BlogPemilik PropertiPanduan KPR/KPAPenting! Cek Hal Ini Sebelum Serah Terima Rumah, Yuk!
0
0

Penting! Cek Hal Ini Sebelum Serah Terima Rumah, Yuk!

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
serah terima rumahtop-right-banner

Proses membeli rumah tidak selesai sampai kamu membayar uang muka atau melunasi secara cash keras saja Pins. Ada tahap yang perlu kamu lalui setelah kegiatan administrasi dilakukan. Agenda ini adalah serah terima rumah. 

Pinhome – Proses serah terima menjadi salah satu kegiatan yang lumrah dan lazim dilakukan. Agenda ini penting karena melibatkan pihak pembeli dan penjual. Di dalam kegiatan ini terjadi proses menyerahkan hunian sebagai barang atau produk yang sudah dibeli oleh pembeli. Pembeli punya hak untuk melalui proses serah terima yang aman, nyaman, dan tanpa kendala sedikit pun. 

Umumnya, pada saat proses serah terima, yang diberikan oleh pihak penjual atau developer adalah kunci rumah dan properti. Hal ini pun biasanya dilakukan di dalam rumah baru tersebut. 

Namun, ketika proses tersebut terjadi ada hal-hal yang harus kamu cek. Biasanya penyerahan kunci dilakukan di lokasi hunian dengan tujuan agar pembeli atau klien bisa memeriksa isi rumah. Lalu apa saja ya yang harus dicek? Berikut penjelasannya!

Cek hal-hal berikut sebelum serah terima rumah selesai

Source : Pinhome

Pins, ketika kamu akan menerima kunci rumah pastikan kamu sudah memeriksa hal-hal berikut. Jika ada satu hal saja yang kurang memuaskan atau cacat, kamu bisa langsung menginformasikan developer di tempat. Jadi, kamu bisa langsung minta untuk diperbaiki Pins. Apa saja ya yang harus dicek?

Tes kunci di semua pintu

Hal pertama yang harus kamu periksa adalah kunci dan pintu. Cek dan pastikan semua kunci bekerja dengan baik ya Pins. Pastikan engsel pintu sudah terpasang dengan benar. Cobalah kunci pintu dengan kunci yang tersedia, lalu buka kembali. Ini untuk memastikan akses masuk dan keluar rumah sudah aman terkendali. Kalau pintu masih belum terpasang dengan baik, kamu bisa minta diperbaiki Pins.

Periksa permukaan dinding

Cek permukaan dinding rumah Pins. Kamu bisa memutari rumah sehingga bisa mengetahui kondisi dinding dari bagian dalam dan luar. Jika ada permukaan yang retak dan belum dicat cobalah tanyakan ke pihak penjual atau developer. Mintalah kepada mereka untuk segera menyelesaikan pengecatan tersebut.

Periksa jendela rumah

Jendela tentu mempunyai fungsi ganda. Pertama sebagai ventilasi udara dan kedua sebagai pengaman rumah. Nah, agar fungsinya optimal kamu harus memastikan jendela bekerja dengan baik. Cobalah buka dan tutup kembali jendela rumah. Pastikan sisi-sisi jendela bekerja dengan baik. Pastikan juga pengunci jendela terpasang dengan benar dan kuat.

Pastikan semua keran air menyala

Selanjutnya adalah memastikan air sudah menyala. Apabila kamu akan segera melakukan pindahan rumah, pastikan air di semua keran menyala ya Pins. Tujuannya agar kamu tidak kesulitan saat akan masak, mandi dan membersihkan rumah. Jika air tidak menyala wah bisa gawat tuh! Kamu akan kesusahan untuk melakukan aktivitas seperti minum, mandi, mengepel lantai, mencuci baju dan piring.

Uji sistem kelistrikan

Listrik menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan. Ketika kamu berada di rumah dan sedang melakukan serah terima, pastikan kamu mengecek saklar ya. Cek semua lampu di dalam ruangan dengan menghidupkan sumber cahaya tersebut. Tes juga apakah listrik bisa mengalir lewat sotpkontak. Kamu bisa membawa charger handphone untuk memastikan bahwa listrik sudah mengalir ya Pins.

Periksa keadaan lantai

Selanjutnya adalah memeriksa keadaan lantai. Pastikan keramik sudah terpasang. Selain itu upayakan tidak ada lagi keramik yang pecah dan menonjol ke atas. Jika kamu melihat hal ini segera laporkan ke pihak penjual atau developer rumah agar langsung diperbaiki.

Cek lemari dapur

Pins, apabila kamu membeli rumah yang sudah satu set dengan perabot alias built-in, maka cek semua furnitur ya Pins. Upayakan semua sudah terpasang dengan baik. Pastikan semua lemari atau perabot built-in sudah pada tempatnya dan kamu bisa langsung menikmati fasilitas tersebut. Hal ini penting agar kamu tidak repot membetulkan perabot yang belum terpasang dengan baik. 

Lalu apa sih pentingnya melakukan pengecekan rumah?

purchase, house, house purchase-3347053.jpg
Source : Pixabay

Pins, seperti yang kita ketahui proses pembangunan rumah dan renovasi umumnya dilakukan oleh jasa pemborong. Ketika sudah selesai dibangun, tentu rumah pun perlu dicek. Tujuannya agar memastikan setiap sudut ruangan telah sempurna.

  • Pengecekkan saat serah terima bertujuan untuk mengomunikasikan komplen jika terjadi hal yang tidak kamu inginkan. Kondisi ini tepat karena disaksikan juga oleh pihak developer dan agen properti yang mendampingi kamu.
  • Kamu tidak membeli kucing dalam karung Pins. Setelah membeli rumah dan melakukan serah terima, artinya kamu pun benar-benar paham kondisi hunian yang sudah kamu bayarkan.
  • Memastikan semua sistem di rumah berjalan lancar seperti listrik, air dan gas jika kamu menggunakan PGN. Hal ini penting Pins mengingat tiga elemen tersebut akan sangat penting untuk mendukung kegiatan rumah tangga. 

Ketika melakukan serah terima, pastikan kamu tidak hadir sendiri ya Pins. Selain ditemani oleh agen properti, usahakan kamu ditemani oleh keluarga atau teman dekat kamu. Tujuannya agar ada orang lain yang juga membantu mengecek kondisi rumah. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya Pins!


Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download