Cara Mudah Mengatasi WiFi No Internet Access di Windows

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 19 June 2022 ∙ 8 menit membaca

Untuk terhubung ke jaringan internet kita harus terhubung (online) melalui beberapa cara salah satunya melalui koneksi WiFi. Cara mudah mengkoneksikan PC atau laptop dengan WiFi tersebut bisa melalui kabel LAN ataupun melalui jaringan wireless yang sudah dibuat.

Nah, ketika kita menyambungkan perangkat ke jaringan WiFi, seharusnya internet dapat kita pakai secara langsung jika seluruh pengaturannya sudah benar. Meskipun begitu, terkadang kita malah mendapati masalah tertentu ketika menyambungkan ke jaringan WiFi, salah satunya adalah muncul pesan “no internet access”.

Berbeda dengan WiFi tidak bisa connect, no internet access ini merupakan kondisi di mana WiFi sebenarnya terhubung, tapi koneksi atau akses internetnya tidak dapat digunakan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Cara untuk mengatasi no internet access bisa kamu dapatkan pada ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi No Internet Access

Bagi saya masalah ini sudah biasa terjadi, karena pada darnya setiap hari saya mengakses jaringan WiFi, sehingga pesan “no internet access” ini pun sering saya jumpai. Biasanya hal ini muncul di waktu-waktu tertentu, terutama di jam-jam ramai.

Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi no internet access ini, dan semua cara mengatasinya sudah kami bahas dengan rinci di bawah ini.

Hidupkan Ulang Router

Kita coba dengan yang paling mudah dulu, yakni dengan mematikan dan menghidupkan ulang router. Hal ini didasarkan pada bug yang kadang memang ada pada sistem router dan bisanya hal ini bisa diatasi hanya dengan menghidupkan ulang router.

Router pada dasarnya mirip seperti komputer mini yang memiliki prosesor dan memori yang lebih terbatas. Bug ini juga bisanya muncul ketika penggunaan CPU dan memory pada router telah mencapai batas maksimum. Nah, coba kamu cabut adaptor lalu diamkan sekitar 1 menit lalu silakan colokkan kembali adaptor tersebut.

Reboot Router

Cara yang satu ini juga masih seputar router, yang mana kalau cara pertama akan merefresh processor tapi kalau cara yang kedua ini adalah merefresh sistem pada router. Ketika sistem router di-reboot maka sistem akan melakukan reconnect dengan jaringan dari ISP, sehingga jika terdapat masalah sistem maka akan mudah teratasi.

Berikut cara melakukannya:

  1. Buka halaman admin WiFi melalui link yang dari router yang kamu pakai. Nah, untuk mengetahuinya kamu bisa melihat informasi yang tertera pada bawah router atau dengan browsing halaman admin dari merk router kamu.
  2. Jika sudah masuk ke halaman admin router, silakan kamu buka menu Settings disana.
  3. Kemudian masuk ke pengaturan Device (sesuaikan saja dengan tampilan router kamu).
  4. Setelah itu, silakan cari opsi reboot router di sana.
  5. Kalau sudah ketemu, tinggal klik opsi tersebut.
  6. Selesai.

[adinserter block=”4″]

Atur Ulang IP Address dan DNS Kamu

Biasanya kebanyakan WiFi sudah memakai DHCP sehingga tiap perangkat terhubung akan mendapatkan IP Address secara otomatis, dan pada DNS berlaku hal yang sama yakni akan secara otomatis terisi. Namun, bila kamu mengatur IP dan DNS tersebut secara manual kadang dapat menjadi munculnya masalah tertentu.

Salah satunya adalah dapat menjadi penyebab mengapa internet di komputer atau laptop yang sudah terhubung ke WiFi memiliki keterangan “no internet access”. Untuk mengatasinya kamu bisa memperbaiki hal ini dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan masuk ke menu pencarian Windows kemudian ketik dan buka Control Panel.
  2. Setelah masuk ke menu utama Control Panel, silakan pilih Network and Internet.
  3. Kemudian, klik Network and Sharing Center lalu masuklah ke menu Change Adapter Settings.
  4. Selanjutnya, klik kanan pada Wireless Connection kemudian pilih Properties.
  5. Jika sudah, pada tab Networking silakan kamu klik dua kali di bagian Internet Protocol Version 4.
  6. Langkah selanjutnya, pilih Obtain an IP Address Automatically.
  7. Apabila tidak ingin mengisi manual, kamu bisa mencoba klik pada opsi Use the following DNS Server Address, lalu isi DNS seperti di bawah ini.
  8. Jika sudah, tinggal klik OK.
  9. Selesai.

Restart Service

Pada Windows biasanya setiap device yang terhubung akan terdeteksi dan tersimpan di aplikasi Service. Nah, aplikasi ini juga berjalan di latar belakang karena memliliki banyak fungsi penting, salah satunya adalah fungsi mengontrol koneksi internet Windows.

Terkait hal tersebut, terdapat satu pengaturan di mana kita bisa me-restart service WiFi yang memiliki keterangan no internet access. Cara ini cukup efektif dan bahkan bisa dilakukan di semua versi Windows.

