BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPASyarat Pengajuan KPR BTN Yang Perlu Diketahui!
0
0

Syarat Pengajuan KPR BTN Yang Perlu Diketahui!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Mar 30, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Syarat pengajuan KPR BTN sebenarnya sangat mudah, jika Anda tahu triknya, khususnya bagi para keluarga muda yang belum punya rumah sama sekali. Bank Tabungan Negara yang memang dispesifikkan untuk menjamin KPR.

Tetapi sebelum kita membahas syarat pengajuan KPR BTN terlebih dulu perlu kita tahu, kredit itu akan di acc bank apabila, jika rumah kita di atas tipe 70. berarti kredit yang diajukan sekitar 70 persen dari harga rumah keseluruhan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Rumah Dengan KPR

syarat pengajuan kpr btn
Source : Dekoruma

Artinya kita harus memiliki uang paling tidak 30 persen dari harga rumah. Jika rumah kita di bawah tipe 70 berarti kredit yang diajukan bisa sampai 80-90 persen dari keseluruhan harga rumah, artinya uang yang kita miliki minimal harus punya 10-20 persen dari seluruh harga rumah.

Syarat Pengajuan KPR BTN

Source : Askinlaw

Info dari Website Bank BTN, menginformasikan bahwa syarat-sayarat KPR BTN subsidi yaitu

Syarat Pengajuan KPR BTN bagi Pemohon

  • WNI dan berdomisili di Indonesia
  • Telah berusia 21 tahun atau telah menikah
  • Pemohon maupun pasangan (suami/istri) belum memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah
  • Gaji / penghasilan pokok tidak melebihi :
    • Rp. 4 juta untuk Rumah Sejahtera Tapak
    • Rp. 7 juta untuk Rumah Sejahtera Susun
    • Atau maksimal gaji/penghasilan pokok sesuai ketentuan pemerintah
  • Memiliki masa kerja atau usaha minimal 1 tahun
  • Memiliki NPWP dan SPT Tahunan PPh orang pribadi sesuai perundang-undangan yang berlaku
  • Menandatangani Surat Pernyataan diatas materai

Kelengkapan Dokumen

NoDokumenPegawaiWiraswasta
1.Form Aplikasi Kredit dilengkapi dengan Pasfoto terbaru Pemohon dan Pasangan      √        √
2.Fotocopy KTP Pemohon dan Pasangan, Fotocopy Kartu Keluarga, Fotocopy Surat Nikah/Cerai       √        √
3.Slip Gaji Terakhir/Surat Keterangan Penghasilan, Fotocopy SK Pengangkatan Pegawai Tetap/Surat Keterangan Kerja       √ 
4.SIUP, TDP & Surat Keterangan Domisili serta Laporan Keuangan 3 bulan terakhir         √
5.Fotocopy NPWP        √         √
6.Fotocopy Rekening Koran/Tabungan 3 bulan terakhir         √          √
7.Surat Pernyataan belum memiliki rumah  dari pemohon dan pasangan          √          √
8.Surat Pernyataan belum pernah menerima subsidi rumah dari pemerintah yang dibuat pemohon dan pasangan         √          √

Syarat Pengajuan KPR BTN Agar Mudah Di ACC?

Silakan simak tips-tips syarat pengajuan KPR BTN, jika anda yang hanya bermodal cekak, namun tetap nekat ingin beli rumah

Perbesar Uang Muka

syarat pengajuan kpr btn
Source : nkrealtors

Kebijakan ini sudah sangat baik dan telah dipikirkan pemerintah untuk membantu rakyatnya untuk bisa memiliki rumah. Artinya uang kita jangan sampai hanya 10-20 persen saja dari harga rumah.

Pihak bank akan mempertimbangkan penghasilan suami istri dan cicilan yang mungkin bisa dicicilkan pada bank. Makin banyak uang muka semakin baik dan kemungkinan untuk di-ACC nya semakin besar karena pihak bank akan memperhitungkan kemungkinannya bisa membayar cicilan

Baca juga: Dokumen Syarat KPR Rumah

Cicilan Hingga Tiga Perempat dari Gaji

Source : Fedfina

Syarat berikutnya yang nampaknya telah menjadi perhitungan tersendiri bagi pihak bank untuk bisa meloloskan calon pembeli rumahnya agar dapat di ACC pengajuan kreditnya.

Pihak bank akan berkonsultasi dengan calon pembeli untuk menanyakan gaji suami istri, sampingan-sampingan yang menjadi pemasukan tetap untuk diselisihkan dengan besarnya cicilan yang ditanggung.

