Blog›Lifestyle›Gadget›14 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi
0
0

14 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Rizko Fatra

Apr 10, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengatasi keyboard tidak berfungsitop-right-banner

Tidak hanya laptop yang tidak bisa berfungsi, Pins bisa menjumpai masalah pada keyboard laptop yang tentu bisa mengganggu pekerjaan. Bagaimana tidak, fungsi keyboard sangat penting untuk Pins yang sering bekerja di rumah yang nyaman contohnya di perumahan Panorama Bekasi Residence atau perumahan Paradise Serpong City 2. Untungnya, terdapat beragam cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi, nih. Sama seperti Fitur PinValue dari Pinhome yang hadir untuk mengatasi kegelisahan Pins untuk mencari jawaban tentang cara dan proses membeli rumah.

Ternyata tidak hanya rumah saja yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan seperti Pins yang tinggal di perkotaan dan memiliki rumah di Kota Bandung, Keyboard laptop juga mempunyai jumlah kapasitas klik yang bisa digunakan. Bila sudah melebihi kapasitas tersebut, tidak jarang keyboard mengalami kerusakan. Selain jumlah klik, kerusakan pada keyboard bisa terjadi akibat masalah kebersihan. Pins bisa mencoba beberapa cara di bawah ini sebelum mendatangi tempat service. Siapa tahu kerusakan yang terjadi cukup sepele, bukan?

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Beberapa cara membenarkan keyboard laptop ini bisa Pins coba di rumah tanpa harus mendatangi tempat service, alias gratis. Penasaran? Berikut ini deretan solusi yang dapat kamu terapkan untuk mengembalikan fungsi keyboard!

Memperbaiki Driver Keyboard

Salah satu penyebab keyboard laptop tidak berfungsi bisa jadi karena adanya masalah pada driver keyboard, seperti bug atau error. Namun, kamu bisa kok memperbaiki driver keyboard melalui device manager. Begini cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan memperbaiki drivernya.

  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Hardware and Sounds
  3. Klik Device Manager pada Devices and Printers.
  4. Klik kanan pada menu Keyboard dan pilih Update Driver Software.
  5. Jika berhasil, akan ada notifikasi bahwa Driver sudah terupdate.

Bila sudah terupdate versi terbaru, Pins bisa mengecek kembali keyboard tersebut, apakah sudah berfungsi seperti semula atau belum.

Baca juga: Cara Mempercepat Windows 10, Anti Lemot!

Melakukan Restore Windows

cara mengatasi laptop tidak mau menyala
Source : Adobe

Cara membenarkan keyboard laptop lainnya adalah melakukan restore windows. Pasalnya, pengaturan Windows yang salah atau sistem yang eror bisa menimbulkan masalah pada keyboard. Berikut ini tahapan melakukan restore Windows.

  1. Buka Control Panel.
  2. Masuk ke System and Security.
  3. Klik File History.
  4. Klik REstore Personal Files pada sidebar sebelah kiri.
  5. Tunggu sampai proses Restore Windows selesai.

Mengganti Layout Keyboard

Layout keyboard adalah pengaturan untuk menyesuaikan tombol keyboard dengan kebiasaan mengetik orang di suatu negara. Sebagai contoh, layout keyboard di negara Amerika Serikat dengan di Indonesia bisa saja berbeda.

Ada kalanya layout ini bisa menimbulkan suatu masalah, misalnya keyboard laptop tidak berfungsi sama sekali. Bila hal ini terjadi, ini cara membetulkan layout keyboard.

  1. Klik Start
  2. Masuk ke Settings
  3. Pilih Time and Language
  4. Klik Language.
  5. Pilih pada bahasa yang hendak digunakan dan klik Options.
  6. Jika sudah, hapus bahasa keyboard yang bukan QWERTY.
  7. Bila ingin menambahkan layout keyboard lain, klik menu Add a Keyboard.

Menyesuaikan Pengaturan Keyboard

Source : IBCC.edu

Umumnya, pengaturan keyboard sudah diatur secara otomatis. Namun, konfigurasi pengaturan yang ada terkadang bisa memicu masalah, seperti waktu delay keyboard saat mengetikkan huruf dan pengaturan lainnya.

Nah, cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi akibat pengaturan ini cukup mudah, kok. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka Control Panel.
  2. Klik Ease of Access.
  3. Geser ke bawah dan pilih menu Explore All Settings.
  4. Pilih ikon Keyboard atau Make the Keyboard Easier to Use.
  5. Geser ke bawah dan klik Set Up Filter Keys.
  6. Uncheck pada Turn of Filter Keys dan klik OK.
  7. Jika sudah, pastikan apakah keyboard laptop sudah berfungsi normal atau belum.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Mencoba Restart Laptop

Walau terdengar sederhana, restart laptop bisa menjadi cara membenarkan keyboard yang tidak berfungsi. Ini bertujuan menghilangkan bug pada laptop.

Jika Pins sudah melakukannya dan tidak terjadi apa-apa, matikan laptop dengan menekan tombol Power selama beberapa detik. Selanjutnya, tunggu beberapa saat dan hidupkan kembali untuk melihat apakah keyboard sudah benar atau belum.

Memeriksa Apakah Laptop Diserang Virus atau Tidak

Malware dan virus bisa merusak laptop dalam berbagai cara dan salah satunya adalah membatasi fungsi keyboard. Walau sulit untuk menghapus virus sendiri, Pins bisa membersihkan laptop dengan aplikasi anti-virus di bawah ini

  • Malwarebytes
  • Avast
  • McAfee
  • Norton

Pins juga bisa memanfaatkan Windows Security, yaitu aplikasi anti-virus asal Microsoft yang bisa bekerja dengan sangat baik.

Menonaktifkan Num Lock

Source : Cnet.com

Bagi Pins yang punya keyboard laptop dengan fitur Num Lock, coba deh menonaktifkan fitur tersebut. Cara perbaiki keyboard ini hanya bisa dilakukan pada tipe laptop tertentu saja.

Jika Num Lock aktif, sebagian keyboard utama akan menjadi numerik atau angka. Maka dari itu, kamu bisa mengembalikan fungsi keyboard seperti semula dengan mematikan fitur tersebut. Caranya mudah dengan menekan tombol Fn serta Num Lock secara bersamaan, deh.

Melepas dan Memasang Baterai

Pins tahu tidak kalau terkadang baterai bisa menyebabkan masalah pada keyboard laptop? Ini biasanya terjadi ketika baterai terlalu panas atau baterai bisa mengembang seiring bertambahnya usia. Akibatnya, ada tekanan di dalam perangan dan mendorong keyboard keluar dari tempatnya.

Untungnya, cara mengatasi laptop yang tidak berfungsi kali ini tidak sulit. Pins bisa mencoba melepaskan dan mencolokkan laptop ke daya. Setelah itu, nyalakan laptop dan lihat apakah keyboard berfungsi atau tidak.

Baca juga: 11 Cara Mengatasi Laptop Hang dan Penyebabnya

Menggunakan Fitur On-screen Keyboard

Jika Pins terburu-buru ingin menggunakan keyboard dan belum sempat mencoba cara di atas, coba gunakan fitur On-screen keyboard. Fitur ini cocok dan bisa digunakan pada semua jenis perangkat laptop yang tersedia di pasaran.

Begini cara memakai fitur On-screen Keyboard.

  1. Masuk ke menu Start.
  2. Pilih Program dan klik Accessories.
  3. Klik Accessibility.
  4. Pilih On-screen Keyboard untuk mengaktifkannya.

Jika sudah aktif, keyboard akan muncul pada layar laptop dan bisa digunakan untuk mengetik. Walau terlihat merepotkan dan tidak fleksibel, metode ini cocok untuk kamu yang sedang dalam kondisi darurat.

Memasang Konektor dengan Sempurna

Source : Benefitnews.com

Ada kalanya keyboard laptop tidak berfungsi karena konektor yang tidak terpasang dengan baik. Kondisi ini tentu bisa mengganggu fungsi keyboard.

Untuk itu, Pins bisa membongkar keyboard laptop dengan memlihat video tutorial di YouTube atau meminta bantuan orang lain untuk memasang konektor keyboard.

Membersihkan Keyboard Laptop

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi lainnya adalah membersihkan komponen tersebut. Pasalnya, kotoran dan debu yang menumpuk pada keyboard bisa saja menyebabkan masalah. Ini cara membersihkan keyboard laptop yang mudah.

  1. Miringkan laptop dan goyangkan hingga debu dan kotoran besar jatuh.
  2. Bersihkan keyboard memakai lap atau kuas kecil hingga benar-benar bersih.
  3. Cek kembali apakah keyboard laptop bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Mengganti Keyboard Bawaan Laptop

Mengganti keyboard bawaan laptop sebenarnya menjadi salah satu jalan terakhir dari cara memperbaiki komponen ini. Pins bisa dengan mudah membeli keyboard di toko online atau tempat service resmi.

Pada saat membeli keyboard bawaan, jangan lupa sesuaikan dengan merek dan tipe laptop. Pins juga bisa mengganti keyboard bawaan ini sendiri dengan melihat tutorial yang ada di Youtube atau minta bantuan orang lain yang benar-benar paham.

Baca juga: Cara Mematikan Keyboard Laptop Semua Merk Tanpa Ribet

Memasang Keyboard Eksternal

Source : IBCC.edu

Memasang keyboard eksternal pun memerlukan biaya lebih, tetapi setidaknya ini lebih mudah dibandingkan harus membongkar laptop atau menggunakan fitur On-screen Keyboard.

Pins bisa memilih keyboard eksternal, baik tanpa kabel (wireless) atau dengan kabel USB. Keyboard eksternal ini memiliki fungsi yang sama seperti ketika menggunakan PC/komputer. Sayangnya, ini mungkin akan lebih merepotkan ketika bepergian karena harus membawa keyboard ini ke mana pun Pins berada.

Membawa ke Tempat Service

Cara terakhir mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi adalah membawanya ke tempat service. Dengan begitu, mereka bisa membantu Pins mengetahui apa penyebab dan cara mempebaikinya dengan benar. Namun, usahakan datang ke tempat service laptop resmi, ya!

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Setelah mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop, tentu Pins perlu tahu apa saja penyebabnya. Hal ini bertujuan mencegah masalah tersebut datang kembali, ya.

  • Kerusakan pada driver keyboard
  • Kesalahan pada konfigurasi pengaturan keyboard
  • Kehadiran virus atau malware
  • Menekan tombol kombinasi yang mematikan keyboard secara tidak sengaja
  • Laptop terbentur benda keras
  • Penggunaan laptop yang berlebihan
  • Konektor keyboard longgar
  • Keyboard laptop jarang dibersihkan atau berdebu.

Nah, itu tadi sederet cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi. Semoga cara-cara di atas membantu Pins mendapatkan fungsi keyboard dan bisa kembal bekerja dengan baik, ya!

Baca juga:

Featured image source: Medium.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download