Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Diperbarui oleh Athiah Amida ∙ December 29, 2022 ∙ 5 menit membaca

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungkin kurang familiar di telinga pemula. Salah satunya yaitu stop loss. Apa itu stop loss? Kapan harus menggunakan stop loss?

Bentuk strategi ini memiliki peran yang cukup penting dalam berinvestasi, sehingga sebaiknya dikuasai oleh siapa pun yang tertarik dengan dunia investasi. Untuk memudahkanmu dalam mendalami pengertian dari stop loss, disertakan juga cara menggunakannya dalam uraian informasi berikut ini.

Baca juga:

Apa Itu Stop Loss?

(Freepik)

Apa itu stop loss dalam saham? Ketika berinvestasi, seringkali seorang investor atau trader menggunakan stop loss. Bagi kamu yang belum mengetahui pengertian dari stop loss, dari bahasa Inggrisnya ini mungkin mendapatkan gambaran artinya berkaitan dengan mengalami kerugian.

Nah, kurang lebih pengertiannya demikian, Pins. Jadi, Stop loss didefinisikan sebagai perintah/batasan yang dirancang untuk membatasi kerugian instrumen investasi, yang diterima oleh investor atau trader.

Sedangkan jika diartikan secara spesifik, stop loss saham merupakan batasan untuk membeli atau menjual saham pada saat harganya mencapai titik tertentu. Untuk stop loss crypto, artinya batasan yang dilakukan untuk membeli atau menjual aset crypto, saat harganya ini sampai pada batasan tertentu.

Stop loss terjadi saat pergerakan harga tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Secara otomatis ketika menyentuh stop loss ini, order yang kamu lakukan akan berhenti. Misalnya saja, kamu membeli saham senilai 50 juta dan kemudian menetapkan order stop loss senilai 10% (5 juta) di bawah harga saham. Jadinya nominalnya adalah 45 juta. Apabila nilainya ini turun, order akan diaktifkan dan kamu hanya akan mengalami kerugian 10%.

Fungsi stop loss adalah untuk membatasi kerugian, tapi tidak semua investor dan trader suka menggunakannya. Alasannya adalah karena pada saat menggunakan stop loss, hal ini berarti kamu beresiko untuk menutup posisi loss ketika harga masih dalam kondisi koreksi. Akan tetapi, sebenarnya jika kamu menggunakan stop loss dengan tepat, kamu tidak akan mengalami loss saat harga dalam kondisi koreksi. 

Baca juga: Anda ingin investasi Saham? Simak kelebihan dan kekurangannya

Keuntungan dengan Stop Loss

(Freepik)

Meskipun secara general kelebihan dari stop loss ini bisa diketahui dari definisinya. Tetapi, untuk informasi yang lebih detail mengenai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan stop loss, yakni:

  • Dapat mempertahankan aset atau uang yang diinvestasikan

Dengan adanya stop loss, bisa membantu kamu dalam mempertahankan aset atau uang yang kamu investasikan. Caranya adalah dengan menguangkannya secara otomatis, pada saat pergerakan harga turun kembali ke harga yang dikeluarkan untuk pembelian.

  • Mencegah kondisi menjadi lebih buruk 

Siapapun tidak ingin investasi atau trading yang dilakukannya malah berujung kerugian besar. Stop loss bisa membantu meminimalisir resiko ini. Ketika batasan sudah diset, maka kamu tidak akan mengalami kerugian yang lebih besar dengan pergerakan harga yang turun. Tak menutup kemungkinan, dengan melakukannya membuatmu tetap dapat menghasilkan keuntungan.

Cara Menggunakan Stop Loss

(Freepik)

Setelah memahami pengertian dari stop loss, selanjutnya adalah mengetahui cara untuk menggunakannya. Kurang lebih terdapat 3 cara dalam menggunakan stop loss, yaitu:

Melakukan Secara Otomatis

Bila kamu masih belum terbiasa, kamu bisa menggunakan stop loss secara otomatis. Untuk melakukannya adalah dengan memasang stop loss atau batasannya pada platform trading. Masukkan angka yang ingin kamu batasi di bagian kolom stop loss.

Ketika terjadi pergerakan harga yang menyentuh angka yang dicantumkan, order yang kamu lakukan akan berhenti otomatis. Jadi, secara keseluruhan langkah otomatis ini hanya membutuhkan 1 step. Sangat mudah bukan untuk melakukannya, Pins?

Memilih Cara Manual

Cara selanjutnya adalah menggunakan stop loss secara otomatis. Artinya adalah kamu selaku trader atau investor yang akan menutup posisi stop loss ini. Saat open posisi, kemudian terjadinya pergerakan harga yang tidak sesuai dengan harapan, kamu menghentikan batasannya secara manual.

Untuk melakukan stop loss secara manual ini sebaiknya dilakukan bila kamu sudah terbiasa dan familiar dalam menjalankan strategi berinvestasi. Hal ini dikarenakan dibutuhkan ketelitian dalam melakukannya secara manual. Jika tidak hati-hati, nantinya malah bisa membuatmu beresiko mengalami kerugian.

Baca juga: Investasi uang: cara bijak dan benar

Menggunakan Fitur Trailing Stop Loss

Untuk cara terakhir ini adalah dengan fitur trailing stop. Fitur ini dikenal juga dengan nama protect stop. Untuk dapat menggunakannya hanya dapat dilakukan melalui komputer, tidak dapat dilakukan melalui handphone.

Trailing stop bergerak searah tren. Ketika harga berbalik dari tren, fitur ini tidak akan bergerak. Semakin banyak pergerakan harga yang mengalami kenaikan, maka semakin besar juga profit yang dikunci trailing stop. Cara yang satu ini cukup sering dipilih karena pergerakannya yang seiring dengan harga pasar, dan berhenti otomatis saat tren berbalik arah.

Dibutuhkan waktu untuk bisa menguasai stop loss, tetapi ketika sudah terbiasa akan lebih mudah melakukannya di kemudian hari. Nah, Sekian penjelasan mengenai apa itu stop loss beserta cara menggunakannya. Kamu bisa mengkondisikan pilihan cara yang disampaikan di atas sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kamu. Selamat mencoba, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Suvarna Sutera dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Freepik

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Program dari BJB KPR Gaul untuk Para Millenial

Kabar gembira untuk para milenial dengan gaji minimal Rp3 juta, sekarang bisa banget untuk punya ru

Finansial
Finansial Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukanny

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia