√ 3 Cara Mudah Cek VGA Laptop (Kapasitas, Tipe, Dll) - Pinhome

Pinhome

Cara Cek VGA Laptop Dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Intan Malika Putri ∙ 2 September 2021 ∙ 4 menit membaca

VGA atau singkatan dari Video Graphics Array merupakan sebuah komponen yang punya peran cukup penting pada laptop. Terutama kalau kamu bekerja sebagai video editing, graphic desain atau sering bermain game. Kamu harus mengetahui bagaimana cara cek VGA laptop agar memahami spesifikasi perangkat yang dimiliki.

Pinhome – Saat ini sudah banyak laptop dengan ukuran kecil namun memiliki VGA dengan kapasitas yang besar. Tentu, hal ini sangat menguntungkan bagi pemiliknya. Cara cek VGA laptop juga cukup mudah untuk dilakukan.

Baca Juga:

Cara Cek VGA Laptop (Tipe, DDR, Kapasitas dan Lainnya)

(Gadgetren)

Untuk cek grafik / VGA yang ada laptop itu umumnya sangat mudah. Karena kamu dapat menggunakan software tambahan ataupun fitur bawaan untuk melakukan pengecekkan. Selain itu dengan mengecek VGA, dengan beberapa cara ini, kamu juga dapat mengetahui apakah komponen tersebut rusak atau tidak. Kalau begitu langsung saja, ini dia beberapa cara untuk cek VGA di laptop:

#1. Dengan GPU-Z

cek vga laptop
(Techpowerup)

Pertama kamu dapat mengecek VGA di laptop menggunakan aplikasi GPU-Z. Fitur aplikasi ini cukup lengkap, karena kamu dapat mengetahui informasi detail mengenai VGA card di laptop.

Baca Juga:

Informasinya seperti tipe memori, ukuran chipset, kecepatan VGA dan sebagainya.

Cara pemakaiannya:

  1. Pertama, kamu perlu download dan install aplikasi GPU-Z tersebut.
  2. Jika sudah, pada pencarian ketikkan GPU-Z kemudian tekan Enter.
  1. Setelah itu, akan muncul beberapa informasi yang bisa kamu ketahui dari mulai nama kartu grafis, tipe memori, ukuran memori dan lainnya.
  1. Jika kamu ingin mengetahui temperature dan pemakaian memori GPU, bisa klik Sensors.

Aplikasi GPU-Z ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin mengetahui informasi detail dari VGA di laptop.

#2. Dengan Speccy

(Filehorse)

Selain aplikasi GPU-Z kamu juga bisa menggunaan Speccy. Aplikasi ini juga memberikan informasi lengkap dan juga mudah untuk digunakan. Informasi yang diberikan pada aplikasi Speccy tidak hanya tentang VGA saja. Melainkan menampilkan informasi mengenai hardware lainnya, seperti RAM, storage dan lainnya. Untuk menggunakan Speccy, kamu bisa lihat caranya berikut ini:

  1. Pertama, kamu perlu download dan install aplikasi Speccy.
  2. Jika sudah, ketikkan pada pencarian Speccy lalu tekan Enter.
  1. Tunggulah beberapa saat sampai proses analyzing selesai.
  1. Jika sudah, kamu bisa melihat beberapa informasi di jendela Speccy ini dari mulai RAM, processor, sistem operasi dan yang lainnya.
  1. Kalau kamu ingin melihat info VGA, bisa klik Graphics di bagian kiri. Kamu akan melihat informasi lengkap tentang grafis di laptop tersebut.

Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengetahui semua hardware yang terpasang di laptop termasuk VGA. Sehingga kamu tidak perlu lagi memasang aplikasi lainnya.

Baca Juga:

#3. Dengan DXDIAG

cek vga laptop
(Intel)

Selain lewat software tambahan untuk mengeceknya, kamu bisa menggunakan fitur bawaan laptop juga. Fitur bawaan tersebut adalah DXDiag atau DirectX Diagnostic Tool. Fitur ini tersedia untuk Windows 7, 8 dan 10.

Caranya:

  1. Pertama, kamu bisa buka fitur Run dengan menekan tombol kombinasi di keyboard Windows + R.
  2. Setelah muncul jendela Run ketikkann dxdiag, lalu klik Ok.
  1. Kemudian akan muncul jendela Windows DirectX Diagnostic Tools.
  2. Kamu akan melihat beberapa informasi laptop.
  1. Karena ingin mengecek VGA, kamu klik tab Display.
  1. Setelah itu muncul informasinya mulai dari nama, tipe chip dan yang lainnya.

Informasi yang ditampilkan DXDiag berbeda dari GPU-Z ataupun Speccy. Karena yang di jelaskan pada DXDiag hanya basic information-nya saja.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek VGA laptop. Semua cara diatas bisa kamu terapkan untuk sistem operasi Windows 10, 8 dan 7. Selain itu caranya juga worth it untuk mengecek VGA di berbagai merk laptop, seperti Lenovo, HP, Dell, Asus, Acer.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel