BlogPemilik PropertiFinansialTips Investasi Pakai Uang THR, Lebaran Semakin Cuan!
0
0

Tips Investasi Pakai Uang THR, Lebaran Semakin Cuan!

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 12, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
koinworkstop-right-banner

Uang THR sudah cair? Jangan dulu dihabiskan, dan cobalah simak tips investasi pakai uang THR dibawah ini. 

Uang THR atau Tunjangan Hari Raya merupakan salah satu hak bagi karyawan yang akan mereka dapatkan menjelang hari raya lebaran ataupun natal.  Seperti yang diketahui bahwa menjelang hari raya jumlah kebutuhan semakin meningkat, mungkin dari sanalah inisiasi THR tersebut dimulai. 

Baca juga:

Perhitungan Uang THR

Pada umumnya, besaran uang THR adalah senilai satu bulan gaji untuk karyawan yang sudah bekerja selama satu tahun atau lebih di perusahaan tersebut.

Sedangkan, untuk karyawan dengan masa kerja kurang dari satu tahun akan mendapatkan uang THR senilai pro rata atau dengan rumus perhitungan “lama masa kerja : 12 x nominal satu bulan gaji”

Pemberian uang THR ini diatur jelas oleh peraturan pemerintah, yang artinya perusahaan wajib untuk memberikan uang THR sebagaimana yang telah ditetapkan.  Dengan jumlah uang THR yang tergolong besar tentunya kebijaksanaan dalam mengelolanya sangat dibutuhkan agar uang THR tidak habis begitu saja. 

Salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menyisihkan sebagian uang THR untuk menabung dan investasi.

Alasan Investasi Pakai Uang THR

koinworks
Source : Shutterstock

Menyimpan uang THR di tabungan memang baik, tapi akan lebih baik apabila kamu menginvestasikannya juga.  Mengapa?  Karena uang yang ada didalam tabungan tidak akan berkembang nilainya seperti jika kamu berinvestasi.

Sebagai contoh, kamu sama-sama menyimpan uang Rp.100 ribu di tabungan dan di salah satu instrumen investasi, dalam satu tahun uang yang ada di tabungan kamu akan tetap Rp.100 ribu atau bahkan berkurang karena terpotong biaya administrasi Bank, sedangkan uang yang kamu investasikan bisa saja menjadi Rp.110 ribu.  Uang kamu bisa berkembang secara nilai dikarenakan adanya efek compounding. 

Baca juga: Strategi Investasi Dana Pensiun Paling Efektif!

Tips Investasi Pakai Uang THR

koinworks
Source : Shutterstock

Perlu dipahami bahwa yang namanya investasi selalu memiliki risiko, jadi butuh langkah bijak, kehati-hatian, dan kecermatan sebelum memutuskan untuk berinvestasi. 

Berikut adalah tips investasi pakai uang THR agar investasimu mendatangkan cuan. 

Tentukan Seberapa Banyak Yang Akan Diinvestasikan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur alokasi budget penggunaan uang THR agar seluruh kebutuhan bisa terpenuhi.  Ingat, kebutuhan bukan keinginan. 

Pengalokasian budget mungkin bisa dibagi menjadi 50% untuk kebutuhan hari raya, mengingat uang tersebut memang diperuntukkan untuk hal tersebut. Kemudian, 50% sisanya bisa kamu bagi lagi antara tabungan, investasi dan mungkin hal penting lainnya. Intinya, tentukan budget investasi agar kamu sudah tahu seberapa banyak yang harus kamu investasikan.

Pelajari dan Pilih Instrumen Investasi Yang Sesuai

Bagi investor pemula tentunya menentukan instrumen investasi yang cocok dan aman bagi mereka merupakan hal yang cukup menantang.  Tapi tidak apa-apa, selalu ada waktu pertama dalam segala hal. 

Kamu bisa mulai dari mempelajari jenis-jenis investasi yang paling aman untuk pemula, misalnya saja Peer to Peer Lending, Deposito, Reksadana ataupun Obligasi. Ke empat instrumen investasi yang disebutkan tadi merupakan instrumen investasi yang tergolong rendah risiko, sehingga cukup aman untuk investor pemula. 

Jika sudah mempelajari semuanya, hal yang bisa kamu lakukan adalah mempertimbangkan persentase keuntungan yang akan kamu dapatkan.  Tidak harus ambil yang paling tinggi, tapi ambil yang paling kamu yakini.

Tentukan Berapa Lama Periode Investasi

Satu hal terpenting dalam tips investasi pakai uang THR adalah jangan pernah berinvestasi dengan uang yang akan kamu butuhkan untuk kebutuhan sehari-hari.  Ya, berinvestasilah menggunakan “uang dingin” atau uang yang tidak akan kamu gunakan dalam waktu dekat. 

Beberapa instrumen investasi memang bisa kamu pilih sendiri seberapa lama kamu mau menginvestasikan uangmu misalnya saja investasi Peer to Peer Lending. Namun, beberapa investasi lainnya telah memiliki periode investasi tertentu yang harus kamu ikuti seperti obligasi. 

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menentukan seberapa lama kamu mau investasikan uang kamu dan tentunya dengan mencocokan periode investasi dengan tujuan keuangan kamu di masa mendatang.

Diversifikasi Investasi

Tahap terakhir yang bisa kamu coba untuk dapat untung maksimal dan juga meminimalisir risiko investasi adalah dengan melakukan diversifikasi investasi. 

Diversifikasi Investasi merupakan kegiatan dimana kamu membagi alokasi investasi ke beberapa instrumen investasi yang berbeda. 

Ingatlah bahwa menaruh telur di wadah yang berbeda-beda akan selalu lebih aman dibandingkan menaruh telur di satu wadah yang sama. 

Itulah beberapa tips investasi pakai uang THR yang bisa mulai kamu implementasikan di tahun ini. Mulailah dari instrumen yang cukup aman dan dengan modal kecil terlebih dahulu seperti Investasi P2P. 

Di KoinWorks, kamu bisa mulai Investasi P2P hanya dengan Rp.100 ribu dan tentunya dengan potensi keuntungan yang cukup menjanjikan yakni hingga 18% per tahun.  Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Rumah Dekat Perbelanjaan di Cijerah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download