BlogLifestyleTeknologi7 Cara Menjual Foto di Shutterstock Agar Cepat Laku Beserta Syaratnya!
0
0

7 Cara Menjual Foto di Shutterstock Agar Cepat Laku Beserta Syaratnya!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara menjual foto di shutterstocktop-right-banner

Pins memiliki hobi fotografi dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Ternyata kamu bisa menjual hasil jepretan di Shutterstock Lho! Cara menjual foto di Shutterstock juga sangat gampang Pins, meskipun kamu perlu melakukan beberapa pengeditan gambar menggunakan aplikasi edit. Setiap foto yang dijual di Shutterstock harus memiliki kualitas gambar yang baik, kamu bisa memanfaatkan aplikasi di laptop untuk mengeditnya terlebih dahulu.

Hasil jepretan yang sudah diambil juga bisa di edit menggunakan aplikasi edit gambar di HP Pins! Hal ini dilakukan agar kualitas gambar lebih optimal dan dapat dijual di Shutterstock dengan cepat. Selain fotografer profesional, seorang amatir sekalipun bisa melakukan cara jual foto di Shutterstock. Ingin tahu cara jual gambar di Shutterstock dan syaratnya? Berikut selengkapnya!

Baca juga: 15 Aplikasi Pembuat Logo Dengan Fitur Terbaik

Cara Menjual Foto di Shutterstock

Shutterstock adalah platform jual beli gambar yang bisa Pins akses dengan mudah menggunakan browser. Pins bisa mendapatkan uang secara online di situs tersebut. Namun, kamu perlu melakukan cara daftar Shutterstock terlebih dahulu sebelum menjual hasil jepretan. Berikut langkah-langkahnya!

Mendaftar Sebagai Kontributor di Shutterstock

Source : Kibrispdr.org

Untuk bisa menjual hasil jepretan, kamu harus melakukan registrasi sebagai kontributor terlebih dahulu di Shutterstock. Cara upload foto di Shutterstock memang mudah, namun terdapat persyaratan untuk mendaftarnya. Langkah untuk cara mendaftarnya mudah yakni cukup buka situs Shutterstock dan klik menu registrasi. Selanjutnya, kamu harus mengisi formulir yang sudah tersedia dengan benar untuk mendapatkan akun di Shutterstock. Setelah itu, lakukan konfirmasi email yang sudah terdaftar di situs Shutterstock. Jika konfirmasi berhasil, artinya kamu sudah resmi menjadi kontributor.

Melakukan Konfirmasi Akun

Source : CashDeso.id

Setelah mendaftar sebagai kontributor di Shutterstock, sebelum melakukan cara menjual foto di Shutterstock kamu masih harus melakukan konfirmasi akun terlebih dahulu. Biasanya akan ada instruksi dari pihak Shutterstock untuk mengunggah KTP dan password kontributor. Oleh karena itu, sebelum melakukan registrasi pastikan kalau kamu sudah menyiapkan kedua dokumen tersebut. Dengan begitu, kamu tidak perlu kebingungan saat harus mengunggah dokumen pelengkap.

Memiliki Akun Paypal

Source : Business Insider

Situs Shutterstock adalah platform yang dapat diakses oleh semua orang di berbagai negara. Selain cara jual gambar di Shutterstock yang mudah, untuk proses transaksi dari jual beli foto pihak Shutterstock menggunakan Paypal. Itulah mengapa kamu harus memiliki akun Paypal terlebih dahulu sebelum melakukan registrasi.

Melakukan Seleksi Foto di Shutterstock

Source : Shutterstock

Setelah menyelesaikan proses registrasi dan melakukan cara daftar Shutterstock sesuai instruksi, kamu bisa langsung menjual foto di Shutterstock. Caranya cukup mengupload foto hasil jepretan yang menurut kamu memiliki kualitas bagus. Pastikan foto tersebut merupakan hasil karya sendiri, tidak mengandung unsur brand,dan watermark.

Lakukan Proses Editing Pada Gambar

Source : Newborn Posing

Meskipun pihak Shutterstock tidak secara gamblang menyebutkan bahwa setiap foto yang di upload harus melewati proses editing, kamu tetap perlu melakukannya Pins! Pasalnya, penjualan foto di platform ini akan melalui proses review yang ketat, maka setiap hasil jepretan Pins perlu setidaknya di edit agar terlihat lebih berkualitas. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit gambar di laptop gratis untuk melakukannya.

Baca juga: 11 Cara Edit Video di Laptop Dengan Atau Tanpa Aplikasi Tambahan

Source : Photography Talk

Setelah foto diupload, kamu harus menunggu review dan penilaian dari pihak Shutterstock terhadap foto tersebut. Foto akan langsung dimasukkan ke website Shutterstock jika telah lulus seleksi, sementara yang gagal akan dipending terlebih dahulu. Menariknya, Shutterstock akan memberi saran perbaikan atau review atas hasil foto yang kamu upload. Hal ini tentu perlu diapresiasi karena kamu bisa menjadikannya sebagai bekal dan pengetahuan untuk karya-karya yang lain.

Shutterstock akan Mengirimkan Keterangan Pendapatan

Source : Wallet Squirrel

Setiap foto yang berhasil lolos seleksi, maka otomatis akan langsung dibeli oleh pihak Shutterstock. Setelah itu, akan ada pemberitahuan keterangan pendapatan dari total foto yang dibeli. Untuk bisa menikmati uang dari hasil jual foto di shutterstock, pastikan saldo Paypal kamu mencapai 200 dolar. Hal ini dikarenakan, minimal penarikan pada Paypal adalah 200 dolar. Itupun kamu harus melakukan penarikan saldo dari akun Paypal ke rekening bank terlebih dahulu.

Syarat Menjual Foto di Shutterstock

Source : Shutterstock

Di Shutterstock, siapapun bisa menjadi kontributor dan menjual hasil karyanya, sebagai aplikasi penghasil uang online dengan penjualan gambar. Namun, kamu harus memenuhi beberapa syarat dan kriteria jika ingin melakukan cara menjual foto di Shutterstock. Berikut persyaratan selengkapnya!

Resolusi dan Jenis File Sesuai Ketentuan

Salah satu syarat untuk jual foto di situs Shutterstock yaitu harus memiliki resolusi dan jenis file sesuai ketentuan. Foto yang diupload harus memiliki resolusi 4 megapixel untuk jenis file foto dengan format jpeg, vektor, dan format eps.

Foto Harus Memiliki Kualitas Gambar yang Baik

Di Shutterstock kamu bisa upload semua jenis foto, sekalipun itu dari kamera handphone. Namun, untuk bisa lolos dari proses seleksi dan review, pastikan foto yang diupload memiliki kualitas yang baik. Seperti pencahayaan, fokus, dan noise yang baik.

Foto Tidak Mengandung Unsur SARA

Unsur SARA merupakan peringatan keras bahwa foto yang ingin dijual tidak boleh mengandung unsur tersebut. Jika ternyata foto yang kamu upload mengandung unsur SARA, maka foto akan langsung ditolak bahkan diblokir tanpa ada review. Sayangnya lagi, kamu bahkan bisa terblokir karena sudah melanggar aturan.

Apa yang Harus Dilakukan jika Foto Ditolak?

Source : Anna Moritz

Pins tidak perlu berkecil hati ketika foto yang telah diupload ke Shutterstock tidak berhasil diterima. Sebelum kamu melakukan cara menjual foto di Shutterstock, seperti yang telah disebutkan sebelumnya kamu perlu melakukan pengeditan. Proses pengeditan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penolakan review oleh platform tersebut.

Terdapat banyak sekali platform untuk pengeditan foto seperti Adobe Photohop, Ilustrator, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu mengikuti persyaratan dari Shutterstock sebagai bahan acuan pengeditan. Jika semua syarat telah dilakukan, dijamin foto tersebut akan diterima kembali oleh Shutterstock.

Itulah beberapa cara menjual foto di Shutterstock berikut dengan persyaratannya. Usahakan untuk mengupload gambar dengan kualitas yang baik dan sesuai syarat yang ditentukan ya Pins. Selamat mencoba!

Baca juga: 20 Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi

Featured image source: Digital Photography Review


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Bumi Eka Srijaya Bekasi dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download