BlogPemilik PropertiFinansialTradisi Beli Emas Saat THR yang Nggak Banyak Orang Tau!
0
0

Tradisi Beli Emas Saat THR yang Nggak Banyak Orang Tau!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 17, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Beli Emastop-right-banner

Menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran, ada tradisi yang selalu dinanti selain mudik, yakni pemberian Tunjangan Hari Raya atau THR. Lalu, bagaimana jika THR yang kamu miliki dijadikan investasi untuk beli emas?

Biasanya, THR diberikan kepada pegawai pemerintah maupun karyawan perusahaan swasta. Ada satu tradisi unik masyarakat Indonesia saat memasuki atau mengakhiri bulan puasa yaitu beli emas, Yuk, simak bagaimana tradisi beli emas saat THR yang nggak banyak orang tau terjadi di Indonesia!

Sebagai seorang pegawai, Anda berhak mendapatkan THR menjelang hari raya dengan besaran yang berbeda-beda. Selain itu pada saat bersamaan ada tradisi beli emas saat THR yang sudah lama ada di Indonesia, tradisi ini merupakan hal baik yang patut dilestarikan dan diikuti oleh generasi muda saat ini. Bahkan di zaman dahulu untuk membeli emas kita harus bersusah payah datang ke toko belum lagi menunggu antrian panjang karena toko emas selalu ramai pada moment menjelang lebaran.

Nah, untuk sekarang jika Anda ingin menggunakan uang THR untuk beli emas tidak perlu lagi datang ke toko dan antri, dengan IndoGold Anda bisa beli emas fisik dan digital. Emas fisik yang tersedia dalam bentuk logam mulia beragam merek seperti Antam, UBS, Emas Kita, Anda bisa cek disini harga emas batangan.  Sedangkan untuk emas digital Anda bisa beli mulai dari Rp10 ribuan dan bisa Anda cetak dalam bentuk logam mulia atau bisa Anda jual kembali. 

Tradisi Beli Emas ada Sejak Kapan?

Source : IndoGold

Tradisi beli emas atau yang sekarang dikenal dengan bahasa Investasi emas ternyata sudah ada di Indonesia sejak zaman kerajaan, bahkan jauh sebelum bangsa Portugis dan Belanda datang. 

Jika dahulu kala masyarakat kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Aceh dan Kerajaan Mataram di masa lalu memiliki tradisi memberikan hadiah emas kepada keluarga menjelang hari raya. 

Uniknya tradisi dan kebiasaan membeli emas, mengoleksi atau bertukar emas ini kemudian dilakukan secara turun-temurun menjelang hari raya.

Bulan Puasa merupakan bulan sebelum hari raya Idul Fitri pada bulan ini biasanya pekerja mendapatkan THR, karena itu sebagai masyarakat menggunakan THR mereka untuk membeli emas.

Baca juga: Cara Investasi Emas yang Menguntungkan Supaya Bisa Beli Hunian Impian

Tujuan Beli Emas Menggunakan Uang THR

Source : IndoGold

Emas menjadi alat investasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai tabungan jangka panjang atau tabungan dana darurat yang merupakan primadona sejak dulu. Hal ini terjadi karena emas salah satu aset yang minim risiko dan cenderung mengalami kenaikan harga. 

Ketika mendapatkan uang dalam jumlah besar biasanya masyarakat Indonesia menggunakannya untuk beli emas. Nah, pada saat THR ini biasanya Anda akan mendapatkan uang dalam jumlah besar. Lalu apa tujuannya?

  1. Jika emas yang dibeli adalah perhiasaan biasanya akan digunakan sebagai perhiasan yang akan dikenakan saat hari raya Idul Fitri
  2. Sebagai hadiah untuk keluarga dan kerabat, emas sangat cocok diberikan sebagai hadiah jika disimpan dalam waktu lama nilainya akan terus meningkat. Logam mulia atau emas batangan sangat cocok dijadikan hadiah, ada juga emas batangan dengan edisi Idul Fitri lho
  3. Sebagai alat investasi sudah tidak diragukan lagi, emas sangatlah cocok digunakan sebagai alat investasi jangka panjang. Sehingga uang THR yang didapat tidak habis dan bisa jadi tabungan di masa depan.

Berapa Harga Emas Saat Ini?

Source : IndoGold

Saat akan membeli emas harga menjadi hal penting yang wajib Anda ketahui, Jika Anda sudah menggunakan aplikasi IndoGold, Anda bisa dengan mudah mengakses harga emas digital IndoGold dan emas fisik. yang dijual IndoGold. 

Berikut harga emas pertanggal 13 April 2023:

  1. Perhiasan
  • Emas Muda (kadar emas di bawah 70%) = Rp450.000/gr
  • Emas Murni (kadar emas di atas 70%) Rp750.000-Rp850.000/gr
  1. Emas batangan di Aplikasi IndoGold:
  • UBS Gold : Rp1.037.000/gr
  • Antam : Rp1.096.000/gr
  • Lotus Archi : Rp1.072.000/gr
  • EmasKita Antam: Rp.1.060.000/gr
  1. Emas digital IndoGold 

Harga Beli: Rp980.749/gr 

Harga Jual: Rp956.572/gr

Spread Harga hanya 2,4% untuk emas digital

Berdasarkan aturan PMK No.34/PMK10/2017, pembelian emas batangan akan dikenakan PPh 22 sebesar 0,9 jika membeli tanpa NPWP. Sedangkan jika menyertakan NPWP PPh pembelian emas batangan dan digital turun 0,45%.

Baca juga: Sebelum Berinvestasi, Wajib Tahu 6 Tips Investasi Properti Agar Tidak Rugi!

Masih Menarikkah Uang THR digunakan beli emas?

Source : IndoGold

Melihat pergerakan harga emas setahun terakhir yang terus meningkat menunjukkan bahwa investasi emas masih memiliki potensi yang sangat baik. Emas memang menjadi aset lindung nilai yang paling sering digunakan saat menghadapi inflasi dan krisis ekonomi

Harga emas di awal tahun 2023 cenderung naik karena merespon krisis perbankan yang terjadi di Amerika Serikat

Jadi daripada uang THR Anda habis begitu saja, lebih baik digunakan untuk membeli emas. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mempunyai dana simpanan dalam bentuk emas yang bisa digunakan kapanpun jika membutuhkan.

Tips beli Emas Biar Nggak Rugi

Source : IndoGold
  1. Apabila Anda ingin membeli emas fisik, pastikan toko emas tersebut terpercaya. Di lain hal, apabila ingin membeli emas digital, pastikan perusahaan penyedia platform memiliki ijin dari BAPPEBTI 
  2. Pilih emas dengan gramasi yang besar, karena semakin besar gramasinya maka biaya cetak sertifikat per gram nya semakin murah. Disarankan membeli emas fisik minimal 10 gram. Namun, jika dana tidak memadai dapat membeli emas dengan cara menabung emas digital yang nantinya dapat dicetak menjadi emas fisik
  3. Spread atau selisih harga jual dan beli emas fisik biasanya lebih besar dibandingkan spread emas digital. Dengan spread yang kecil, menambah keuntungan bagi kamu yang memiliki emas. 
  4. Set waktu investasi emas minimal 5 tahun untuk mendapatkan keuntungan. Tidak disarankan untuk menjual emas dibawah 1 tahun. 

Nah, itu dia bagaimana tradisi beli emas saat THR yang menjadi sebuah tradisi unik di kalangan masyarakat Indonesia. Tradisi tersebut dapat mengajarkan kita untuk mengelola keuangan dengan baik melalui aset emas.

Baca juga: 7 Tips Menabung Cepat yang Efektif Dilakukan

Featured image source: IndoGold


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download