Cara Membuat Bolu Kukus Anti Bantat, Wajib Dicoba Nih!

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ November 2, 2022 ∙ 4 menit membaca

Cara Membuat Bolu Kukus Anti Bantat, Wajib Dicoba Nih!

Siapa yang tidak tau bolu kukus? Kue ini merupakan kue yang banyak disukai orang-orang. Rasanya yang lembut, manis  membuat bolu kukus tetap difavoritkan hingga saat ini. Kue bolu kukus sendiri saat ini sudah banyak dimodifikasi, dari segi rasa maupun tampilan. Penasaran bagaimana cara membuat bolu kukus anti gagal dan rasanya enak, simak ulasan ini sampai habis ya.

Hampir semua orang menyukai bolu, baik dengan cara dikukus maupun yang dipanggang. Semuanya memiliki kelebihan dan cita rasanya masing-masing. Kue yang dikukus ini memiliki tekstur yang cenderung lembab dibandingkan kue bolu yang dipanggang yang teksturnya lebih kering. Namun, kue yang dikukus akan terasa lebih legit karena saat dikukus uap dari kukusan bisa mengikat kelembaban.

Cara-Cara Membuat Bolu Kukus

Sebenarnya dalam membuat bolu kukus, setiap orang bisa dengan bebas mengkreasikan bolunya. Masing-masing punya selera dan citarasa yang berbeda. Ada yang suka bolus rasa pandan, rasa coklat, maupun berbagai bolu yang memiliki rasa khas tersendiri, seperti bolu rempah. Tidak semua bolu cock dikukus, begitupun dengan cara dipanggang. Namun, cara dibawah ini akan mebha cara membuat bolu kukus.

Penasaran bagaimana cara membuat bolu kukus yang enak dan pastinya anti gagal walaupun dibuat oleh pemula? Simak informasi berikut ini:

1. Sediakan Bahan serta Alat Diperlukan

Untuk membuat bolu kukus, adapun bahan yang dibutuhkan adalah dua telur utuh, 150 gram gula pasir ( ini sifatnya opsional, bisa dikurangi maupun ditambah jika ingin lebih manis). Selanjutnya siapkan juga  baking powder, 1 sdt emulsifier, 150 gr tepung terigu, satu sachet santan instan dan minyak sayur sekitar 80 ml. Jangan lupa untuk menyiapkan margarin leleh agar bolu menjadi lebih harum dan lezat.

Peralatan yang dibutuhkan pertama ada wadah untuk menampung adonan, kukusan, mixer, oven, dan juga loyang. Pastikan semua alat dan bahan dalam keadaan siap digunakan saat mulai membuat bolu kukus ini ya. Bahan berupa perasa makanan juga bisa dimasukkan apabila ingin membuat bolu kukus dengan varian rasa tertentu.

2. Campur Semua Bahan

Untuk cara membuat bolu kukus ini sendiri adalah pertama panaskan kukusan dengan menggunakan api sedang serta penutup dilapisi kain. Maksud dari kain ini sendiri agar nantinya air tidak menetes ke dalam adonan yang dikukus. Pastikan apinya sedang cenderung kecil saja. Setelah itu mixer gula serta telur hingga berbuih dan masukan emulsifier dan baking powder.

Mixer dalam kecepatan rendah hingga adonan menjadi kental berjejak. Setelah kental berjejak masukkan sedikit demi sedikit terigu yang sudah diayak. Mixer secara perlahan sampai tercampur rata lalu matikan mixer. Tuang santan instan dan perasa makanan yang diinginkan (opsional) lalu terakhir tambahkan minyak sayur dan juga margarine agar kue lebih mudah dilepas nantinya.

3.  Kukus Dengan Api Sedang

Setelah kukusan sudah panas dan mendidih, masukkan adonan yang sudah dicampur tadi dalam Loyang. Hentak-hentakkan loyang yang berisi adonan bolu tadi supaya tidak ada udara yang mengendap dalam adonan. Masukkan loyang ke dalam kukusan yang telah dipanaskan. Kukus menggunakan api sedang sekitar kurang lebih 15 menit. Untuk mengetahui kematangan bolu, lakukan tes tusuk.

Jika menggunakan oven listrik, pastikan untuk menyetel timer dengan waktu yang pas agar adonan matang dengan baik. Jika saat ditusuk dengan tusukan sate adonan masih basah, itu berarti bolu belum matang. Biasanya saat matang, bolu akan mengeluarkan aroma yang wangi disertai permukaan bolu yang mulai mengeras dan berwarna kecoklatan. Jangan lupa untuk melakukan tes tusuk juga.

Tips Agar Bolu Kukus Tidak Bantat

Meskipun cara membuat bolu kukus ini terbilang mudah, tapi pada percobaan beberapa orang hasilnya masih sering kurang memuaskan. Bisa jadi bolunya tidak mengembang dengan baik, rasanya seret, atau bahkan bantet. Untuk tips agar bolu kukus ini tidak bantat sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berapa  tips yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  •  Pilih telur dengan ukuran sedang. Terlalu banyak menggunakan telur pada bolu bisa mengakibatkan adonan tidak mengembang.
  •  Takaran gula harus pas serta tidak boleh dikurangi. Gula berfungsi agar bolu nantinya bisa mekar saat dikocok.
  • Pastikan untuk mengayak tepung sebelum dicampurkan ke dalam telur dan juga gula yang sudah dikocok agar bisa menghasilkan bolu yang mengembang sempurna.
  • Gunakan baking powder yang belum kadaluarsa agar kue bisa mengembang sempurna. Baking powder yang sudah kadaluarsa tidak memiliki efek apapun lagi.
  • Sebelum dikeluarkan dari Loyang, dinginkan terlebih dahulu pada suhu ruang sekitar 15 menit.

Bagaimana cukup gampang  bukan cara membuat bolu kukus ini? Ikuti cara di atas beserta tipsnya supaya kue bolu tidak bantat, siapapun bisa membuat kue satu ini. Jika ingin menggunakan toping juga sangat bisa, tinggal disesuaikan dengan selera masing-masing pembuat.

Buat kamu yang ingin mencoba bolu, yuk lihat bahan bahannya di sini

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia