BlogPemilik PropertiDesain HunianPenting! Inilah Ukuran Keramik Kamar Mandi yang Biasa Dipakai
0
0

Penting! Inilah Ukuran Keramik Kamar Mandi yang Biasa Dipakai

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
ukuran keramik kamar manditop-right-banner

Ketika sedang merencanakan renovasi atau membangun kamar mandi, Pins harus memperhatikan berbagai macam aspek, termasuk pemilihan keramik. Selain mempertimbangkan warna dan motif, kamu juga harus tahu ukuran keramik kamar mandi yang tepat.

Jika memilih ukuran yang benar, maka kamar mandimu akan memiliki desain dan estetika yang harmonis. Apapun jenis keramik yang dipilih, baik itu keramik standar, granit, marmer, hingga mozaik, Pins harus tahu apa ukuran yang tepat.  Ukuran juga menentukan harga keramik nantinya. Jangan sampai, ukuran yang salah jadi kurang atau kelebihan sehingga perhitungan budget ikut berubah. 

Ukuran keramik kamar mandi yang pas akan membuat kamar mandi kamu semakin indah dan nyaman. Layaknya kamar mandi yang ada di perumahan Intan Residence atau di Panorama Bali Residence. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Ukuran Keramik yang Cocok untuk Kamar Mandi

Sebelum memasang keramik untuk kamar mandi kamu, tentunya kamu harus mengetahui ukuran keramik yang cocok untuk kamar mandinya. Dimensi keramik dinding untuk ruang mandi umumnya menunjukkan ragam, mulai dari 20×20, 25×40, 30×60, dan sebagainya. Sebelum Pins menetapkan pilihan pada ukuran keramik tertentu, penting untuk memahami ukuran kamar mandi agar sesuai dengan desain yang diinginkan.

Sekaligus anggaran yang telah disiapkan untuk akuisisi keramik ini. Selain aspek dimensi, variasi lainnya seperti jenis, motif, warna, dan bentuk juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih keramik dinding untuk ruang mandi.

Baca juga: 12 Ide Warna Keramik Kamar Mandi yang Bagus

1. Ukuran Keramik 25×40

ukuran keramik kamar mandi
Source : Tokopedia

Ukuran keramik 25 x 40 sangat sesuai untuk kamar mandi yang luas, memberikan pilihan desain seperti bentuk diagonal, hexagonal, dan lainnya. Namun, umumnya, untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas, disarankan memilih keramik persegi pada ukuran tersebut. Pilihan motif dan bentuk dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi untuk menciptakan nuansa kamar mandi yang elegan dan berkesan.

Baca juga: 10 Keramik Kamar Mandi Warna Cerah yang Tidak Norak  

2. Ukuran Keramik Kamar Mandi 25×50

ukuran keramik kamar mandi
Source : BJHome

Ukuran keramik 25 x 50 menunjukkan dimensi yang lebih besar daripada yang telah dijelaskan sebelumnya. Ini akan membuatnya sangat sesuai untuk kamar mandi yang memiliki ruang luas. Pemasangan keramik ini pada dinding kamar mandi akan memberikan sentuhan kemewahan yang luar biasa. 

Keunggulan dari ukuran ini tidak hanya terletak pada dimensinya yang besar. Tetapi juga pada ketersediaan beragam motif dan warna yang dapat menghadirkan nuansa elegan dalam ruang mandi Pins. 

Dengan variasi yang luas ini, Pins dapat menciptakan desain kamar mandi yang sesuai dengan preferensi. Terutama jika Pins mendambakan sentuhan hangat dalam warna yang dipilih. Ukuran ini sering menjadi pilihan utama untuk menciptakan desain kamar mandi yang berkesan.

Baca juga: 8 Ukuran Kamar Mandi Minimalis yang Pas

3. Ukuran 30×60

ukuran keramik kamar mandi
Source : Tokopedia

Dimensi ini sangat sesuai untuk kamar mandi yang memiliki luas total keliling yang signifikan. Ideal digunakan dengan lantai keramik bermotif marmer atau granit, memberikan sentuhan modern dan elegan pada dinding kamar mandi. Meski demikian, perlu diakui bahwa opsi ini mungkin memerlukan anggaran yang lebih besar dibandingkan dengan pilihan keramik polos atau standar. 

Meskipun harganya lebih tinggi, namun keberanian untuk menghadirkan nuansa mewah dan kontemporer pada kamar mandi melalui pilihan ini patut dipertimbangkan. Dengan begitu, ruangan tersebut akan menjadi perpaduan harmonis antara fungsi praktis dan estetika yang mengagumkan.

4. Ukuran Keramik 20×25

Source : Tokopedia

Keramik kecil ini memiliki dimensi yang pas dan sangat sesuai untuk dipasang di dinding kamar mandi berukuran kecil atau minimalis. Standar ukuran ini umum digunakan di berbagai kamar mandi di Indonesia. Keberhasilan penggunaan keramik ini dapat diatributkan pada harganya yang terjangkau serta ragam motif dan warna yang tersedia dalam koleksinya yang sangat lengkap. 

Selain itu, ukuran kecil dari keramik ini dapat memberikan sentuhan estetik dan daya tarik visual yang lebih pada dinding kamar mandi Pins. Penggunaan keramik sebagai lapisan dinding kamar mandi memang lebih unggul dibandingkan dengan sekadar menggunakan warna cat saja.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Kamar Mandi

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Kamar Mandi
Source : The Family Handyman

Setelah mengetahui ukuran kamar mandi yang tepat, selanjutnya Pins bisa mencari bagaimana cara menghitung kebutuhan keramik. Dengan menghitung kebutuhan keramik, maka perhitungan budget dalam merenovasi kamar mandi juga lebih tepat. 

Pins dapat menghindari overbudget saat hendak melakukan renovasi kamar mandi. Sederhananya, Pins dapat menghitung asumsi rata-rata 1 dus keramik berisi 1 m2, berisi kurang lebih 25 buah keramik. 

Asumsikan kamar mandi berukuran 1,5 x 2 meter. Area lantai memakai keramik berukuran 20×20 cm, sementara dinding 20×25 cm. Pins membutuhkan lis keramik 20×10 cm. Perhitungkan juga keran air, drain lantai, kloset, dan area pintu (ukuran 72 cm x 220 cm). 

Baca juga:

1. Kebutuhan Keramik Lantai Kamar Mandi

Dengan keterangan tersebut, berikut kebutuhan keramik untuk lantai:

  • Ukuran lantai panjang: 1,5 x 2 m
  • Luas pasang keramik: 3 m2.
  • Faktor keamanan: 3% x 3 m2: 0,09 m2
  • Total kebutuhan untuk area lantai kamar mandi adalah 3 m2 atau setara 3 dus keramik ukuran 20 x 20 cm

2. Kebutuhan Keramik Dinding Kamar Mandi

Untuk mengetahui kebutuhan keramik untuk dinding kamar mandi, Pins perlu mengetahui terlebih dulu jumlah keliling dinding yang akan dipasang keramik. Lalu Pins dapat mengalikan dengan tinggi pemasangan.

Jika asumsi ingin memasang keramik full di dinding kamar mandi, berikut ini perhitungan:

Keliling dinding yang akan dipasang keramik: 

  • Jumlah keliling dinding yang dipasang keramik: 1,5 + 1,5 + 2 + 0,78 = 5,78 m. Angka 0,78 diperoleh dari panjang dinding 1,5 m dikurangi lebar pintu 0,72 m.
  • Asumsikan keramik dinding ukuran 20 x 25 cm yang dipasang dengan tinggi 2 m. 
  • Luas pasangan keramik: 5,78 m x 2 m = 11,56 m2.
  • Faktor keamanan 3%:  3/100 x 11,56 m2 = 0,3468 m2.
  • Total kebutuhan keramik untuk area dinding adalah 11,56 m2 + 0,3468 m2 = 11,2 m2 atau setara dengan 12 dus keramik berukuran 20 x 25 cm.

Nah itulah informasi mengenai ukuran keramik kamar mandi yang dapat disampaikan. Keramik kamar mandi untuk dinding dan lantai memiliki ukuran yang berbeda sehingga Pins harus memilih ukuran yang tepat sehingga tampak selaras. 

Jika Pins memakai keramik kamar mandi dengan ukuran yang tepat maka dapat menghindari pemborosan karena berkurangnya kemungkinan bagian yang terpotong dan terbuang. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memutuskan memilih ukuran yang tepat untuk kamar mandimu, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.H

anya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download