Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 12 Jenis Bahan Sprei yang Bagus dan Nyaman Buat Tidur

Lifestyle

12 Jenis Bahan Sprei yang Bagus dan Nyaman Buat Tidur

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 21 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Kenyamanan saat sedang tidur menjadi bagian utama dalam daftar list pembuatan sebuah kamar. Kamar tidur yang nyaman dan tenang untuk dijadikan tempat beristirahat memang perlu didesain sedemikian rupa agar menghasilkan kualitas tidur maksimal. Namun tidak hanya persoalan ruangan, rangka tempat tidur, kasur, bantal, guling hingga sprei menjadi komponen yang tidak dapat tertinggal. Pintar dalam memilih bahan sprei yang bagus pun dapat mempengaruhi kinerja tubuh seharian lho!

Pinhome- Sebenarnya seberapa pentingkah pemilihan bahan sprei yang bagus? Kualitas tidur seseorang memang banyak tolak ukurnya. Pins tidak bisa memukul rata dari preferensi individu. Sebagian memilih ruangan menjadi hal utama, sebagian pula ada yang berpendapat bahwa pasangan menjadi peneman tidur terbaik, dan sebagian konsentrasi pada barang-barang di dalamnya. 

Sprei yang termasuk dalam komponen barang, menjadi penting karena secara langsung kita akan menyentuh sprei pada saat tidur. Maka dari itu tidak heran, kualitas bahan satu ini sangat penting dibicarakan. Nah, untuk itu beberapa rekomendasi bahan sprei terbaik di bawah ini bisa menjadi alternatif sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 10 Cara Menata Ruangan Kamar yang Sempit Menjadi Luas

Kain Microfiber

bahan sprei yang bagus
(Shopee)

Kain polyester merupakan bahan kain yang memang cukup terkenal di kalangan pecinta kaos dengan bahan ringan. Terbuat dari turunan minyak bumi, kain ini memang kurang cocok bila menjadi bahan untuk sprei. Maka dari itu banyak kain polyester yang digunakan untuk bahan sprei memiliki pecampuran dengan bahan lainnya. Kain microfiber atau microtex merupakan keluaran varian terbaru dari jenis polyester yang kualitasnya jauh lebih baik untuk dijadikan bahan sprei. Bahan satu ini teksturnya jauh lebih lembut.

Katun Jepang

bahan sprei yang bagus
(Spreiqu Sidoarjo)

Katun Jepang menjadi material terbaik dengan komposisi katun hampir sebesar 95% pada setiap jenis spreinya. Kain untuk sprei ini tergolong bagus dan tentunya nyaman bila digunakan untuk beristirahat. Bila cuaca sedang panas terik pun, jenis sprei katun Jepang tidak akan mentrasfer panas. Kain akan tetap adem dan sejuk. Tidak hanya sampai disitu, teksturnya yang lembut dengan daya serap baik membuat sprei satu ini menjadi andalan.

Katun Catra

bahan sprei yang bagus
(Bukalapak)

Selain katun Jepang adapula pilihan kain untuk sprei dengan jenis catra. Kain ini berasal dari kain lokal dengan komposisi 80% katun dan 20% polyester. Nyaman dan dingin saat tidur menjadi keunggulan utama jenis sprei satu ini. Selain itu, Pins tidak perlu khawatir saat mencuci dikarenakan katun catra tidak mudah luntur. Selain itu motifnyanya pun beragam, mulai dari kartun untuk anak-anak hingga motif minimalis untuk dewasa.

Katun CVC

bahan sprei yang bagus
(Sprei Bed)

Katun CVC disebut juga dengan kain katun Korea. Jenis sprei ini memiliki komposisi katun sebanyak 40-60% dan sisanya adalah sesuai dengan komposisi bahan campuran. Contohnya 70% katun dan 30% adalah viscose atau rayon. Katun CVC mempunyai keunggulan tidak mudah kusut dan adem saat digunakan. Cocok sekali untuk para anak kos yang cenderung malas membereskan tempat tidur. Kain akan tetap bertahan tanpa kusut berlebih.

Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Kamar Kost Kekinian yang Bikin Betah

Katun Panca

bahan sprei yang bagus
(Jualo)

Kain untuk sprei slanjutnya adalah katun panca. Katun panca memiliki komposisi 75% katun dengan sisa 25% polyester. Bila terkadang Pins sering menemukan sprei berbulu saat selesai dicuci. Katun panca merupakan bahan yang tidak berbulu saat selesai dicuci. Tidak hanya sampai situ, warnanya pun tidak gampang pudar. Mirip dengan katun catra, panca juga memiliki daya serap keringat baik yang membuatnya tetap sejuk saat digunakan.

