BlogPemilik PropertiFinansialCara Investasi Emas yang Menguntungkan Supaya Bisa Beli Hunian Impian
0
0

Cara Investasi Emas yang Menguntungkan Supaya Bisa Beli Hunian Impian

Ditulis oleh Voni Wijayanti

Mar 24, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Investasi Emastop-right-banner

Ingin beli hunian impian dengan cara investasi? Pins bisa memanfaatkan investasi emas sebagai tabungan untuk mendapatkan hunian impian lho. Yuk, simak cara investasi emas yang menguntungkan supaya bisa beli hunia impian.

Di zaman yang serba modern seperti ini ada banyak jenis investasi yang bermunculan dan tak jarang ditemukan beberapa investasi yang mengiming-imingi keuntungan secara instan dan berujung pada penipuan, jangan sampai mengalami dan terjebak dalam investasi model itu. Pilih lah investasi yang minim risiko agar bisa menjadi tabungan untuk mendapatkan hunian impian.

Baca juga: Investasi uang: cara bijak dan benar

Cara Investasi Emas untuk Beli Hunian Impian

Investasi emas merupakan salah satu pilihan investasi yang cukup populer karena nilai emas yang relatif stabil dan cenderung naik dari waktu ke waktu. Berikut ini beberapa cara investasi emas yang menguntungkan agar bisa membeli hunian impian:

Investasi Emas Fisik

Source : Shutterstock

Investasi emas fisik adalah cara investasi yang paling umum dan mudah dipahami. Emas fisik yang dimaksud adalah emas batangan atau perhiasan emas. Namun yang cocok dipakai untuk investasi emas, adalah emas batangan karena kadar pada emas batangan yang tinggi yaitu 99,99% emas murni 24 karat dan harga yang terus meningkat.

Sedangkan pada perhiasan kadar emas beragam dan tidak murni emas. Selain itu, perlu diingat bahwa harga jual emas perhiasan biasanya lebih rendah dibandingkan harga beli emas di pasar atau toko emas karena biasanya penjual perlu mengambil keuntungan dari proses penjualan dan perawatan perhiasan.

Perlu diingat bahwa saat membeli emas batangan, pastikan untuk memilih toko emas atau pedagang emas yang terpercaya dan memastikan keaslian batangan emas dengan memeriksa sertifikat atau tanda keaslian lainnya. Hal ini penting untuk menghindari pembelian emas palsu atau batangan emas yang tidak murni.

Investasi Emas Digital

Source : Shutterstock

Pada era perkembangan teknologi digital yang begitu pesat, investasi emas pun ikut mengalami perkembangan, kini hadir investasi emas digital sebuah investasi emas dengan kadar 24 karat yang memungkinkan investor membeli emas secara online tanpa beban penyimpanan, karena emas yang diinvestasikan dalam bentuk fisik disimpan aman.

Jika Pins ingin memulai investasi emas digital pastikan perusahaan yang dipilih sudah diawasi dan berijin khusus Badan Pengawas Perdagangan Berjanka Komoditi (BAPPEBTI) sesuai dengan peraturan  No. 4 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka. Selain itu, investasi emas digital juga memungkinkan untuk membeli emas dengan jumlah kecil dan harga yang lebih terjangkau. 

Untuk kamu yang ingin memulai investasi emas fisik atau digital IndoGold hadir sebagai solusi mempermudah investasi emas hanya dalam satu genggaman tangan melalui Aplikasi IndoGold Pins bisa membeli emas fisik atau digital. 

Baca juga: Perlu Tahu! Ini Serba Serbi Investasi Emas yang Menguntungkan!

Membeli Hunian Impian dari Tabungan Emas  

Source : Shutterstock

Semua orang pasti ingin punya hunian impian, namun untuk memilikinya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Investasi emas menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan, mengapa demikian?

Investasi emas adalah investasi safe haven, apa itu? Safe haven adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada investasi atau aset yang dianggap stabil dan relatif aman dalam kondisi pasar yang tidak stabil atau tidak pasti.

Dalam konteks investasi, safe haven biasanya merujuk pada jenis aset yang dianggap dapat melindungi nilai investasi dalam situasi ketidakpastian ekonomi atau geopolitik. Dengan begitu emas sangat cocok dijadikan sebagai tabungan jangka panjang dan bisa digunakan untuk membeli hunian impian. 

Jika Pins menabung emas tidak perlu memikirkan biaya potongan admin setiap bulannya. Sekarang yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan dari tabungan emas yang dilakukan.

Mencari Informasi Biaya KPR Rumah

Source : Shutterstock

Jika ingin memilki hunian impian dari tabungan emas, hal utama yang dilakukan adalah mencari informasi biaya KPR yang dibutuhkan. Kini kamu tidak perlu lagi keluar rumah atau datang ke lokasi jika hanya ingin mengetahui biaya KPR, cukup menggunakan aplikasi Pinhome Pins bisa selalu mendapatkan informasi biaya KPR terkini yang bisa diakses secara gratis.  

Setelah mengetahui biaya yang dibutuhkan Pins bisa mulai menabung emas secara konsisten dan sabar. 

Selalu Pantau Harga Emas

Source : Shutterstock

Sabagai seorang investor emas harga emas menjadi salah satu indikator yang wajib Pins ketahui setiap saat, gimana cara mengetahuinya? Untuk mengetahui harga emas terkini kamu tidak perlu lagi datang ke toko emas atau mencari informasi di media. Pins bisa cek harga emas di IndoGold yang selalu updated setiap harinnya.

 Pada saat menjadi investor emas biasanya akan mendengar beberapa istilah yang sedikit asing seperti buyback dan spread harga, lalu apa pengertiannya?

Baca juga: Strategi Investasi Dana Pensiun Paling Efektif!

Apa itu Spread dan Buyback?

Source : Shutterstock

Buyback emas adalah harga jual kembali yang Pins terima saat menjual emas, Untuk mendapatkan keuntungan dari harga beli kamu harus menyimpan emas minimal 3-5 tahun, agar tidak rugi saat menjual emas. 

Spread harga emas merujuk pada perbedaan antara harga jual dan harga beli emas pada suatu waktu tertentu. Spread ini dihitung sebagai selisih antara harga jual dan harga beli emas pada saat yang sama dan dinyatakan dalam satuan mata uang tertentu. 

Semakin kecil spread emas ini akan membuat keuntungan bagi investor, Karena batas antara harga jual dan beli semakin dekat, sehingga Pins akan lebih cepat mendapatakan keuntungan.

Contoh jika kamu berinvestasi emas dengan spread harga 3%:

Harga emas 1 gram =  Rp 1,000.000,-

Harga Spread  = ( Harga emas X Spread) Jadi  Rp 1,000.000 X 3% = Rp 30,000,-

Harga Jual  = (Harga emas – Harga Spread) Jadi Rp 1,000,000 – Rp 30,000 = Rp 970,000

Nah, dengan begini Pins harus pastikan ketika menjual emas mengetahui besaran spread harga yang diberikan toko tersebut. Hal ini dimaksud agar tidak mengalami kerugian saat menjual emas, Pins bisa klik link ini untuk mengecek berapa harga emas hari ini.

Perhatikan Ini Saat Memilih Toko Emas

Source : Shutterstock

Sangat penting dalam menentukan toko emas yang akan Pins jadikan sebagai tempat untuk berinvestasi emas, karena jika kamu salah dalam memilih toko emas kerugian akan dialami oleh Pins. Berikut tips-tips memilih toko emas yang perlu kamu tau:

  1. Pilih tokoh emas yang transparan soal harga dan berat
  2. Cek review toko emas secara online
  3. Pastikan toko terpercaya dan berkomitmen
  4. Toko emas sudah lama berdiri dan punya banyak pelanggan
  5. Pastikan toko yang dipilih sudah berbadan hukum atau merupakan perusahaan akan lebih bagus

Berdasarkan tips-tips diatas IndoGold merupakan perusahaan yang memenuhi kriteria diatas, karena di IndoGold proses jual beli emas selalu transparan dan memiliki review yang baik secara online, selain itu IndoGold merupakan perusahaan yang sudah lama berdiri sejak tahun 1978 dan kini terus berevolusi. Secara badan hukum IndoGold merupakan perusahaan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI. 

Sekarang saatnya Pins konsisten nabung emas untuk membeli hunian impian yang ingin dimiliki. Nabung emas mulai dari 10 ribu hanya di IndoGold cek cara registrasi akun untuk bisa nabung emas bersama IndoGold.

Baca juga:

Featured image source: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Elora Residence Pamulang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner
sticky banner
sticky banner
Pinhome App

Coba Aplikasi Pinhome

Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

iOS PCA DownloadAndroid PCA Download