Berikut ini langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, silakan tekan tombol kombinasi Windows + R untuk membuka jendela Run.
  2. Setelah terbuka, silakan kamu ketik services.msc pada bagian Open.
  3. Jika sudah silakan klik OK atau tekan Enter.
  4. Setelah kamu masuk ke menu Service Windows, silakan scroll ke bawah dan cari DHCP Client dan DNS Client.
  5. Setelah ketemu, silakan klik kanan pada opsi tersebut, lalu pilih restart.
  6. Selesai. Selanjutnya jangan lupa untuk mencoba menyambungkan kembali WiFi kamu.

Hidupkan Ulang Adapter

Menghidupkan ulang adapter WiFi di laptop ataupun komputer memang tekesan sangat remeh. Namun, siapa sangka ternyata cara ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah koneksi internet yang masih dalam tahapan ringan.

[adinserter block=”5″]

Nah, karena itulah tidak ada salahnya kan kita mencoba menghidupkan ulang adapter untuk memperbaiki masalah no internet access pada WiFi.

Berikut caranya:

  1. Pertama, silakan masuk ke menu pencarian Windows kemudian ketik dan buka Control Panel.
  2. Setelah masuk ke menu utama Control Panel, silakan pilih Network and Internet.
  3. Langkah selanjutnya, silakan klik Network and Sharing Center.
  4. Kemudian masuklah ke menu Change Adapter Settings.
  5. Jika sudah, silakan pilih koneksi WiFi yang mengalami masalah no internet access, klik kanan kemudian pilih opsi Disable This Network Device.
  6. Setelah mematikan adapter, silakan kamu hidupkan kembali dengan cara klik Enable This Network Device.
  7. Selesai. Cobalah untuk mengoneksikan WiFi kamu kembali, kemudian cek apakah masih muncul pesan no internet access atau tidak.

Reset IP di Command Prompt

Command Prompt memang sudah terkenal menjadi salah satu aplikasi di Windows yang banyak dipakai untuk memperbaiki berbagai macam error yang terdapat pada komputer atau laptop Windows. Nah, salah satunya adalah bisa digunakan untuk mengatasi no internet access dengan mereset IP di CMD.

Caranya seperti berikut:

  1. Pertama, silakan tekan tombol kombinasi Windows + R untuk membuka jendela Run
  2. Setelah itu silakan kamu ketik CMD lalu tekan Enter.
  3. Setelah berhasil masuk ke halaman utama Command Prompt, silakan kamu input perintah ipconfig /flushdns lalu tekan Enter.
  4. Masukkan perintah lagi nbtstat -R > Enter, nbtstat -RR > Enter, netsh int ip reset c:resetlog.txt > Enter lagi, netshwinsock reset > Enter.
  5. Setelah selesai memasukkan semua perintah di atas, kamu tinggal memulai ulang komputer atau laptop lalu mencoba mengoneksikan kembali WiFi kamu.

[adinserter block=”5″]

Cek Koneksi di CMD

Saat WiFi sudah disambungkan, seharusnya internet bisa langsung berjalan. Apalagi Jika kamu sudah mencoba semua cara di atas namun kondisi internet di perangkat kamu belum kunjung normal, maka kemungkinan ada masalah pada penyedia layanan ataupun gangguan pada jaringan.

Karena hal tersebutlah kamu harus memastikan juga apakah jaringan benar-benar sudah terhubung ke internet atau belum.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, silahkan buka Command Prompt di perangkat kamu. Caranya sama dengan metode sebelumnya.
  2. Setelah masuk ke CMD, silakan input perintah ping google.com -t lalu Enter.
  3. Jika sudah, silakan kamu cek hasil yang muncul.
  4. Apablia tampilannya seperti gambar di bawah, berarti koneksi kamu normal.
  5. Namun, bila terdapat keterangan Request Time Out, berati koneksi internet bermasalah, dan masalahnya kemungkinan besar pada penyedia layanan internet, entah karena sedang down atau sedang maintenance.

Restore Pengaturan Router

Apabila kamu sudah mengecek koneksi kamu menggunakan Command Prompt, dan hasilnya koneksi kamu normal, maka kemungkinan ada kesalahan konfigurasi pada router. Berdasarkan pengalaman, hal ini sangatlah jarang terjadi pada kebanyakan router.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga kalau masalah internet no access tersebut penyebabnya adalah pada kesalah konfigurasi router. Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan restore pengaturan router ke pengaturan sebelumnya.

Hal ini, bisa kamu lakukan sendiri apabila kamu memiliki cadangan pengaturan konfigurasi router yang telah kamu simpan. Tetapi jika tidak punya, kamu bisa mencoba menggunakan Factory Restore untuk mengembalikan pengaturan ke nilai defaultnya.

Selanjutnya, apabila kamu tidak bisa melakukan keduanya sebaiknya kamu keluhkan masalah tersebut ke penyedia layanan atau teknisi WiFi. Agar masalah internet no acces yang dikarenakan masalah pada router bisa segera teratasi.

Mengapa harus ke teknisi? Ya, karena kebanyakan router memiliki settingan khusus yang hanya diketahui oleh penyedia layanan, sehingga bila terjadi kesalahan konfigurasi maka yang bisa memperbaikinya adalah penyedia layanan.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kita mengenai cara mengatasi WiFi no internet access di Windows. Semua metode atau tips yang kami ketahui sudah dibahas dengan tuntas pada ulasan di atas. Jadi pastikan kamu telah membaca dan mencoba semua cara di atas untuk mengatasi no internet access.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu mengatasi masalah koneksi. Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia