BlogPemilik PropertiFinansial7 Jurus Jitu Generasi Sandwich Agar Tetap Bisa Berinvestasi Untuk Diri Nya
0
0

7 Jurus Jitu Generasi Sandwich Agar Tetap Bisa Berinvestasi Untuk Diri Nya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 22, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Investasi untuk Generasi Sandwichtop-right-banner

Jika Pins mendegar kata generasi sandwich atau sandwich generation apa  yang  akan terlintas di benak kamu? Ya, sandwich generation adalah seorang anak muda yang mempunyai peran merawat keluarganya dan orang tuanya dalam waktu bersamaan. Fenomena ini sudah menjadi tren pada abad ke-20 an, padahal sebenarnya hal ini sudah terjadi dari masa ke masa hingga saat ini. Fenomena ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengelolah keuangan yang tepat. Kamu perlu tahu cara investasi untuk generasi sandwich yang benar.

Terlebih lagi kebanyakan dari generasi sandwich mempunyai masalah finansial yang cukup rumit, sehingga kebanyakan dari mereka tidak mampu berinvestasi untuk diri nya sendiri.

Berinvestasi adalah langkah penting untuk generasi sandwich, yang merujuk pada mereka yang harus mengelola tanggung jawab keuangan mereka sendiri serta tanggung jawab terhadap orang tua mereka. Untuk tetap bisa berinvestasi sementara menjalani peran sebagai generasi sandwich, berikut ini adalah beberapa jurus jitu yang dapat Pins pertimbangkan:

Buat Rencana Keuangan yang Terperinci untuk Generasi Sandwich

Source : IndoGold

Mulailah dengan membuat rencana keuangan yang terperinci untuk diri sendiri. Identifikasi penghasilan dan pengeluaran bulanan kamu serta tanggung jawab keuangan yang harus Pins penuhi. Cara investasi untuk generasi sandwich termasuk biaya hidup sehari-hari, tagihan, perawatan kesehatan, dan dukungan bagi orang tua atau anggota keluarga lainnya.

Hal ini akan membantu kamu mengelola keuangan dengan lebih efektif dan memastikan ada sisa uang untuk diinvestasikan. Pins bisa memulai berinvestasi dalam bentuk emas yang merupakan bentuk investasi jangka panjang yang minim risiko. Pada saat ini tersedia tabungan emas digital yang dapat memudahkan Pins berinvestasi dalam bentuk emas. Kamu bisa memulai menabung emas digital IndoGold mulai dari 10 ribu saja.

Prioritaskan Dana Darurat dalam Investasi

Cara Investasi untuk Generasi Sandwich
Source : IndoGold

Sebelum mulai berinvestasi, pastikan Pins memiliki dana darurat yang mencukupi. Dana darurat ini akan memberikan perlindungan finansial dalam situasi darurat atau tak terduga. Usahakan memiliki tabungan yang cukup untuk menutupi setidaknya 3-6 bulan pengeluaran rutin Kamu. Emas bisa juga dijadikan sebagai simpanan Dana Darurat karena emas merupakan bentuk investasi yang mudah dicairkan jika dalam keadaan darurat.

Baca juga: 7 Tips Menyisihkan Uang untuk Beli Hunian Idaman

Automatisasikan Investasi untuk Generasi Sandwich agar Tetap Konsisten

Source : IndoGold

Salah satu cara terbaik untuk tetap berinvestasi secara konsisten adalah dengan mengotomatisasi prosesnya. Atur pembayaran otomatis ke rekening investasi atau program tabungan atau investasi yang Pins pilih. Dengan cara ini, Kamu tidak akan tergoda untuk menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain dan tetap secara konsisten mengalokasikan dana untuk investasi.

Jika Pins memilih tabungan emas digital di IndoGold ada sebuah fitur Autodebet IndoGold yang bisa membuat kamu tetap konsisten menabung emas setiap waktu sesuai dengan keinginan Pins, dengan besaran tabungan dan waktu yang bisa disesuaikan sendiri.

Tentukan Tujuan Investasi Jangka Panjang

Cara Investasi untuk Generasi Sandwich
Source : IndoGold

Sebelum memulai berinvestasi sebaiknya hal yang harus Pins lakukan adalah, menetapkan tujuan investasi jangka panjang akan memberikan fokus dan motivasi yang diperlukan untuk tetap berinvestasi. Tentukan apakah kamu berinvestasi untuk masa pensiun, pendidikan anak, atau kebutuhan lainnya. Dengan mengetahui tujuan jangka panjang Pins, akan dapat membuat rencana investasi yang lebih terarah.

Diversifikasi Portofolio Investasi Generasi Sandwich

Source : IndoGold

Penting untuk melakukan diversifikasi investasi Pins untuk mengurangi risiko. Jangan menginvestasikan seluruh uang ke dalam satu jenis aset saja. Pertimbangkan untuk membagi investasi Pins di berbagai instrumen keuangan seperti saham, obligasi, reksa dana, emas atau properti. Diversifikasi dapat membantu melindungi portofolio kamu jika salah satu investasi mengalami penurunan nilai.

Misalkan Pins merupakan seorang yang gemar berinvestasi dalam bentuk saham dan properti investasi bentuk ini merupakan investasi high risk yaitu punya risiko yang besar karena punya keuntungan yang besar dan punya kerugian yang besar juga. Agar kamu tidak mengalami kerugian yang cukup besar jangan investasikan semua uang dalam bentuk properti dan saham.

Sebaiknya bagi porsi ke dalam bentuk investasi emas yang merupakan investasi low risk atau minim risiko yang stabil dan cenderung mengalami kenaikan dalam jangka waktu panjang. Sehingga saat mengalami kerugian dari saham dan properti kamu masih memiliki simpanan emas.

Baca juga: 6 Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi Agar Finansial Lebih Aman

Tingkatkan Pengetahuan Keuangan dan Investasi Generasi Sandwich

Cara Investasi untuk Generasi Sandwich
Source : IndoGold

Masalah terbesar seorang generasi sandwich biasanya mereka malas untuk belajar, atau waktu mereka yang terlalu sibuk mengurus keluarga dan orang tuanya. Padahal seharusnya mereka selalu berupaya untuk meningkatkan pengetahuan Pins tentang keuangan dan investasi. Ikuti seminar, baca buku, atau ikuti program pendidikan keuangan untuk memahami prinsip-prinsip dasar investasi dan cara mengelola keuangan secara efektif. Semakin banyak Pins tahu, semakin baik kamu akan dapat mengambil keputusan investasi yang bijaksana.

Jaga Keseimbangan Antara Kewajiban dan Investasi Generasi Sandwich

Sebagai generasi sandwich, Pins mungkin memiliki beban keuangan yang lebih besar dibandingkan dengan generasi lainnya. Pastikan Kamu menjaga keseimbangan antara kewajiban keuangan, seperti membayar hutang, biaya pendidikan anak, atau membantu orang tua, dengan investasi. Dalam beberapa kasus, Pins mungkin perlu mengurangi pengeluaran atau mengevaluasi kembali prioritas keuangan untuk memberikan ruang bagi investasi. 


Nah, jika Pins saat ini merasa merupakan seorang generasi sandwich yang belum berinvestasi? Cara diatas bisa menjadi jurus jitu untuk memulai investasi. Mulailah dengan langkah awal dengan memulai investasi emas digital menggunakan aplikasi IndoGold yang memiliki spread harga emas cuma 2,4% dan bisa menabung emas mulai dari 10 ribu.

Baca juga: Tradisi Beli Emas Saat THR yang Nggak Banyak Orang Tau!

Featured image source: IndoGold


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download