Pinhome

Cara Menambahkan VRAM di Laptop atau Komputer Windows

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 11 May 2022 ∙ 8 menit membaca

Terkadang kebanyakan orang tidak menyadari kalau ternyata ada satu elemen penting pada laptop atau komputer yakni VRAM yang sering kali kita remehkan, dan bahkan sebagian orang tidak mengetahui apa jenis elemen VRAM tersebut dan fungsinya untuk apa.

VRAM merupakan kepanjangan dari Video Random Access Memory yang fungsinya untuk menyimpan data yang berasal dari unit pemrosesan grafis atau GPU. Hal ini sedikit berbeda dengan RAM biasa, yang mana RAM memproses data atau menyimpan data dari CPU atau Central Processing Unit, bukan dari GPU.

VRAM biasanya banyak dipakai oleh para gamers atau orang yang hobinya main game, karena VRAM menjadi komponen utama yang terkandung didalam video card dan berfungsi untuk merender gambar ke monitor. VRAM juga sangat membantu dalam menjernihkan kualitas grafis di laptop atau komputer.

Jenis-jenis VRAM

Seperti yang sudah saya singgung di awal, bahwa kebanyakan orang masih belum mengetahui jenis-jenis VRAM dan fungsi dari masing-masing jenis VRAM dalam lingkup penggunaan video card. Nah, untuk mengetahuinya berikut kami paparkan 4 jenis VRAM dan fugsinya:

  1. SGRAM (Synchronous Graphics RAM) yang memiliki fungsi memodifikasi data yang diterima dengan clock yang sudah tersinkronisasi dengan kecepatan clock CPU.
  2. MDRAM (Multibank Dynamic RAM) dengan fungsi untuk membagikan data kualitas tinggi kepada beberapa bagian menjadi 32KB, dan bisa diakses secara terpisah.
  3. RDRAM (Rambus Dynamic RAM) berfungsi untuk mempercepat arus data antara VRAM dengan frame butter dengan bus khusu yang dimilikinya.
  4. WRAM (Window RAM) memiliki fungsi menambah performa dengan menaikkan bandwith sekitar 25% lebih besar dibandingkan VRAM biasa.

Cara Menambahkan VRAM

Setelah kamu mengetahui apa itu VRAM, jenis VRAM dan fungsinya pasti kamu tertarik juga untuk menambahkan VRAM pada laptop atau komputer kamu. Nah, untuk melakukannya kami akan memberikan panduannya pada ulasan di bawah ini.

Jadi, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai!

Lakukan Upgrade RAM

Ternyata dengan menambah kapasitas RAM laptop atau komputer, maka VRAM juga akan meningkat, lho. Karena pada dasarnya memori VGA atau VRAM tersebut akan melakukan shared atau mengambil dari RAM, dan juga pengaturan ini sudah disetting otomatis dari sistem berdasarkan kapasitas RAM.

Semakin tinggi kapasitas RAM di perangkat kamu, maka akan semakin tinggi juga kapasitas VRAM dari hasil shared RAM. Salah satu jenis laptop dengan tipe video card onboard (menyatu dengan processor / motherboard) akan lebih mudah untuk menambah kapasitas VRAM dengan cara upgrade RAM.

Saya contohkan penambahan RAM sebagai berikut:

Kapasitas RAMKapasitas VRAM
2 GB256 MB
4 GB512 MB
8 GB1024 MB
16 GB2048 MB

Hal di atas berlaku kelipatan seterusnya, jadi semakin tinggi kapasitas RAM maka VRAM juga akan mengikutinya, terlebih lagi jika PC kamu mempunyai 2 port RAM, pasti akan lebih baik jika kamu gunakan keduanya.

[adinserter block=”4″]

Mengatur Registry VRAM Windows

File Registry di Windows biasanya mempunyai pengaturan sistem default-nya, sehingga hal ini memungkinkan kamu untuk mengubah pengaturan tersebut. Hal ini juga berlaku pada VRAM, karena VRAM juga terdapat setting bawaannya pada sistem.

Nah, oleh karena itu, kamu bisa mengatur VRAM tersebut untuk melakukan penambahan kapasitas dengan menggunakan ragistry Windows.

Untuk melakukannya silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, ketikkan Regedit lalu klik OK.
  3. Jika sudah, maka kamu akan dibawa ke Registry Editor, pada menu ini silakan masuk ke  HKEY_LOCAL_MACHINE dengan cara klik tanda panah di samping folder.
  4. Selanjutnya, silakan masuk ke SOFTWARE lalu scroll ke bawah dan temukan folder video card yang kamu pakai. Setelah itu silakan kamu masuk ke folder video card tersebut.
  5. Kemudian arahkan kursor ke bagian kanan folder lalu klik kanan dan pilih New kemudian pilih Key. Jika sudah, silakan buat file tersebut dengan nama GMM.
  6. Setelah itu pada folder GMM tersebut, silakan klik kanan pilih New kemudian pilih DWORD (32-bit) Value. Selanjutnya beri nama dengan DedicatedSegmentSize.
  7. Pada bagian ini silakan kamu edit DedicatedSegmentSize dengan value sesuai VRAM yang akan kamu tambahkan. Contohnya kamu ingin VRAM 1GB, maka value harus kamu ubah jadi 1024.
  8. Jika sudah selesai, silakan klik OK kemudian restart komputer atau laptop kamu untuk menerapkan pengaturan tersebut.

Memakai Setting Page Size

Buat yang belum tahu bahwa Page Size di laptop ataupun komputer ternyata secara tidak langsung juga berfungsi untuk menambahkan kapasitas RAM dengan menggunakan hard disk atau memori storage sejenisnya. Jadi, dengan cara melakukan setting Page Size ini kamu juga dapat menambahkan kapasitas memori Video Card, lho.

Nah, berikut cara untuk melakukannya:

  1. Pertama, silakan masuk ke menu pencarian Windows lalu ketikkan This PC.
  2. Jika sudah, silakan pilih Properties.
  3. Setelah itu, kamu akan dibawa ke jendela Settings, pada bagian ini silakan pilih Advanced System Settings.
  4. Selanjutnya pilih tab Advance lalu klik Settings pada kolom performance.
  5. Jika sudah, silakan buka pengaturan Page Size lalu hapus centang pada opsi Automatically manage paging file size for all drives.
  6. Selanjutnya kamu bisa mengatur Page Size sesuai dengan kebutuhan kamu.
  7. Jika sudah, silakan klik Apply dan simpan hasilnya.

[adinserter block=”5″]

Menggunakan AMD Graphic Overdrive

Buat para pengguna AMD kamu perlu tahu bahwa processor ini ternyata mempunyai keunggulan dan kelebihan tersendiri dalam hal grafis. Karena hal itulah, AMD memberikan fitur tambahan untuk mendukung penggunanya untuk dapat menikmati performa ekstra pada GPU Radeon.

Fitur tersebut bernama AMD Graphic Overdrive. Nah, untuk menggunakannya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Untuk pengguna AMD, silakan klik kanan pada home dekstop kemudian pilih AMD Catalyst Control Center pada jendela kecil yang muncul.
  2. Setelah itu, kamu akan masuk ke jendela AMD Catalyst, pada bagian ini silakan pilih Performance lalu klik pada AMD OverDrive.
  3. Silakan setujui lisensinya dengan klik Accept kemudian tunggulah sampai menu OverDrive muncul.
  4. Jika sudah, silakan klik pada Configure Graphic OverDrive lalu centang opsi Enable Graphic OverDrive.
  5. Setelah itu akan muncul 3 opsi yang bisa kamu ganti di Graphic OverDrive yakni, High Performance GPU Clock Setting, High Performance Memory Clock Settings, dan Enable Manual Fan Control.
  6. Pada bagian ini silakan kamu pilih opsi High Performance Memory Clock Settings dengan cara geser slider tersebut. Menu ini berfungsi untuk menambahkan VRAM dan meningkatka performa VRAM.
  7. Untuk melihat clock maksimal PC atau laptop kamu sebaiknya lakukan percobaan terlebih dahulu dengan cara, menambahkan interval memory clock sebanyak 100 Mhz lalu coba jalankan program sebagai bahan percobaan.
  8. Apabila terjadi error atau crash, silakan coba turunkan interval memory clock hingga kamu menemukan clock maksimal di perangkat yang kamu gunakan.
  9. Jangan lupa juga untuk menambahkan performa GPU.
  10. Jika sudah, silakan klik Apply untuk menerapkan pengaturan tersebut.
  11. Selesai.

Memakai 3D Analyzer

3D Analyzer merupakan sebuah software yang bisa digunakan untuk menambah VRAM pada laptop ataupun komputer kamu. Software ini bekerja sebagai virtual VGA dengan menggunakan sebagian ruang memori RAM untuk dipinjam dan dijadikan VRAM.

Jadi, cara kerja 3D Analyzer ini juga mengurangi kapasitas RAM perangkat kamu, dan apabila RAM laptop atau komputer kamu pas-pasan lebih baik jangan menggunakan 3D Analyzer. Atau bila ingin menggunakannya saya sarankan untuk meng-upgrade terlebih dahulu RAM laptop atau komputer kamu.

3D Analyzer ini cukup populer digunakan oleh para gamers guna untuk membantu render environment game yang dimainkan. Jadi dengan bantuan software tersebut, pekerjaan VGA ketika menjalankan game atau program berat akan berkurang.

Namun, sayangnya tidak semua perangkat bisa menggunakan 3D Analyzer, karena software ini hanya kompatibel atau sesuai dengan beberapa tipe GPU saja. Nah, jika kamu ingin mencobanya, kami akan memberikan panduan menambahkan VRAM dengan 3D Analyzer.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silakan kamu download terlebih dahulu software 3D Analyzer.
  2. Jika sudah, silakan instal software-nya seperti biasa.
  3. Setelah itu silakan jalankan 3D Analyzer VGA virtual.
  4. Selanjutnya kamu akan menemukan panel-panel pada kolom di sebelah kanan kotak dialog. Nah, pada bagian ini silakan kamu atur sesuai kebutuhan dan sesuai dengan grafik VGA.
  5. Jika sudah selesai, silakan jalankan pengaturan tersebut dengan klik Run.
  6. Selamat! Kamu telah berhasil menggunakan 3D Analyzer.

[adinserter block=”5″]

Menambahkan Virtual Memory

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan virtual memory guna untuk memperbesar kapasita RAM. Mengapa demikian? Karena seperti yang sudah saya jelaskan di awal bahwa jika RAM bertambah maka secara otomatis VRAM juga akan bertambah.

Nah, jika kamu tidak ingin mengeluarkan budget untuk mengupgrade RAM, maka saya sarankan untuk menggunakan virtual memory. Virtual memory berjalan dengan meminjam sebagian memori hard disk dari perangkat yang terhubung.

Cara kerjanya, data dari RAM di laptop atau PC kamu akan dikirimkan ke ruang memori hard disk, sehingga kapasitas hard disk berkurang dan RAM akan semakin besar.

Jika kamu tertarik menggunakannya berikut caranya:

  1. Pertama, silakan buka tab pencarian Windows, lalu ketikkan This PC.
  2. Setelah itu, silakan pilih Properties pada hasil pencarian yang muncul.
  3. Jika sudah, maka kamu akan dibawa ke jendela baru, pada bagian ini silakan kamu pilih Advanced System Settings lalu pilih Settings.
  4. Langkah selanjutnya, silakan kamu pilih opsi Change yang berada di tab Advanced.
  5. Kemudian hilangkan centang pada opsi Automatically manage paging file size for all drives.
  6. Setelahnya, pilih drive disk yang akan kamu gunakan sebagai virtual memori. Sebaiknya kamu gunakan saja partisi atau disk sistem operasi.
  7. Selanjutnya atur ukuran virtual memori yang akan kamu buat dengan klik opsi Custom size. Untuk ukurannya kami merekomendasikan 1,5 sampai 3 kali kapasitas RAM perangkat.
  8. Klik OK untuk menyimpan pengaturan tersebut, lalu restart perangkat kamu.
  9. Selesai.

Akhir Kata

Nah, begitulah tadi artikel terkait cara menambahkan VRAM di laptop atau komputer Windows yang bisa kamu jadikan panduan untuk menambah VRAM di perangkat kamu. Kebanyakan orang ingin menambahkan VRAM agar performa bisa bertambah, terutama ketika main game.

Tapi performa yang dihasilkan dari VRAM juga tergantung dari GPU yang dipakai. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba dan menjadikan artikel ini sebagai panduannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia