BlogLifestyle8 Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala
0
0

8 Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mei 3, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengatasi laptop tidak mau menyalatop-right-banner

Bagi banyak orang khususnya di perkotaan seperti Jakarta Pusat, laptop telah menjadi aset utama sebagai mesin pencari uang untuk bekerja. Bahkan dengan latop kamu bisa melakukan Titip Jual Sewa Rumah di Aplikasi Pinhome. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala.

Tentunya masalah ini memang bisa menyebabkan kepanikan. Bagaimana tidak, semua pekerjaan, gambar, dokumen, dan lainnya terancam hilang. Untungnya, ada beragam cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala yang bisa Pins coba di rumah, nih.

Umumnya, ada banyak hal yang menjadi penyebab laptop tidak bisa menyala. Hal tersebut mungkin termasuk masalah adaptor daya, monitor laptop, memori, hingga kerusakan komponen pada motherboard. Maka dari itu, Pins bisa menerapkan deretan cara menghidupkan laptop yang mati di bawah ini sebagai solusi.

Memeriksa Sumber Daya

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi laptop yang tidak bisa menyala adalah memeriksa sumber daya. Pasalnya, masalah pada sumber daya sering menjadi penyebab laptop tidak mau menyala, lho.

Ada beragam kemungkinan yang bisa terjadi, seperti:

  • Baterai habis atau rusak
  • Charger rusak dan tidak bisa dipakai
  • Konektor power rusak atau tidak terpasang dengan benar
  • Soket bermasalah

Jadi, pastikan dahulu apakah sumber daya laptop mengalami masalah atau tidak. Pins juga bisa mencoba mencabut dan memasang kembali baterai, lalu coba charge dan nyalakan kembali.

Jika tetap tidak mau menyala, coba gunakan jenis baterai lainnya. Apabila komponen sumber daya laptop tidak bermasalah, seharusnya Pins bisa kembali menggunakan laptop tersebut ya.

Baca juga:

Mencoba Charge Laptop Tanpa Baterai

Cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala selanjutnya adalah mencoba memakai laptop dalam kondisi dicas (charge). Metode ini bisa Pins coba bila baterai laptop sudah terlihat tidak bisa dipakai, alias berumur. Ini biasanya ditandai dengan keadaan laptop bisa dinyalakan tetapi mati sendiri setelah beberapa saat.

Setelah itu, Pins bisa melepaskan baterai dan menghubungkan charger ke laptop, serta colokkan soket ke sumber daya listrik. Lalu, coba nyalakan laptop kembali. Cara ini juga bisa mendeteksi apakah baterai laptop rusak total atau tidak.

Ada pula beberapa kasus yang menjadi penyebab laptop tidak mau menyala karena kehabisan baterai. Pada saat dicas laptop tetap tidak mau menyala karena charger rusak. Itu sebabnya, Pins perlu mengecek komponen ini dengan menggunakan charger laptop lain yang memiliki konektor sama dengan laptop kamu.

Jika laptop bisa menyala dengan cara di atas, artinya terjadi kerusakan pada baterai laptop. Pins bisa mengatasi hal ini dengan mengganti baterai yang rusak ke yang baru agar bisa memakai laptop dengan normal.

Sayangnya era modern ini tidak hanya memunculkan berbagai pilihan rumah modern seperti Nismara Harapan Indah, melainkan juga memunculkan berbagai laptop modern yang mengusung desain baterai tanam.

Jika Pins memilik laptop yang seperti ini, tentunya cara ini bisa Pins lewatkan. Tapi jangan khawatir, masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di bawah ini.

Mengecek Monitor Laptop

Jika Pins menjumpai tanda-tanda kehidupan saat menyalakan laptop, seperti lampu power menyala atau monitor memantulkan cahaya yang tidak jelas, artinya ada masalah pada monitor. Pins bisa mengecek kerusakan pada monitor laptop dengan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Lepaskan semua perangkat USB atau perangkat eksternal lainnya yang terhubung ke laptop. Ini bertujuan memastikan perangkat tersebut bukan jadi penyebab proses startup atau booting laptop terganggu.
  2. Dengarkan dengan seksama, apakah ada suara yang keluar dari mesin laptop, misalnya suara kipas yang berputar atau suara bising lain. Bila ada dan monitor tidak mau menyala, kemungkinan besar layar laptop bermasalah.
  3. Lihat lagi apakah ada cahaya atau layar abu-abu pada monitor laptop. Jika muncul, penyebab laptop tidak bisa menyala adalah masalah pada monitor.

Bila ini menjadi masalah yang dihadapi, Pins bisa mengganti monitor atau menggantinya jika memungkinkan, ya.

Melakukan Power Reset

Normalnya, banyak orang yang akan melakukan power reset sebagai cara pertama menghidupkan laptop yang mati total. Cara ini biasanya dipakai ketika sebelumnya laptop tidak dimatikan dengan semestinya. Akibatnya, laptop menjadi tidak mau menyala.

Power reset merupakan upaya memutuskan semua aliran listrik yang mengalir pada komponen laptop. Cara mengatasi laptop tidak mau menyala ini cukup efektif, asalkan masih ada tanda-tanda kehidupan pada layar monitor, seperti blue screen atau layar blank.

Berikut ini langkah-langkah melakukan hard reset:

  1. HIdupkan laptop terlebih dulu.
  2. Jika perangkat sudah menyala dan muncul blue screen, tekan dan tahan tomobl power lagi hingga laptop kembali mati.
  3. Cabut baterai dan charger yang sedang terhubung.
  4. Lepaskan RAM, Harddisk, SSD, dan komponen lainnya bila memungkinkan.
  5. Diamkan laptop dalam kondisi kosong minimal selama 30 menit.
  6. Hubungkan kembali sumber daya dan pasang kembali komponen yang sudah dicabut sebelumnya.
  7. Coba hidupkan laptop kembali.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Hang

Memeriksa RAM dan Memori Laptop

Memeriksa RAM dan memori laptop sebenarnya bagian dari cara menghidupkan laptop yang mati ketika melakukan power reset. Pasalnya, Pins akan melepas komponen laptop seperti RAM dan memori. Pada saat itulah kamu bisa memeriksa apakah ada tanda-tanda kedua komponen tersebut bermasalah, contohnya RAM kotor atau rusak.

Jika kedua komponen tersebut kotor, Pins bisa membersihkan bagian ini dengan tisu yang sudah dibasahi minyak kayu putih atau cairan pembersih khusus. Bersihkan pula kuningan RAM dan kuningan HDD/SSD dengan penghapus agar lebih maksimal.

Bila Pins mendapati ada tanda kerusakan, seperti RAM/memori retak, patah, dan lainnya, artinya komponen tersebut tidak bisa digunakan dan harus diganti dengan yang baru.

Memilih Mode Booting Safe Mode

Laptop yang tidak mau menyala tidak sekadar mati total saat dinyalakan, melainkan juga tidak bergerak-gerak di logo. Kondisi yang disebut gagal boot ini biasanya disebabkan sistem yang bermasalah sehingga mengganggu proses booting laptop.

Untungnya, cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala satu ini adalah booting ke safe mode Windows. Boot ke safe mode memang terbukti efektif dan berhasil pada banyak orang. Berikut ini cara melakukan safe mode booting pada Windows.

  1. Nyalakan laptop dengan tombol power seperti biasa.
  2. Jika blue screen atau logo laptop muncul, tekan F8 berkali-kali hingga muncul menu.
  3. Pilih Safe Mode pada menu tersebut.
  4. Restart kembali laptop dan lihat apakah teknik tadi berhasil mengembalikan fungsi laptop atau tidak.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop atau PC Windows Gagal Booting

Mengganti Komponen yang Bermasalah

Jika Pins sudah mencoba beberapa cara di atas dan laptop yang digunakan tetap tidak bisa menyala, ada kemungkinan terjadi kerusakan serius pada komponen laptop. Komponen tersebut meliputi VGA, Motherboard, Processor, dan lain sebagainya.

Bagi Pins yang tahu apa saja komponen yang rusak dan perlu diganti, silakan ganti dengan yang baru. Sebagai contoh, kerusakan pada motherboard biasanya menyebabkan laptop tidak mau menyala. Alhasil, Pins harus memperbaiki atau mengganti komponen tadi.

Sebagai solusi, Pins sebaiknya memakai tenaga ahli untuk mengganti komponen yang rusak jika tidak caranya.

Mendatangi Tempat Service Laptop

Bagi Pins yang kurang paham seputar masalah pada laptop, sebaiknya datangi tempat service laptop resmi terdekat. ini juga berlaku ketika sudah mencoba semua cara mengatasi laptop tidak bisa menyala di atas.

Pins bisa berkonsultasi masalah yang ada pada laptop dan ahli service laptop akan mencari penyebab laptop tidak mau menyala. dengan begitu, mereka mengetahui apa solusi dari masalah ini.

Nah, itu tadi sederet cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala dan bisa Pins coba di rumah. Perlu kamu ketahui bahwa selalu ada banyak cara untuk mengatasi berbagai masalah, seperti halnya fitur PinValue yang akan membantumu untuk menemukan harga ideal untuk rumah impian.

Demikianlah pembahasan Pinhome kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya Pins!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download