BlogLifestyleEdukasiPengertian Sholat, Syarat, Rukun dan Orang yang Tidak Wajib Sholat
0
0

Pengertian Sholat, Syarat, Rukun dan Orang yang Tidak Wajib Sholat

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
pray, prayer, tahajjud-5839561.jpgtop-right-banner

Rukun Islam merupakan pedoman bagi umat muslim dalam beribadah. Salah satu hal yang dimuat dalam rukun Islam ialah perintah menjalankan sholat. Ibadah ini bisa dikatakan sebagai bekal utama agar seorang muslim dapat masuk surga. Pasalnya, sholat merupakan satu kewajiban yang menjadi jembatan untuk dekat dengan Allah SWT. Namun sebetulnya, apa yang dimaksud dengan salat?

Meski hampir seluruh umat muslim menjalankanya, tapi tidak semua paham pengertian sholat sebenarnya. Pinhome kali ini akan menjelaskan pengertian sholat, syarat, rukun dan siapa saja yang tidak wajib sholat.

Baca juga: Bacaan Dzikir Setelah Sholat Lengkap

Pengertian Sholat

Pengertian sholat
Source : Pexels

Sholat sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya doa. Doa adalah sebuah permohonan umat kepada Yang Kuasa. Dalam buku “Shalat: Hikmah Falsafah dan Urgensinya” karya Abdul Aziz Salim Basyarahil, pengertian sholat adalah suatu ibadah yang meliputi peragaan tubuh khusus, dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam atau taslim. 

Dengan menjalankan sholat, seorang umat muslim bisa dibilang menjalankan semua ibadah. Sebab, dalam gerakan dan bacaan sholat, umat muslim turut berzikir, tilawah, berdiri, bertasbih, bersujud, berdoa, dan bertakbir kepada Allah SWT. Maka demikian, sholat bisa dibilang sebagai ibadah yang komplit. 

Baca juga: Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap

Syarat dan Rukun Sholat

pengertian sholat
Source : Pexels

Walau sholat hukumnya wajib, tapi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dulu agar sholat ini menjadi sah. 


Berikut syarat sholat yang perlu Pins ketahui: 

  • Beragama Islam 
  • Memiliki akal yang sehat dan tidak gila 
  • Sudah dewasa atau baligh
  • Bersih dan suci dari najis, haid, nifas, dan hal lain yang menjadi penghalang sholat. 

Selain itu terdapat pula syarat sah sholat yang harus dilakukan sebelum menjalaninya. Berikut beberapa di antaranya: 

  • Sholat sesuai waktu yang sudah ditepatkan
  • Suci dari hadas besar maupun hadas kecil
  • Suci badan, suci pakaian, dan tempat sholat pun terbebas dari najis
  • Menutup aurat sesuai yang telah ditetapkan oleh Allah SWT
  • Menghadap ke kiblat. 

Guna membuat sholatmu diterima, Pins pun perlu mengikuti rukun sholat berikut:

  • Berdiri bagi yang mampu 
  • Membaca niat
  • Melakukan takbiratul ihram 
  • Membaca Al-Fatihah pada tiap rakaat sholat
  • Rukuk dan tuma’ninah 
  • Iktidal setelah rukuk dan tuma’ninah 
  • Sujud dua kali dengan tuma’ninah 
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah 
  • Duduk tasyahud akhir 
  • Membaca tasyahud akhir 
  • Membaca shalawat nabi pada tasyahud akhir 
  • Membaca salam yang pertama 
  • Tertib melakukan rukun sholat secara berurutan. 

Baca juga: Niat Sholat Maghrib Lengkap

Orang yang Tidak Wajib Sholat

pengertian sholat
Source : Konsultasi Fiqih

Terdapat beberapa orang yang tidak diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat, Kemudian siapa sajakah orang yang tidak diwajibkan sholat itu? Berikut adalah orang yang tidak diwajibkan sholat:

1. Orang Kafir

Pengertian Sholat adalah suatu ibadah jadi secara otomatis orang kafir tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah sholat. Orang yang tidak wajib sholat seperti orang kafir artinya tidak ada tuntutan untuknya untuk melakukan sholat.

Tetapi diakhirat kelak mereka akan disiksa disebabkan oleh kemungkinan yang membuat mereka memiliki kewajiban melakukan sholat apabila saja merek mau islam. Sebagaimana yang tertera pada Al-qur\\\\\\\\\\\\\\\’an surat Al-Muddatstsir 32-43

مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ

Kemudian makna atau arti dari ayat tersebut adalah sebagai berikut :

“Apa yang menyebabkan kalian masuk neraka saqar ?Mereka berkata, ‘Kami (ketika di dunia) tidak pernah melaksanakan sholat.”

Maka dari itu yang harus dilakukan oleh orang-orang kafir adalah yang pertama masuk atau memeluk agama islam, lalu jika tanpa hal tersebut mereka masih tidak sah sholat. Namun apabila mereka sudah masuk islam mereka tidak wajib untuk meng-qodlo atau mengganti sholat sebelumnya.

Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk orang-orang yang murtad apabila seorang murtad kembali masuk ke islam maka mereka sangat  diwajibkan untuk mengganti (meng-qodlo) sholat yang mereka tinggalkan saat mereka masih murtad.

2. Anak-anak

Anak-anak tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah sholat sampai mereka baligh atau dewasa. Meskipun seperti itu orang tua atau walinya wajib untuk mengajari sang anak untuk sholat dengan tata cara yang baik dan benar sehingga ketika anak sudah menginjak masa baligh mereka sudah mengetahui bagaimana cara untuk sholat dengan benar.

Sebagaimana seperti yang tertera pada hadist Abu Dawud No.494 yang berbunyi :

مروا الصبي بالصلاة إذا بلغ سبع سنين وإذا بلغ عشراً فاضربوه عليها

Lalu untuk terjemahan atau makna yang terkandung didalam potongan ayat tersebut adalah:

“Perintahkan anak kalian sholat saat berumur 7 tahun, dan hukum mereka jika meninggalkan sholat saat berumur 10 tahun.”

Baca juga: Bacaan Doa Sholat Tasbih

3. Orang Gila

Orang dengan gangguan jiwa atau mental(gila) adalah orang yang tidak wajib sholat atau ibadah-ibadah wajib yang lainya. Sementara itu para ulama menyamakan orang-orang yang setengah gila dengan orang yang benar-benar gila.

Hal ini juga telah disebutkan sebagaimana didalam kitab Al-Fiqhul wa Adillatuhu seperti yang ada dibawah ini :

المعتوه: هو من كان قليل الفهم، مختلط الكلام، فاسد التدبير لاضطراب عقله، سواء من أصل الخلقة، أو لمرض طارئ. فإن كان العته شديداً، والمعتوه غير مميز، فهو كالمجنون والصغير غير المميز، تكون تصرفاته كلها باطلة. وقد ألحقت كتب الفقهاء العته بالجنون

Artinya :

“Al-Mu’tawih adalah orang yang lemah pemahamannya, kata-katanya kacau, kontrol dirinya rusak karena akalnya kacau, baik dari sejak lahir atau karena sakit yang muncul kemudian. Jika dungunya parah, dan dia belum tamyiz, maka dia sama dengan orang gila dan anak kecil yang belum tamyiz, semua perbuatannya dinilai batal. Kitab-kitab fiqih menyamakan keduanya dengan gila.”

4. Ayan (Epilepsi)

Kemudian orang yang tidak wajib sholat selanjutnya adalah orang yang mengalami ayan atau gangguan pada saat aktivitas sel syaraf pada otak terdapat gangguan, yang memiliki akibat terjadinya kejang.

Penyakit ini terjadi diakibatkan oleh kelainan genetik atau cidera pada otak yang dialami seperti stroke atau trauma. Hal inilah yang menyebabkan penderita tidak diwajibkan untuk melaksanakan sholat.

5. Orang Mabuk Secara Tidak Sengaja

Orang yang mabuk dengan tidak disengaja merupakan orang yang tidak wajib sholat dikarenakan ketidaksengajaan seperti mabok dalam perperjalanan. Namun apabila Mabuk secara disengaja, maka orang itu haruslah mengganti solat mereka pada saat mereka sedang mabuk tadi yang tertinggal setelah mereka sudah sadar.

6. Perempuan yang Haid dan Nifas

Haid atau yang biasa disebut menstruasi adalah rutinitas yang pasti akan dialami oleh setiap perempuan. Kemudian didalam islam perempuan yang sedang haid termasuk orang yang tidak wajib sholat.

Terdapat beberapa pihak yang berpikir bahwa larangan itu disebabkan oleh wanita yang sedang haid adalah wanita yang dalam keadaan kotor.

Namun dalam pandangan islam, wanita yang sedang haid tetaplah suci dan bersih seperti wanita pada umumnya, yang kotor dan najis adalah darah saat haid, oleh sebab itu orang yang sedang haid tidak perlu untuk dujauhi atau dihindari.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian sholat, syarat wajib sholat, rukun dan syarat sholat. Serta dijelaskan pula orang-orang yang tidak wajib untuk melakukan ibadah sholat.

Baca juga: Tara Cara Sholat Jenazah Lengkap


emukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download