Pinhome

Macam Denah Rumah dan Ukurannya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 1 November 2021 ∙ 2 menit membaca

Pinhome – Membuat denah rumah sesuai ukuran tanah merupakan salah satu langkah awal dalam membuat desain rumah. Tujuannya agar setiap ukuran ruangan pada rumah dapat semaksimal mungkin atau secara keseluruhan penempatan setiap ruangan pada denah rumah tersebut nyaman untuk dihuni.

Hubungan antar ruang yang baik dalam pembuatan denah ada kalanya terhambat pada ukuran ruangan standar yang nyaman untuk dihuni atau keterbatasan ukuran tanah yang tersedia. Sehingga seringkali ada pengorbanan salah satu ruang yang dihilangkan atau dapat juga diatasi dengan membuat rumah bertingkat 2 atau 3 yang membuat biaya pembangunan rumah menjadi lebih mahal dari rumah berlantai satu.

Berikut ini macam denah rumah dan ukurannya yang sering digunakan antara lain sebagai berikut:

Denah Rumah Ukuran 6 m x 10 m

Ukuran tanah ini seringkali digunakan oleh pengembang perumahan dengan model rumah type 36, 29, 22 dengan spesifikasi taman depan, ruang tamu, ruang tidur, ruang dapur, kamar mandi.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Borong Tenaga Rumah 2 Lantai

Denah Rumah Ukuran 5 m x 10 m

Ukuran denah rumah ini hampir sama dengan rumah dengan ukuran 6 x 10 , namun terdapat sedikit perbedaan pada lebar rumah yaitu 5 m.

Baca Juga: Data yang Perlu Disiapkan untuk Desain Rumah

Denah Rumah dan Ukurannya
(PIxabay)

Denah Rumah Minimalis

Desain rumah yang simple tetapi manis memang merupakan sebuah seni yang sedang menjadi daya tarik banyak pemilik rumah. Pembuatan denah rumah minimalis tentunya perlu menyesuaikan bidang tampak depan maupun samping rumah minimalis yang akan ditampilkan.

Denah rumah yang baik mempunyai berbagai macam ciri-ciri yang antara lain:

  • Hubungan antar ruang nyaman.
  • Posisi pintu mudah diakses dengan ukuran pintu yang tepat.
  • Setiap ruangan rumah mempunyai ventilasi udara dan pencahayaan yang baik.
  • Denah rumah yang dapat menghemat biaya pembangunan rumah.

Itulah beberapa denah rumah sesuai ukurannya yang paling sering digunakan. Semoga artikel ini bisa membantu Pins.

Baca Juga:

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel