BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia 5 Ciri Utama Arsitektur Post Modern
0
0

Ini Dia 5 Ciri Utama Arsitektur Post Modern

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Sep 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
arsitektur post moderntop-right-banner

Pins, apakah kamu berniat untuk membangun rumah dengan gaya arsitektur post modern? Pas sekali karena kali ini kita akan membahas mengenai arsitektur post modern yang tentunya bisa kamu jadikan referensi pengetahuan. 

Gaya post-modernisme atau post-modern adalah gaya yang pernah populer pada tahun 1970-1980. Gaya post modern didefinisikan sebagai gaya yang mengutamakan prinsip kompleksitas, kontradiksi, dan menampilkan sisi dominan dari sebuah ruangan. Gaya post modern sendiri merupakan lawan dari gaya modern yang minimalis, simpel namun lugas dan elegan. 

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan smart door lock, kamu bisa cek estimasi harga rumah dan cek cara titip jual sewa rumah di Pinhome. Kamu juga bisa mencari tahu informasi rumah baru di Bogor, rumah baru di Jakarta Timur, Paradise Serpong City, dan Avoria Estate

Apa itu Post Modern?

arsitektur post modern
Source : BBC

Pins, apakah kamu pernah melihat video klip penyanyi dunia Katy Perry yang berjudul Chained to The Rhythm? Di video tersebut, banyak sekali contoh kostum-kostum tak lazim yang digunakan sebagai pakaian sehari-hari manusia yang digambarkan di dalam zaman itu. Ya, itu adalah gaya post modern yang menonjolkan sisi seni dengan mengkombinasikan gaya klasik dan modern eklektik yang membedakan satu orang dengan orang lain. Sehingga akan kecil kemungkinan adanya kesamaan gaya. 

Baca juga: Gaya Rumah Shabby Chic

Selain itu contoh lain dari gaya post-modern adalah ketika kamu menyaksikan film series The Hunger Games. Di area Capitol, yang merupakan pusat pemerintahan dan pusat bisnis yang mengendalikan distrik 1 hingga distrik 12, masyarakatnya mengenakan pakaian aneh yang terlihat seperti sirkus. Ya, itu adalah gaya post-modern yang mengkombinasikan gaya modern dan klasik. 

arsitektur post modern
Source : Pinterest

Gaya ini dikaitkan dengan kebebasan berekspresi dan juga seni dalam berbusana. Tentunya kita tidak bisa menilai buruk karena ini berkaitan dengan kebebasan mengenakan pakaian apapun serta kebebasan berseni dan berkreativitas. 

Gaya nyentrik ini juga tak hanya bisa diaplikasikan dalam balutan busana. Ternyata bangunan pun bisa menjadi salah satu objek post-modern lho, Pins. Kamu bisa mengoptimalkan gaya post modern ini dalam interior atau eksterior rumah. 

5 Ciri Utama Arsitektur Post Modern

arsitektur post modern
Source : Pengadaan

Arsitektur post modern ini mempunyai beberapa karakter yang menjadi keunikannya. Berikut ini penjabaran secara lengkap mengenai ciri utama arsitektur post modern yang bisa kamu cari tahu, Pins. Yuk cek selengkapnya di bawah ini! 

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Fasad Rumah Industrial yang Unik

1. Memperlihatkan Konsep Urban

Pertama, arsitektur ini memperlihatkan konsep urban. Artinya gaya arsitektur ini sangat menonjolkan kesan perkotaan atau masyarakat dan kehidupan manusia di area urban atau pusat kota. Ini dilambangkan dengan konsep yang glamour dan juga konsep stylish yang tentu saja hanya orang di perkotaan yang akan mempunyai referensi gaya tersebut. Konsep ini selain diaplikasikan pada baju, juga tampak pada bangunan dari sisi interior dan eksteriornya. Kesan urban yang kental dengan kombinasi modernism, tampak terpancar dari bangunan bergaya post modern. 

2. Mengandung Unsur Komunikatif Lokal atau Populer

Selanjutnya ciri arsitektur modern yang bisa kita ketahui adalah menonjolkan unsur komunikatif lokal atau populer. Maksudnya adalah ketika sebuah daerah mempunyai kebudayaan tertentu yang terekspos ke sebuah bangunan, maka unsur tersebut juga dimunculkan pada bangunan post modern. Misalnya saja tanduk yang ada pada atap rumah gadang yang berasal dari Sumatera Barat, jika diaplikasikan pada sebuah hunian post modern maka unsur ini sudah dipastikan muncul sebagai ornamen yang unik.  

3. Bersifat Metafora

Apakah kamu tahu apa itu definisi metafora? Ya, metafora merupakan perumpamaan yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sebuah fenomena atau sesuatu. Misalnya kutu buku, contoh penempatannya pada kalimat adalah “tidak diragukan lagi jika ia menjadi pemenang olimpiade biologi, karena ia adalah kutu buku”. Hal ini berarti seseorang adalah suka membaca buku dan rajin membaca buku. Gaya atau arsitektur post modern pun mempunyai gaya yang bermakna metafora atau penuh dengan filosofi. Misalnya penggunaan warna tertentu pasti mempunyai makna dan arti tertentu. 

4. Desain Bersifat Plural

Arsitektur post modern yang bersifat plural artinya desain ini mempunyai makna yang plural atau majemuk. Artinya konsep dari desain arsitektur post modern ini ramai. Konsep desain yang mempunyai banyak ornamen, warna, aksen dan tekstur pada permukaan bangunan membuat gaya post modern mempunyai tampilan yang berlawanan dengan konsep minimalis. 

5. Memiliki Unsur Desain Eklektik

Unsur desain eklektik maksudnya post modern ini menggunakan unsur-unsur desain yang berkualitas tinggi. Mulai dari bahan baku, cat, dan ornamen lain yang digunakan pada bagian internal atau eksternal bangunan. 

Baca juga: 15 Model Keramik Teras dan Warna yang Menarik

Mengapa Gaya Post Modern Masih Diminati?

Ini Dia 5 Ciri Utama Arsitektur Post Modern
Source : New Home Source

Apakah gaya postmodern disukai oleh semua orang? Tentu tidak, karena setiap orang mempunyai gaya arsitekturnya sendiri-sendiri. Mungkin ada yang suka post-modern arsitektur, ada yang menyukai minimalis, industrialis dan sebagainya. 

Lalu, apa alasan orang menyukai gaya post modern? Alasannya tentu adalah karena mereka suka dengan sesuatu yang mengedepankan kreativitas dan juga keindahan dari sebuah bangunan yang mereka huni. 

Mengaplikasikan gaya bangunan post modern atau arsitektur post modern memerlukan banyak referensi. Pasalnya post modern arsitektur tidak hanya bersumber dari satu insiprasi saja, Pins. 

Baca juga:

Sumber Featured Image: Dekoruma


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Paddingtton Heights dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download