Pinhome

Tips Memilih Tempat Tinggal Berdasarkan Lingkungannya

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Tips memilih tempat tinggal yang nyaman adalah impian bagi semua orang. Namun, semua itu akan bergantung pada kondisi lingkungan yang dipilihnya. Tentu sebuah rumah merupakan sebuah kebutuhan pokok bagi siapapun sebagai tempat berlindung. Beberapa hal tentu harus dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian rumah, salah satunya ialah lingkungan di sekitar rumah. Lingkungan merupakan sebuah aspek penting ketika kita hendak membeli rumah. Aspek tersebut tentu menentukan nyaman atau tidaknya ketika kita sudah menempati rumah yang hendak dibeli.

Lihat Juga:

Pencarian lokasi yang dekat dengan tempat tinggal harus dipertimbangkan. Perhatikanlah masyarakat dan lingkungan yang berada disekitar rumah, jangan sampai ketika Anda sudah membeli rumah tersebut malah merasa tidak nyaman oleh lingkungan. Berikut ini cara memilih tempat tinggal berdasarkan lingkungannya.

Tips Memilih Tempat Tinggal yang Nyaman

Tempat tinggal yang nyaman bisa ditentukan oleh beberapa faktor tertentu. Selain harus waspada terhadap banjir, beberapa diantaranya seperti berikut:

Mengetahui Fasilitas Umum Yang Tersedia

Fasilitas umum yang dimaksud adalah rumah sakit, pusat perbelanjaan, pusat olahraga, kantor pos, toko obat ataupun lainnya. Hal ini sangatlah mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda. Tempat tinggal yang dekat dengan fasilitas umum sangat memudahkan Anda ketika membutuhkan sesuatu, seperti ketika sakit dan berkeinginan membeli suatu barang.

Pastkan Lingkungan Yang Ingin Anda Tinggali Bebas Banjir

Rumah yang menjadi langganan banjir tentunya tidak aman bagi keselamatan Anda serta keluarga. Carilah rumah yang mempunyai lingkungan bebas banjir. Hal ini dapat membuat Anda lebih merasa nyaman dan aman ketika melakukan kegiatan luar rumah karena tidak khawatir rumah terendam air. Barang-barang yang ada di rumah pasti akan rusak apabila terendam oleh air. Transportasi di jalan juga tidak akan berjalan dengan normal.

Lihat Juga: Kekurangan dan Kelebihan Plafon GRC

memilih rumah tinggal
memilih rumah tinggal

Periksalah Kondisi Jalan Utama Tempat Tinggal

Jalan utama merupakan titik akses yang terpenting menuju rumah maupun tempat kerja Anda. Periksalah terlebih dahulu kondisi jalan utama yang dekat dengan rumah Anda. Kondisi jalan yang penuh dengan kubang atau sulit dijangkau oleh kendaraan umum, sebaiknya Anda pertimbangkan.

Pastikan Lingkungan Tempat Tinggal Bersih

Kebersihan merupakan unsur yang menentukan kenyamanan kita ketika tinggal dirumah. Lingkungan yang tidak bersih akan mengganggu kesehatan Anda sekeluarga. Pastikanlah lingkungan yang hendak Anda tinggali mempunyai tingkat kebersihan tinggi. Periksalah saluran alir dan pastikan saluran tersebut tidak tersumbat oleh sampah.

Tips Memilih Tempat Tinggal Berdasarkan Tingkat Polusi

Periksalah polusi yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda apakah sudah berada diambang batas ataukan belum. Polusi yang sudah berada diambang batas akan membuat kesehatan kita terancam. Polusi yang tinggi biasanya terdapat didekat jalan raya. Apabila rumah yang ingin Anda beli berada didekat jalan raya maka dapat dipastikan jika tingkat polusi lebih besar jika dibandingkan dengan rumah yang ada di desa.

Pastikan Adanya Pelayanan Air Dan Listrik

Lihat Juga: 10 Desain Dapur Cantik

Pelayanan air dan listrik sangatlah penting karena kita butuhkan untuk bertahan hidup. Apabila rumah tidak mempunyai pelayanan listrik maupun air tentu Anda akan merasa kesusahan, karena manusia tidak dapat hidup tanpa air. Hindarilah rumah dengan lingkungan padam listrik dan ketebatasan air bersih.

Itulah beberapa cara memilih tempat tinggal berdasarkan lingkungannya. Carilah lingkungan yang hijau dan terdapat banyak pohon. Hal ini dapat menjaga kesehatan Anda serta mengurangi dampak polusi yang berada di sekitar rumah. Lingkungan yang nyaman akan membuat Anda betah untuk tinggal di rumah bersama keluarga.


Ingin Tahu Tips Lengkap Lainnya dari Pinhome?

Selain memiliki tempat tinggal yang nyaman, Anda akan membutuhkan desain ruangan yang menarik untuk bersantai. Tentunya, Pinhome punya segala informasi seputar tips design, konstruksi, properti, dan lain sebagainya. Cek selengkapnya!

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia