BlogLifestyleGadget11 Cara Mengatasi Laptop Hang dan Penyebabnya
0
0

11 Cara Mengatasi Laptop Hang dan Penyebabnya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 17, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengatasi laptop hangtop-right-banner

Laptop yang mengalami kondisi hang atau freeze biasanya terjadi karena kapasitas memori yang tidak cukup, program yang terlalu berat ataupun virus. Pins bisa melakukan pengecekan kapasitas memori sebelum menginstall beberapa aplikasi tambahan. Namun, cara mengatasi laptop hang yang tepat juga perlu diketahui, agar ketika kendala ini terjadi dapat diatasi.

Kinerja laptop yang kurang optimal tentu akan menghambat pekerjaan kan Pins? Laptop ngehang juga bisa menjadi masalah apalagi jika kamu memiliki pekerjaan yang belum selesai atau tidak tersimpan pada laptop. Yuk, simak cara mengatasi laptop hang dan penyebabnya berikut ini!

Baca juga:

Cara Mengatasi Laptop Hang Pada Sistem Windows

Source : CNN Indonesia

Perangkat laptop yang hang pada saat baru dinyalakan bahkan tidak bergerak, hal itu tentunya dapat membuat Pins kesal. Maka, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Melalui End Task

Terjadinya laptop hang bisa dikarenakan oleh keadaan “not responding” pada perangkat tersebut. Untuk cara mengatasi laptop hang bisa Pins lakukan dengan end task bila laptop tersebut terjadi not responding atau heng pada saat menggunakan aplikasi.

Berikut langkah-langkah cara mengatasi laptop hang melalui end task:

  1. Buka perangkat laptop terlebih dahulu
  2. Setelah terbuka, lalu klik tombol Shift + CTRL + Esc
  3. Nantinya akan masuk ke dalam task manager
  4. Lalu klik and task pada program yang mengalami not responding
  5. Setelah itu laptop akan berjalan dengan normal
  6. Selesai

Melalui Starting Windows

Hang pada perangkat laptop tidak hanya terjadi pada windows yang sudah terbuka saja. Perangkat yang hang juga bisa terjadi pada saat starting windows atau proses booting untuk menyalakan perangkat laptop.

Hal yang pertama terjadi biasanya karna ada file yang hilang pada sistem, virus, corrupt, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut Pins bisa melakukan scan registry melalui ccleaner atau scanning menggunakan antivirus.

Jika masih terjadi hang pada laptop tersebut, kemungkinan ada masalah yang terjadi pada motherboard. Untuk cara mengatasi laptop hang, maka sebaiknya Pins mengganti dengan motherboard yang baru. Pasalnya motherboard yang rusak tidak dapat dipakai lagi.

Menghapus Bios Cache

Jika langkah di atas tidak dapat membantu Pins untuk mengatasi laptop yang hang. Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menghapus bios cache pada laptop yang terjadi heng pada awal dinyalakan dan tidak dapat bergerak.

Berikut langkah-langkah cara mengatasi laptop hang dengan menghapus bios cache:

  1. Lakukan restart.
  2. Tunggu hingga beberapa saat lalu hidupkan kembali.
  3. Setelah terbuka, lalu segera masuk ke menu bios.
  4. Dengan cara klik tombol F12, F11, F8, atau F2.
  5. Bila sudah, lalu klik menu advanced bios features.
  6. Kemudian cari menu bios cache pada laptop.
  7. Lalu klik tombol disable untuk melanjutkan.
  8. Jika sudah lalu klik simpan.
  9. Setelah itu, klik tombol enter.
  10. Selanjutnya hidupkan kembali laptop.
  11. Selesai.

Langkah diatas tentunya dapat Pins gunakan pada saat terjadi heng pada saat laptop dinyalakan. Dengan menghapus bios cache pada perangkat laptop tentunya dapat membantu dalam memuihkan kembali program laptop yang error tersebut.

Melakukan Reboot

Apabila terjadi sesuatu pada laptop pada saat dinyalakan seperti tidak dapat digerakan, atau tidak merespon saat menggerakan kursor. Maka langkah untuk mengatasinya yang dapat Pins lakukan ialah dengan merebot ulang pada laptop.

Caranya, klik dan tekan tombol power pada perangkat laptop sampai laptop tersebut benar-benar dalam keadaan mati. Kemudian kamu dapat menunggu beberapa saat, lalu hidupkan kembali laptop dan biarkan laptop menyala seperti biasanya.

Mengecek Kipas Laptop

Cara mengatasi laptop hang yang tidak dapat bergerak selanjutnya ialah dengan mengecek kipas pada laptop. Kipas laptop yang bermasalah biasanya menjadi salah satu sebab yang membuat laptop menjadi hang dari sisi hardware atau HDD nya.

Hal tersebut tentunya mengakibatkan laptop menjadi panas sehingga terjadi overheating, yang mengakibatkan laptop tidak dapat bergerak bahkan sampai mati total. Untuk itu, maka Pins dapat mengecek kipas pada laptop dan membersihkannya.

Menginstall Antivirus

Langkah terakhir cara mengatasi laptop hang yang dapat Pins lakukan yakni dengan mengistal aplikasi antivirus pada perangkat laptop. Pasalnya, virus dapat dapat datang dari mana saja melalui flashdisk, saat membuka browser, melakukan pengunduhan, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi agar virus tersebut tidak menyebar ke sistem oprasi laptop, maka Pins dapat menginstall aplikasi antivirus. Kemudian lakukan scanning pada perangkat laptop secara berkala sehingga virus dapat hilang dan membut kinerja laptop menjadi optimal.

Baca juga:

Cara Mengatasi Laptop Hang Pada Sistem Macbook

Source : Mac World

Untuk Pins yang menggunakan perangkat dari produk Apple seperti Macbook bisa menggunakan cara mengatasi laptop hang berikut ini.

Laptop ngehang memang bisa saja terjadi karena satu dan lain hal. Pada perangkat Macbook, Pins bisa menunggu hingga beberapa menit sampai perangkat kembali menyala. Biasanya terjadi karena tugas pada laptop terlalu banyak dan Pins belum menutup beberapa APK atau jendela yang dibuka.

Langkah selanjutnya untuk mengatasi laptop ngehang pada produk Macbook adalah dengan menutup paksa aplikasi. Pins bisa melakukannya dengan cepat yaitu melalui command+option+esc+force quit applications+force quit, kamu juga bisa memilih aplikasi mana yang ingin di tutup secara paksa.

Mematikan Paksa Perangkat

Meskipun Pins bisa kehilangan data yang mungkin belum tersimpan pada perangkat, tetapi cara ini cukup ampuh untuk mengatasinya. Cukup dengan menekan tombol power hingga perangkat mati dengan sendirinya.

Melakukan Boot ke Mode Aman

Jika laptop ngehang masih mengalami kendala yang sama, Pins bisa melakukan boot ke mode aman. Caranya adalah matikan kemudian nyalakan ulang perangkat, kemudian tekan Shift saat boot. Pins akan melihat jendela login, kemudian Safe Boot akan muncul di kanan atas. Cek ulang perangkat apakah sudah berjalan dengan lancar atau tidak.

Melakukan Diagnosa Masalah pada Hardware

Melakukan diagnosa pada hardware juga bisa menjadi salah satu cara yang optimal untuk mengatasi laptop Macbook yang hang. Pins bisa menggunakan fasilitas Apple Diagnostic atau Apple Hardware Test untuk mengatasinya.

Penyebab Laptop Ngehang

Source : Glints

Laptop ngehang memang bisa terjadi karena beberapa hal Pins, bahkan terkadang bisa membuat laptop tidak bisa menyala sama sekali. Cara mengatasi laptop hang bisa digunakan agar perangkat dapat berjalan kembali dengan normal. Berikut beberapa penyebabnya:

  • Banyaknya program pada perangkat laptop.
  • Kapasitas ram yang terlalu kecil.
  • Hardisk laptop yang bermasalah.
  • Adanya virus pada sistem oprasi laptop.
  • Adanya corrupt pada system files.
  • Kipas laptop yang kotor oleh debu.
  • Motherboard pada laptop yang rusak.
  • Banyaknya file yang tidak terpakai.
  • File temporary yang membengkak.
  • Masalah malware pada perangkat.
  • Hardware yang overheat.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi laptop hang yang bisa Pins lakukan sendiri baik untuk perangkat Windows maupun Mac. Pins juga bisa mencari tahu penyebab laptop ngehang sebelum melakukan perbaikan. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured Image Source: Parboaboa


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download