Jika gaji suami istri hanya 2 juta, cicilan sampai 1.800.000, jelas tidak di ACC, karena penghasilan keluarga itu pasti akan minus. Pengeluaran bulanan pasti lebih besar dari 200 ribu, jika tetap diajukan, pasti takkan di ACC. Kecuali uang mukanya besar dan cicilan hanya sekitar 1.000.000 masih bisa di ACC karena masih setengah dari gaji

Perhatikan Pengeluaran

syarat pengajuan kpr btn
Source : Forbes

Pihak bank biasanya juga akan menghitung pengeluaran tiap bulan yang habis pakai. Misalnya untuk makan, membeli perlengkapan berumah tangga.

Jika konsumsi kita tiap bulan saja tinggi, maka pihak bank akan mempertimbangkan untuk meng-ACC, karena bisa jadi biaya cicilan akan habis untuk biaya konsumsi kebutuhan rumah tangga tiap bulan.

Serba-serbi Terkait Model Rumah KPR BTN

Membeli rumah dengan KPR sudah cukup mudah saat ini. Umumnya, rumah KPR memiliki denah yang standard. Denah rumah BTN cenderung simple sehingga banyak orang yang melakukan renovasi. Biasanya, luas yang digunakan dalam denah rumah KPR BTN biasanya kecil dengan tipe 21, 27, 50, dst. Karena luasnya yang mungil, maka ruangan yang ada dalam denah rumah BTN cenderung kecil dan sedikit.

Sering Direnovasi agar Makin Ciamik

Source : Pixabay

Seringkali, orang melakukan renovasi pada rumah KPR BTN. Renovasi ini dilakukan karena penghuni merasa kurang cocok dengan denah rumah yang telah mereka beli. Namun, mungkin karena harganya yang cenderung murah dan bisa dicicil, maka orang membelinya. 

Atau mungkin juga karena lokasinya yang dekat dengan tempat kerja mereka. Upaya renovasi yang dilakukan umumnya adalah melakukan pemugaran pada beberapa ruangan dan membuat denah baru. Banyak juga orang yang membuat rumah KPR BTN nya menjadi bertingkat untuk memenuhi kebutuhan ruang.

Baca juga: Renovasi Rumah Sendiri, Siapa Takut?

Cocok untuk Keluarga Kecil

Source : Pixabay

Rumah KPR BTN memang cenderung sederhana. Mungkin karena agar harganya menjadi tidak terlalu tinggi sehingga terjangkau oleh lapisan kelas bawah. Denah rumah BTN tersebut cocok digunakan untuk keluarga yang memiliki anggota keluarga tidak banyak. 

Hal ini untuk menjamin kebutuhan penghuni akan ruangan tetap terpenuhi. Namun, karena pada kenyataanya orang yang menggunakan rumah BTN memiliki banyak anggota, mereka kemudian menambah beberapa ruangan seperti kamar tidur.

Baca juga: Cara Menentukan Harga agar Menang Tender Proyek

Perawatan Mudah

Umumnya, denah rumah BTN membuat penghuni mudah untuk merawat rumah. Hal ini karena denah rumah BTN menghindari adanya banyak sekat. Maka dari itu, pembersihan rumah menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan satu atau dua kali jalan. Ini membawa keuntungan tersendiri terutama bagi mereka yang sangat sibuk dan tidak memiliki pembantu rumah tangga.

Meskipun rumah KPR BTN cenderung sederhana namun bukan berarti denah rumah seperti ini tidak mampu memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Justru sifatnya yang sederhana, membuat penghuni tidak merasa pusing dengan banyaknya ruangan yang ada. 

Aspek terpenting dalam sebuah denah rumah BTN adalah mampu menciptakan ruangan yang cukup untuk mendukung aktivitas selama berada di dalam rumah. Ruangan yang vital diupayakan ada. Sementara itu, pemenuhan kebutuhan ruangan bisa dilakukan jika memang masih mempunyai lahan untuk didirikan. 

Namun, ruangan tersebut jangan sampai membatasi ruang gerak penghuni. Jika ruang gerak terbatas, hal ini bisa mengakibatkan stress karena menjadi kurang bebas berpindah tempat. Selain itu, pandangan juga menjadi kurang luas. Jika demikian, salah satu fungsi rumah sebagai tempat untuk beristirahat justru terabaikan.

Baca juga: Tips dan Trik Sebelum Memilih Desain Rumah Modern


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Adhiwangsa Bali dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download