BlogPemilik PropertiDesain Hunian4 Trik dan Cara Membuka Kaleng Cat dengan Mudah
0
0

4 Trik dan Cara Membuka Kaleng Cat dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 22, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ingin mengecat dinding rumah secara mandiri, sudah membeli kaleng catnya, namun kesulitan untuk membuka cat tersebut? Tidak hanya Kamu yang merasa kesulitan membuka tutup kaleng cat. Kaleng cat didesain sangat rapat agar keadaan cat di dalam kaleng tidak mudah berkerak apalagi hingga kering. Udara lah yang akan merusak kualitas cat jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, pabrik yang membuat cat membuat kemasan yang sangat rapat. Simak artikel ini untuk mengetahui cara membuka kaleng cat dengan mudah!

Pemilihan warna cat memang sangat penting untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan keinginan Kamu di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung Kamu juga harus menggunakan warna yang benar-benar mengartikan dirimu di Iklan properti Jika saat proses pewarnaan pekerja Kamu kesulitan membuka kaleng cat, ingatkan mereka dengan artikel ini!

4 Trik dan Cara Membuka Kaleng Cat dengan Mudah

Proses pengecatan menjadi suatu keharusan yang penting saat finishing rumah baru Kamu. Bagaimana jadinya jika rumah Kamu sudah berdiri dengan kokoh namun tanpa setitik warna di dalamnya? Tentu hal ini kurang memberikan keindahan jika rumah Kamu memiliki gaya modern seperti saat ini. Berbeda, dengan rumah yang memang didekorasi berdinding industrial tanpa plester. Selain memperindah dinding di rumah, cat juga bermanfaat untuk melindungi dinding dari pertumbuhan jamur, melindungi dinding dari pelapukan yang disebabkan sinar matahari, dan melindungi dinding dari debu dan kotoran.

Bagi Kamu yang ingin mewarnai dinding rumah baru Kamu atau mewarnai kembali dinding Kamu yang telah usang warnanya, maka Kamu dapat membeli cat kaleng yang memiliki berbagai varian ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengecatan Kamu. Namun, pada saat ingin memulai proses pengecatan seringkali orang-orang yang tidak terbiasa membuka kaleng cat pasti akan merasa kesulitan membuka kaleng cat tersebut. 

Kaleng cat telah direncanakan oleh pabrikan untuk dikemas serapat mungkin, agar kandungan cat di dalamnya tidak terkontaminasi dengan udara dari luar. Ketika cat di dalam kaleng terkontaminasi dengan udara dari luar, maka permukaan cat akan dengan cepatnya berkerak bahkan langsung berubah menjadi kering. Tentu Kamu tidak menginginkan hal ini bukan! Jangan coba-coba untuk membuka tutup kaleng cat menggunakan tangan hampa, karena kerasnya dapat membuat tangan Kamu terluka.

Berikut ini beberapa trik dan cara membuka kaleng cat dengan mudah: 

1. Trik Membuka Kaleng Cat 5 Kg

cara membuka kaleng cat
Source : iStock

Cara membuka kaleng cat yang pertama adalah trik untuk varian ukuran 5 kg, berikut ini trik dan cara yang dapat Kamu ikuti:

Ketahui terlebih dahulu, katalog warna cat Nippon Paint terlengkap dan terupdate.

  • Setelah membeli dan membawa pulang kaleng cat yang sudah Kamu pilih, hal selanjutnya yang harus Kamu lakukan lebih dahulu adalah melihat apakah terdapat segel yang menjaga tutup kaleng cat tersebut.
  • Jika ada, maka Kamu dapat membukanya menggunakan pemotong tajam seperti cutter atau pisau.
  • Trik membuka segel tersebut adalah dengan cara memberi goresan sedikit pada segel tersebut, lalu Kamu dapat menarik segel yang mengelilingi kaleng tersebut secara perlahan.
  • Ketika segel sudah dapat dilepaskan, langkah selanjutnya tinggal membuka kaleng cat menggunakan alat bantu. Alat bantu yang dapat Kamu gunakan adalah obeng, selipkan ujung obeng pada celah tutup kaleng, lalu congkel demi sedikit pada tiap bagian hingga kaleng cat tersebut terbuka.
  • Cat siap Kamu aplikasikan ke dinding rumah.

Baca juga: Informasi dan Jenis Warna Cat No Drop Terbaik untuk Luar Rumah

2. Trik Membuka Kaleng Cat 10 Kg

cara membuka kaleng cat
Source : iStock

Selanjutnya cara membuka kaleng cat yang kedua adalah trik membuka varian kaleng cat berukuran 10 kg, berikut ini trik dan cara yang dapat Kamu ikuti:

  • Hampir sama dengan cara sebelumnya, namun terdapat perbedaan dalam melonggarkan tutupnya.
  • Ketika kaleng cat sudah berada di hadapan Kamu, langkah yang dapat Kamu tempuh untuk membuka tutup cat tersebut adalah dengan memotong segel yang didesain seperti jahitan menyambung yang mudah untuk diputuskan.
  • Ketika segel sudah lepas, Kamu dapat mengambil pisau dan juga obeng untuk melonggarkan tutup kaleng cat yang akan dibuka. Buatlah celah dengan mengarahkan pisau ke antara tutup cat dan badan cat.
  • Jika celah sudah terlihat sedikit, segera masukan obeng untuk menahan celah tersebut. 
  • Untuk membuat kaleng cat semakin longgar, Kamu dapat menggunakan palu yang dipukul ke arah obeng, dengan gerakan mencongkel ke atas. Agar hentakan palu tersebut dapat merenggangkan tutup cat.
  • Lakukan terus gerakan tersebut hingga tutup cat terbuka. 

Kamu juga dapat mengetahui katalog warna cat Jotun untuk interior & eksterior.

3. Trik Membuka Kaleng Cat 20 Kg

cara membuka kaleng cat
Source : iStock

Berikut ini adalah trik membuka kaleng cat yang ketiga dalam varian kaleng cat dengan ukuran 20 kg, berikut ini trik dan cara yang dapat Kamu ikuti:

Sebelum mengikuti caranya, Kamu dapat mengetahui katalog warna cat tembok Avitex untuk interior & eksterior.

  • Pada cara membuka kaleng ini akan menggunakan trik menggunakan tangan hampa, tanpa alat bantuan.
  • Seperti cara sebelumnya Kamu harus membuka segel model jahitan pada tutup kaleng cat, agar pembukaan kaleng dapat langsung dilakukan.
  • Jika sudah, Kamu dapat mengenakan sarung tangan untuk meminimalisir cedera.
  • Injak bagian tutup kaleng sebagai tumpuan kekuatan Kamu, lalu masukan jari Kamu yang sudah mengenakan sarung tangan ke sela-sela pinggiran tutup kaleng cat sambil menarik tutupnya ke atas.
  • Gunakan trik memutar-mutar agar membantu perenggangan pada tutup kaleng cat tersebut. Kemudian, kaleng cat Kamu akan terbuka.

Baca juga: 10 Ide Warna Cat Plafon yang Bagus dan Punya Kesan Minimalis

4. Trik Membuka Kaleng Cat 25 Kg Bertutup Besi

cara membuka kaleng cat
Source : iStock

Trik membuka kaleng cat yang terakhir akan membantu Kamu membuka kaleng cat dengan ukuran 25 kg yang dilengkapi tutup besi, berikut ini trik dan cara yang dapat Kamu ikuti:

  • Jika Kamu perhatikan pada kemasan kaleng cat bermaterial besi terdapat lubang kecil yang tersebar mengelilingi tutup kaleng tersebut.
  • Lubang kecil pada tutup kaleng tersebut dapat menjadi celah untuk membantu Kamu membuka tutup kaleng cat dengan mudah.
  • Siapkan obeng yang pas dan kuat dengan ukuran lubang kecil tersebut, lalu masukkan obeng tersebut ke dalam lubang kecil.
  • Ketika obeng sudah masuk dan mencengkram dengan kuat, Kamu dapat menghentakkan obeng ke arah atas agar lubang kecil tersebut dapat bengkok atau melengkung ke arah atas.
  • Lengkungan dari lubang kecil tersebut harus Kamu buat hingga mencapai setengahnya dari keliling kaleng cat.
  • Lengkungan dari lubang kecil yang telah diciptakan, akan merenggangkan kerapatan kaleng cat Kamu, yang selanjutnya Kamu dapat mencongkel setengah bagian tersebut dan kaleng cat dapat langsung terbuka.
  • Saat sudah terbuka, biasanya terdapat cincin pelindung sebagai lapisan yang akan menjaga kualitas cat secara jangka panjang.

Itulah beberapa trik dan cara membuka kaleng cat dengan mudah. Semoga artikel ini dapat membantu Kamu ya Pins!

Baca juga15 Rekomendasi Warna Cat Agar Ruangan Terlihat Terang

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download