BlogLifestyleGadget9 Cara Menambah RAM Laptop Dengan Langkah Mudah
0
0

9 Cara Menambah RAM Laptop Dengan Langkah Mudah

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara menambah ram laptoptop-right-banner

RAM (Random Access Memory) tentu memiliki peranan yang sangat penting untuk performa laptop. Semakin besar kapasitas RAM, ptoses data pada perangkat juga akan semakin kencang dan lancar. Maka dari itu, jika RAM pada laptop Pins berukuran kecil, kamu bisa mencari cara menambah RAM laptop untuk meningkatkan performanya.

Terdapat beberapa cara upgrade RAM laptop yang bisa Pins lakukan, mulai dari menambah slot dan menggunakan software. Meskipun mudah, Pins masih harus berhati-hati untuk melakukannya, apalagi jika ingin menambah RAM menggunakan slot tambahan. Ada baiknya jika Pins menghubungi teknisi atau service laptop agar tidak terjadi kesalahan. Yuk, simak beberapa cara meningkatkan RAM laptop berikut ini!

Baca juga:

Cara Menambah RAM Laptop

Untuk menambah RAM di laptop bisa dilakukan dengan dua cara Pins yaitu langsung dan virtual. Apa perbedaannya? Bagaimana cara melakukannya? Berikut selengkapnya!

Menambah RAM Laptop dengan Melakukan Cek Slot RAM

cara menambah ram laptop
Source : PCWorld

Sebelum Pins memutuskan untuk menambah RAM dan membelinya, cobalah untuk melakukan pengecekan apakah masih terdapat slot kosong atau tidak. Umumnya, laptop hanya memiliki satu slot untuk RAM tambahan. Slot kosong tersebut dapat Pins gunakan untuk cara menambahkan RAM pada laptop.

Apabila hanya terdapat satu slot RAM saja pada laptop, mungkin kamu bisa menggantinya dengan ukuran RAM yang lebih besar. Tentunya Pins tidak akan bisa memaksakan untuk menambah slot yang ada jika hanya ada satu slot saja.

Menambah RAM Laptop dengan Melakukan Cek Solder RAM

Source : Tech News Today

Meskipun tidak semua jenis laptop akan memiliki RAM yang telah di solder pada perangkat, Pins masih harus memastikannya. Jangan sampai kamu telah membeli RAM yang diinginkan akan tetapi tidak ada slot yang tersedia. Slot disini bukan berarti hanya tidak ada tempat lain untuk menaruh RAM tambahan, tetapi kondisi RAM yang telah disolder.

Ketika RAM pada laptop dalam kondisi di solder, tidak ada pilihan lain kamu harus mengganti laptop yang digunakan. Apalagi jika laptop yang sedang digunakan saat ini memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil.

Menambah RAM Laptop dengan Melakukan Cek Kompabilitas

cara menambah ram laptop
Source : Reddit

Melakukan pengecekan terhadap kompabilitas laptop seperti RAM dan GPU adalah hal yang penting sebelum mengikuti cara menambah kapasitas RAM. Pasalnya, setiap laptop akan memberikan informasi kapasitas RAM yang berbeda-beda.

Usahakan untuk melakukan pengecekan kapasitas RAM terlebih dahulu sebelum menggantinya. Bisa jadi ketika Pins memasang RAM berukuran 16GB tidak akan compact terhadap laptop yang hanya mampu menampung 8GB saja.

Baca juga:

Menambah RAM dengan Menentukan Ukurannya

Sebagai alternatif agar laptop tidak mengalami kerusakan ketika Pins melakukan cara menambah RAM laptop, adalah menentukan ukuran yang sesuai. Umumnya, jika laptop memiliki RAM 4GB, disarankan untuk menambahkannya dengan ukuran yang sama pada slot kosong. Hal ini dilakukan agar performa perangkat dapat berjalan optimal.

Menambah RAM dengan Menentukan Jenisnya

Apakah Pins sudah familiar dengan jenis-jenis RAM yang digunakan saat ini? Jika belum, kamu harus memahami terlebih dahulu jenis RAM yang terpasang di perangkat. Umumnya jenis RAM dibagi menjadi 3 yaitu DDR2, DDR3, dan DDR4. Kamu perlu mengetahui jenis RAM apa yang digunakan pada laptop sebelum menggantinya.

Menambah RAM dengan Menentukan Transfer Rate

Transfer Rate merupakan suatu kemampuan kecepatan memori atau RAM untuk menerima dan mentransfer data. Transfer rate RAM juga berbeda-beda Pins mulai dari 12800, 10600, 5600, dan sebagainya. Pins bisa memilih jenis RAM dengan kecepatan transfer yang sama seperti pada slot RAM yang terisi.

Menambah RAM dengan Memilih Merek RAM Sejenis

Cara memperbesar RAM laptop tidak bisa dilakukan dengan sembarangan Pins! Kamu perlu memperhatikan spesifikasi RAM yang telah terpasang pada slot yang ada. Di situ akan memiliki keterangan merk RAM yang digunakan, usahakan Pins menambahkan pada slot yang kosong dengan merek RAM yang sama.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows, Dijamin Aman!

Menambah RAM Melalui Virtual Memory

cara menambah ram laptop
Source : PCWorld

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara menambah RAM laptop bisa dilakukan secara fisik ataupun virtual. Untuk menambahkan secara virtual Pins bisa melakukan langkah berikut ini:

  • Buka menu Windows Explorer.
  • Klik kanan di menu My Computer, kemudian pilih Properties.
  • Kemudian, pilih opsi Advance System Settings pada bagian kiri.
  • Masuk ke tab Advanced kemudian klik Settings di bawah kategori Performances.
  • Kembali ke tab Advanced, klik Change pada bagian bawah kategori Virtual Memory.
  • Hilangkan ceklist pada pilihan Automatically Manage Paging File Size for All Drivers.
  • Kemudian, pilih partisi yang ingin digunakan pada virtual memory.
  • Masukan jumlah yang dibutuhkan, 8000MB adalah jumlah maksimalnya.
  • Klik OK. Kemudian restart laptop.
  • Selesai.

Menambah RAM Melalui ReadyBoost

Source : Gig Performer

Cara upgrade RAM laptop yang terakhir adalah dengan menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Windows. ReadyBoost merupakan fitur yang bisa digunakan untuk meminjam virtual memory, harddisk, dan memori lainnya pada laptop. Berikut cara menambah RAM laptop melalui ReadyBoost:

  • Hubungkan flashdisk atau harddisk ke laptop.
  • Saat muncul popup AutoPlay klik Speed up My System.
  • Jika popup AutoPlay tidak kunjung muncul, klik kanan pada flashdisk atau harddisk kemudian pilih Properties.
  • Setelah properties terbuka, masuk ke tab ReadyBoost.
  • Untuk menggunakan seluruh kapasitas falshdisk atau harddisk agar digunakan pada ReadyBoost, klik pilihan Dedicate This Device to ReadyBoost.
  • Untuk menggunakan sebagian kapasitas, klik pilihan Use This Device kemudian masukan kapasitas yang diinginkan.
  • Klik Ok.
  • Selesai.

Itulah beberapa cara menambah RAM laptop yang bisa Pins lakukan dengan mudah. Namun, jika masih ragu dengan cara menambah kapasitas RAM oleh sendiri, kamu bisa membawanya ke tempat service laptop. Selamat mencoba Pins!

Baca juga:

Featured Image Source: Alphr


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada Perumahan Ruma Prana di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download