penting.

Keyboard laptop yang rusak tidak harus selalu dibawa ke tempat service saja Pins! Kamu juga bisa memperbaikinya sendiri di rumah dengan melakukan beberapa langkah mudah. Yuk, simak cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian berikut ini!

Baca juga:

Cara mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Pins bisa mengikuti beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak berikut ini, agar perangkat dapat berjalan normal kembali. Ini selengkapnya!

Melakukan Restart Laptop

(medium.com)

Ketika papan tik tidak berfungsi sebagian, hal pertama yang bisa Pins lakukan adalah melakukan restart. Tak jarang, melakukan restart laptop atau komputer menjadi solusi berbagai masalah yang terjadi pada sistem operasi. Karena itu, cara ini patut dicoba terlebih dahulu sebelum kamu melakukan tindakan lain sebagai cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian.

Apabila kamu tidak bisa melakukan restart melalui “Start Menu”, tekan tombol daya di laptop selama beberapa saat sampai perangkat tersebut mati. Jika masalah keyboard laptop tidak berfungsi ini masih belum teratasi, kamu mencoba langkah-langkah lainnya.

Melakukan System Restore

Terkadang, masalah keyboard laptop tidak berfungsi muncul setelah kamu melakukan instalasi suatu program. Jika hal tersebut yang terjadi, Pins bisa mencoba untuk melakukan system restore.

Pengguna Windows 7 dan Windows 8 bisa melakukannya dengan membuka “Start Menu”, lalu cari “Recovery” di kolom search. Bagi kamu pengguna Windows XP, “System Restore” bisa ditemukan dengan membuka “Start Menu”, lalu klik “All Programs”, “Accessories”, dan System Tools” secara berurutan.

Menu “System Restore” ini akan membuat laptop Pins kembali pada keadaan sebelum dilakukan instalasi suatu program yang menjadi masalah. Secara otomatis, program-program yang bermasalah akan hilang dari sistem kamu. Jadi, jangan lupa untuk mem-backup semua data yang penting terlebih dahulu sebagai antisipasi sebagai cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian yang mudah. 

Periksa Driver Keyboard

Biasanya, masalah pada driver laptop juga dapat menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau bahkan seluruhnya. Hal ini dapat terjadi jika kamu melakukan pemasangan perangkat lunak pihak ketiga, adanya serangan virus, dan lain sebagainya. Cara memperbaiki keyboard laptop dengan masalah ini adalah sebagai berikut: 

  1. Pins bisa melakukan pengecekan dengan membuka Device Manager melalui Start Menu, lalu ketik “device manager pada kolom pencarian.
  2. Setelah masuk ke “Device Manager”, perhatikan bagian Keyboards. Apabila ada tanda segitiga berwarna kuning, besar kemungkinan bahwa driver papan tik mengalami masalah.
  3. Untuk mengatasinya, Pins perlu mengunduh driver terbaru untuk keyboard tersebut di situs produsen laptopnya. 
  4. Kamu juga bisa mencoba mengeklik dua kali pada jenis papan tik yang muncul di bawah bagian “Keyboards” untuk mencari driver yang diperlukan.
  5. Selanjutnya, pilih menu driver dan klik “Update Driver sebagai alternatif mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. 

Baca juga:

Cek Fungsi NumLock

(iStockphoto)

Tak jarang, masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian terjadi karena hal yang cukup sepele, seperti fungsi Num Lock yang tidak aktif pada saat akan menginput nomor. Apabila fungsi Num Lock tidak aktif, karakter yang muncul ketika kamu menekan angka-angka pada papan tik biasanya akan berbeda dari tombol yang ditekan.

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian ini adalah, Pins bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi ini dengan menekan tombol Num Lock yang biasanya ada di sekitar tombol angka. Sementara itu, pada papan tik laptop, biasanya kamu perlu menekan tombol Fn bersamaan dengan NumLk atau NumLock untuk mengaktifkan dan mematikan fungsi tersebut.

Melepas Baterai Laptop

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian
(Alphacandy)

Adakalanya masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian terjadi karena perangkat tersebut membutuhkan reset secara fisik. Apabila hal tersebut terjadi, cobalah untuk mengatasinya dengan mematikan laptop kamu, lalu lepaskan baterai serta kabel adapter.

Diamkan selama kurang lebih satu menit. Kemudian, tekan tombol power dan tahan selama kurang lebih 60 detik. Setelah itu, pasang kembali baterai laptop seperti semula dan coba hidupkan laptop kamu seperti biasa. 

Jika perangkat memang membutuhkan reset ulang, kemungkinan cara ini akan mengembalikan fungsi papan tik seperti semula.