Kain Tencel

(Shopee)

Kain organik atau disebut dengan kain tencel merupakan salah satu kain untuk sprei yang memang terbuat dari serat kain alami. Inilah mengapa sebutannya merupakan kain organik. Kain tencel terbuat dari material 100% katun yang melalui proses yang cukup canggih dengan metode dry jet-wet spinning. 

Ini merupakan perpaduan teknologi pemintalan kain secara basah dan kering untuk membentuk serat terbaik. Jadi, kamu akan mengalami perasaan ternyaman saat sedang menggunakan sprei satu ini. Adem, lembut, tebal dan sangat cocok untuk Pins yang berkulit sensitif dikarenakan kandungannya jauh dari bahan kimia.

Kain Jacquard Tencel

bahan sprei yang bagus
(Lazada)

Bila dirasa kain tencel masih belum menggantikan kualitas tidur sempurnamu, Pins bisa beralih ke kain premium berjenis jacquard tencel. Sprei satu ini memiliki kualitas tinggi, dengan komposisi bahan katun 100%. Kain tencel bahan premium ini merupakan bahan katun terbaik asal Eropa. Walau memang harganya jauh lebih mahal dibanding bahan sprei lainnya, namun hal tersebut sebanding dengan kualitasnya.

Kain Sutra

(Elle Silk)

Bahan sprei yang bagus selanjutnya tentu hadir dari kain sutra. Terbuat dari protein ulat sutra, kain ini menjadi kain termahal di kalangan dunia tekstil. Ciri khas kain satu ini super lembut dengan sentuhan licin dan lemas. Sangat nyaman ketika bersentuhan dengan kulit, membuat kain ini menjadi pilihan nomor satu untuk bahan sprei terbaik. Selain itu, kain sutra pun tahan lama dan menjadi salah satu jenis kain yang kuat. Kamu akan mengenainya dari satu kali pandang karena keindahannya.

Bahan Jacquard Sutra

(Sahara Sprei)

Selanjutnya ada bahan premium lainnya dari kelas kain sutra, yaitu kain jacquard sutra. Kain ini berasal dari Eropa dengan keindahaan yang tak kalah dari sutra biasa. Kain ini sangat lembut dan juga sangat nyaman. Banyak yang menggunakan sebagai bahan fashion pula karena tergolong kain dengan tampilan elegan. Ingin tidur nyaman dan elegan? Pins bisa memilih kain jacquard sutra.

Kain Twill

(Alibaba)

Kain untuk sprei berjenis twill merupakan bahan kain yang sering disebut kain cina. Bisa menjadi pilihan kain sprei berbahan halus dan adem, kain twill juga cukup setara dengan katun Jepang. Walaupun beberapa ada pula yang berbahan lebih tipis, namun tetap baik bila digunakan sebagai kain untuk sprei.

Kain Sprei Waterproof

(Madamel Sprei)

Untuk Pins yang memiliki buah hati yang masih sering buang air kecil di kasur. Sprei waterproof jawabannya. Walau memang memiliki keungguan tahan terhadap air, dan tidak melarutkan. Sprei ini sangat sejuk dan dingin. Kamu dan keluarga tetap dapat tidur dengan nyaman dengan sprei berbahan kedap air satu ini.

Baca Juga: Cara Menjaga Ranjang Tetap Awet dan Nyaman

Kain TC

(Bukalapak)

Kain TC yang merupakan kepanjangan dari teteron cotton, merupakan bahan kain dengan percampuran katun (35%) dan polyester (65%). Bahan satu ini tidak menyerap keringat seperti keunggulan dari bahan polyester, adem dan halus menyerupai bahan katun. Bahan satu ini tergolong terjangkau dibandingkan dengan jenis kain lainnya dan cukup merajai bahan kain di Indonesia. 

Melihat ragam variasi sprei seperti sejenak ingin langsung berbaring di tempat tidur bukan? Kulitas bahan sprei yang bagus memang dapat terlihat dari harga yang ditawarkan, namun jangan sekali-kali memaksakan dengan budget yang minim. Beli sesuai kemampuan, dan bandingkan untuk kualitas tidur terbaik. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel