BlogPemilik PropertiFinansialKenali Apa Itu NFT Art! Alternatif Penghasil Uang yang Unik
0
0

Kenali Apa Itu NFT Art! Alternatif Penghasil Uang yang Unik

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dewasa ini, dunia diperkenalkan dengan instrumen bisnis baru yaitu NFT. Pada dasarnya, NFT merupakan kependekan dari non-fungible token dan saat ini menjadi media yang dimanfaatkan oleh para seniman dan kolektor seni untuk memasarkan dan membeli karya-karya seni berbasis digital.

Oleh karena kemudahan inilah yang membuat banyak seniman dan penikmat seni yang sangat tertarik untuk menggunakan NFT sebagai media berbisnis. Ada beberapa karya yang bahkan berhasil terjual dengan harga yang mencapai triliunan rupiah.

Baca juga:

Apa itu NFT Crypto Art?

Apa itu NFT art
Source : The Conversation

Seperti yang sudah diketahui, NFT art atau Non-Fungible Token, merupakan sebuah aset karya seni dari para seniman yang berbasis digital. Karya-karya yang ada pun beragam seperti karya pixel, gambar-gambar, dan lain sebagainya.

Apa perbedaannya dengan crypto? Meskipun mirip, NFT dan crypto memiliki sedikit perbedaan. NFT sendiri tidak memiliki nilai tukar sehingga hanya terbatas 1 pengguna yang bisa memiliki aset tersebut, dalam konteks ini karya seni digital.

Aset yang sering dipasarkan di NFT semua berbasis digital, seperti karakter dalam sebuah permainan atau game, gambar digital, dan karya seni. Pemilik dari aset ini akan tercatat dalam jaringan yang disebut sebagai blockchain. Hal ini bertujuan untuk mencetak token yang digunakan.

Perbedaan NFT dan Crypto, Serupa Tapi Tak Sama

Sebenarnya, NFT merupakan turunan dari mata uang cryptocurrency. Meskipun begitu, NFT dan crypto memiliki fungsi, tujuan, bentuk, serta cara penggunaan yang sangat berbeda.

Jika kamu sering menggunakan crypto, maka tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bitcoin. Hal ini dikarenakan bitcoin merupakan aset dari crypto itu sendiri dan memiliki nilai tukar yang bisa diperdagangkan layaknya uang fisik. 

Contohnya adalah, jika terdapat uang senilai Rp20.000, maka nilai tukanya pun tentu akan sama yaitu Rp20.000. Begitupun dengan bitcoin.

Perbedaannya dengan NFT terletak pada aset. NFT aset-asetnya tidak memiliki nilai tukar yang sama dikarenakan masing-masing aset memiliki tanda tangan digital sehingga hal ini tidak memungkinkan untuk terjadinya pertukaran. Sehingga bisa disimpulkan bahwa satu klip NFT belum tentu memiliki nilai yang sama dengan 1 klip NFT lain.

Baca juga: Cara Mengatasi Verifikasi Tokocrypto Gagal

Kegunaan dari NFT

Apa itu NFT art
Source : Bloomberg

Setelah memahami apa itu NFT art, kini saatnya untuk mengetahui berbagai kegunaan NFT. Beberapa diantaranya antara lain:

NFT di Industri Karya Seni

Seperti yang sudah diketahui, NFT merupakan salah satu metode modern bagi para seniman untuk memasarkan karyanya dalam harga yang tinggi. Tentu hal ini sangat menarik perhatian para seniman. Selain bisa mendapatkan penghasilan lebih, muncul rasa diapresiasi yang tinggi oleh para kolektor terhadap penciptanya.

NFT dan blockchain dapat memberikan jaminan kepada seniman beserta karya-karya yang telah dibuat. Hal ini bisa terjadi karena lewat NFT, seniman akan terbantu dan terhindar dari berbagai ancaman seperti pencurian karya dan plagiasi.

Lewat NFT ini, terdapat sistem smart contract yang dapat memungkinkan seniman untuk menetapkan berapa jumlah royalti yang bisa didapat setiap kali karyanya berpindah tangan.

NFT di Industri Bisnis

Tidak hanya dalam dunia karya seni, NFT juga sering dimanfaatkan dalam industri bisnis. Beberapa penerapannya antara lain:

  • Dalam industri keanggotaan dan tiket, NFT digunakan untuk meminimalisir adanya jasa calo dan penipuan yang sering dialami masyarakat ketika membeli sebuah tiket. Hal ini bisa terjadi dengan adanya sistem verifikasi yang tidak dapat diubah. Dengan begitu, pemilik tiket tidak perlu takut akan adanya pengubahan nama, identitas, atau pencurian.
  • Sering juga dijumpai dalam industri mode dan olahraga, NFT dijumpai dalam bentuk game olahraga yang dikembangkan dengan menggunakan sistem NFT. Selain itu, dapat juga dijumpai dalam beberapa merek sepatu.
  • NFT juga dapat digunakan pada surat-surat penting pribadi, seperti sertifikat properti, aset, serta lisensi. Jika surat-surat ini disimpan dalam jaringan blockchain, maka keamanannya akan sangat terjamin dengan adanya fitur verifikasi yang cepat.

NFT di Industri Hiburan

Penerapan NFT juga banyak ditemukan pada dunia hobi dan hiburan seperti barang koleksi, game, dan lain sebagainya.

NFT membuka sebuah peluang baru untuk menciptakan ekosistem pasar barang-barang yang dapat dikoleksi (collectibles). Selain itu, terdapat juga permainan yang berbasis NFT seperti CryptoKitties dan Axie Infinity.

Sistem permainan NFT akan membuat masyarakat lebih tertarik oleh karena adanya sebuah sistem yang interaktif dan menghibur. Token yang didapat bisa digunakan untuk transaksi NFT lainnya.

Baca juga: Ini Letak Perbedaan Reksadana dan Saham Untuk Investasi

Bagaimana Cara Membeli dan Menjual NFT?

Apa itu NFT art
Source : PYMNTS

Setelah mengetahui  terkait kegunaan dan apa itu NFT, sekarang Pinhome akan membahas terkait bagaimana cara membeli atau menjual NFT. Membeli NFT sebenarnya sangat mudah seperti membeli sebuah produk secara online. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu diperhatikan:

Tentukan Tempat Membeli NFT

Pastikan ketika kamu akan membeli NFT, tentukan terlebih dahulu akan membeli dimana. Terdapat beberapa tempat khusus yang biasa digunakan oleh para seniman untuk memasarkan karya-karyanya seperti OpenSea, Rarible, Viv3, Axie Marketplace, dan lain sebagainya.

Miliki Cryptowallet

Kamu harus memiliki mata uang digital yang disimpan dalam crypto wallet.

Penjualan dari NFT art atau crypto memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Misalnya pada Rarible, Mintable, atau OpenSea, kamu memerlukan ether dikarenakan jaringan blockchain yang terbuat dari ethereum.

Nah, itulah sedikit penjelasan terkait apa itu NFT crypto art. Semoga bisa membantu kamu untuk memberikan sedikit edukasi terkait NFT dan bagaimana cara mendapatkannya. 

Baca juga: Ketahui Istilah-Istilah dalam Saham untuk Investor Pemula Sebelum Investasi


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Mutiara Gading 2 Extension dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download