Membersihkan Kotoran dan Debu

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian
(Flickr)

Jika keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf atau karakter tertentu, terdapat kemungkinan bahwa bagian bawah dari tombol-tombol tersebut penuh dengan debu dan kotoran. Adanya debu dan kotoran memang sering menjadi penyebab utama kerusakan komponen-komponen laptop, termasuk keyboard.

Biasanya, kotoran dan debu tersebut terselip di antara tombol-tombol papan tik dan menutupi komponen di dalamnya. Makin lama jangka pemakaian laptop tentunya akan makin banyak pula kotoran yang terakumulasi di dalamnya. Cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi sebagian akibat adanya debu atau kotoran, kamu tentu perlu membersihkannya secara berkala. Cara membersihkan keyboard yang paling mudah adalah dengan membalikkan atau memiringkan laptop 45 sampai 75 derajat sambil menggoyangkannya. 

Kamu juga bisa memanfaatkan pembersih khusus papan tik yang tersedia di pasaran. Alat ini umumnya berbentuk seperti vakum kecil untuk menyingkirkan debu pada keyboard.

Cek Konektor Keyboard

Jika setelah melakukan instalasi ulang driver keyboard laptop masih tidak berfungsi seperti sebagaimana mestinya, ada kemungkinan perangkat tersebut mengalami masalah pada konektornya. Apabila konektor papan tik tertekuk, rusak, terlepas, atau renggang, bukan tidak mungkin sistem laptop Pins tidak dapat mendeteksinya.

Untuk memperbaikinya, Pins harus membuka papan tik tersebut sehingga dapat menghubungkan konektornya kembali. Kamu bisa cek video tutorial untuk membuka laptop dan memasang kembali konektor keyboard yang lepas di YouTube. 

Baca juga:

Manfaatkan On-Screen Keyboard

(Tenforums)

Dalam keadaan mendesak dan tidak memungkinkan untuk mencoba cara memperbaiki keyboard laptop yang memerlukan skill, Pins bisa memanfaatkan on-screen keyboard sebagai alternatif. Meskipun tidak senyaman menggunakan papan tik biasa, cara ini cukup membantu jika hanya ada beberapa tombol pada laptop yang tidak berfungsi.

Pins bisa mengaktifkan on-screen keyboard dengan mengakses Start Menu”“Program”“Accessories”“Accessibility secara berurutan. Atau jika ingin lebih mudah, tekan Windows + R ketik OSKtekan Enter.

Mengganti Keyboard Bawaan

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian
(Dignite)

Jika Pins masih belum bisa menggunakan papan tik laptop seperti semula, mungkin ini merupakan waktu yang tepat untuk mengganti keyboard bawaan dengan yang baru.

Apabila kamu tidak bisa membongkar keyboard yang lama dan memasang yang baru sendiri, Pins bisa mengunjungi tempat servis tepercaya agar masalah tersebut dapat ditangani secara profesional.

Mengubah Layout Keyboard

Selanjutnya, jika keyboard laptop masih belum berfungsi dengan baik, Pins bisa mencoba untuk mengubah layoutnya. Bisa jadi akar permasalahnya adalah karena layout yang sedang digunakan tidak cocok. Seperti terdapat beberapa huruf yang mati pada keyboard dan lain sebagainya.

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian dengan langkah ini adalah klik startsearch languageklik bahasa yang diinginkan klik optionsgunakan US QWERTY. Setelah cara memperbaiki keyboard laptop ini dilakukan biasanya perangkat akan kembali berjalan dengan normal.

Membawa Laptop ke Tempat Service

Terkadang, permasalahan pada keyboard laptop bisa juga terjadi karena sistem operasi yang gagal atau tidak sesuai. Jika hal ini sudah terjadi, Pins bisa mensiasatinya dengan membawa laptop ke tempat service terdekat. Alih-alih memperbaiki masalah pada keyboard sendiri yang berujung pada kerusakan, cara ini akan membantu kamu untuk menemukan solusi terbaik.

Memasang Keyboard Eksternal

(The New York Times)

Jika Pins sudah melakukan berbagai cara dan tidak menemukan solusi yang tepat, langkah terakhir untuk cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian adalah dengan memasang keyboard eksternal. Langkah ini sangat efektif khususnya untuk kamu yang sedang terburu-buru dan membutuhkan laptop untuk bekerja.

Itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian dengan mudah. Untuk Pins yang masih belum menemukan solusi cara memperbaiki keyboard laptop, bisa mendatangi beberapa tempat service terdekat agar masalah segera teratasi. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured Image Source: Newsmedia.co.id


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia