Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Cara Mengganti Sholat yang Tertinggal, Begini Rupanya

Cara Mengganti Sholat yang Tertinggal, Begini Rupanya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 28 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Sholat fardhu merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim. Salat ini umum dilakukan dalam lima waktu, dari subuh hingga isya. Namun pada kondisi tertentu terkadang beberapa orang melewatkan salah satu waktu tersebut. Jika demikian, Pins tak perlu khawatir karena Allah SWT memberikan keringanan dengan memberi kesempatan untuk mengqodho sholat. Nah, ada cara tersendiri untuk mengganti sholat yang tertinggal, Pins!

Pinhome – Tata cara mengqodho sholat tidaklah rumit. Namun jika Pins masih sering kebungan, berikut ini dijelaskan tata cara sholat qadha yang ringkas dan jelas. Yuk, simak langsung ulasannya!

Hukum sholat qodho

cara mengganti sholat yang tertinggal
(Pexels)

Allah SWT yang Maha Baik memberikan keringanan bagi umat muslim yang tak dapat menjalankan sholat tepat waktu. Caranya yakni dengan menggantinya di waktu lainnya. Dalam Islam, istilah tersebut disebut dengan sholat qodho. 

Qodho sholat adalah mendirikan sholat selepas waktunya. Artinya, orang tersebut mengerjakan shalat setelah waktu sholat berakhir. 

Kewajiban menqoho sholat merujuk pada hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَنْ نَسِيَ صَلاَةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَهَا لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلاَّ ذَلِكَ

Artinya: ”Siapa yang terlupa shalat, maka lakukan shalat ketika ia ingat dan tidak ada tebusan kecuali melaksanakan shalat tersebut, dan dirikanlah shalat untuk mengingat-Ku.” – HR Bukhari.

Dalam hadis lainnya, Rasulullah SAW pun bersabda: 

فَلْيُصَلِّهَا إِذَا ذَكَرَهَا

Artinya: “Maka hendaklah ia sholat ketika ia ingat.” – HR Muslim.

Walau Allah SWT memberikan keringan untuk mengqodho sholat, namun hal ini hanya dilakukan pada beberapa kondisi khusus dan tidak sengaja. Misalnya karena terlewat waktunya atau ketika sedang berada di perjalanan. Sementara, mereka yang sengaja meninggal sholat, tak diberi keringanan untuk mengqodhonya. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: 

“Sesungguhnya ketiduran bukan termasuk menyia-nyiakan shalat. Yang disebut menyia-nyiakan shalat adalah mereka yang menunda sholat, hingga masuk waktu sholat berikutnya. Siapa yang ketiduran hingga telat sholat maka hendaknya dia mengerjakannya ketika bangun.” – HR Muslim.

Baca Juga: Daftar Bacaan Dzikir Setelah Sholat Lengkap

Tata cara mengqodho sholat

cara mengganti sholat yang tertinggal
(Pexels)

Sesuai yang telah dijelaskan sebelumnya, mengqodho sholat berarti mengerjakan sholat di luar waktu yang sebenarnya. Atau, istilah mudahnya mengqodho sholat yakni menggantikan waktu shalat yang terlewat.

Sama halnya dengan shalat fardhu, sholat qodho pun harus disegerakan, tidak boleh ditunda-tunda. Mengenai tata cara sholat qadha sendiri, termuat dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan An-Nasa’i.

Hadis tersebut menjelaskan bagaimana Rasulullah SAW menjalankan sholat qodho karena tidak sempat menjalankan empat sholat fardhu. Sebab, kala itu Rasulullah SAW sibuk di perang Khandaq yang berlangsung hingga malam hari.

Dalam hadis disebutkan, Rasulullah SAW mengerjakan shalat yang ditinggalkannya dalam satu waktu. Setelah selesai sholat Dzuhur, Nabi Muhammad berdiri lalu mengerjakan sholat Ashar. Kemudian, Nabi Muhammad berdiri lagi dan mengerjakan sholat Maghrib, lalu disusul sholat Isya. 

Hal tersebut sesuai dengan bacaan hadis yang artinya seperti berikut: 

“Kemudian iqamah lagi dan beliau mengerjakan shalat Ashar. Kemudian iqamah lagi dan beliau mengerjakan shalat Maghrib. Dan kemudian iqamah lagi dan beliau mengerjakan shalat Isya.” – HR At-Tirmizi dan An-Nasa’i.

Adapun tata cara sholat qodho sendiri sebetulnya sama dengan sholat fadhu lainnya. Baik dari jumlah rakaat, gerakan sholat, dan bacaannya. Namun demikian, tentu saja bacaan niat sholatnya berbeda. 

Untuk memperjelassalah satu cara mengganti sholat yang tertinggal, berikut niat sholat qodho yang harus dibaca. 

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Waktu Sholat Taubat Yang Tepat

Niat mengqodho sholat Subuh

Arab latin: Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati qodho’an lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Subuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat serta qodho karena Allah Ta’ala.”

Niat mengqodho sholat Dzuhur

Arab latin: Ushallii fardhazh-Zhuhri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati qodho’an lilaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan shalat fardhu Dzuhur sebanyak empat rakaat dengan menghadap kiblat serta qodho karena Allah Ta’ala.”

Dengan menghadap kiblat serta qodho karena Allah Ta’ala.

Niat mengqodho sholat Ashar

Arab latin: Ushallii fardhal ‘Ashri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati qodho’an lilaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Ashar sebanyak empat raka’at dengan menghadap kiblat serta qodho karena Allah Ta’ala.”

Niat mengqodho sholat Maghrib

Arab latin: Ushallii fardhal Maghribi tsalaatsa raka’aatin mustaqbilal qiblati qodho’an lilaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Maghrib sebanyak tiga rakaat dengan menghadap kiblat, serta qodho karena allah ta’aalaa.”

Niat mengqodho sholat Isya

Arab latin: Ushallii fardhal Isyaa’i arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati qodho’an lilaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Isya’ sebanyak empat rakaat dengan menghadap kiblat serta qodho karena Allah Ta’ala.”

Niat sholat ini dapat dilafalkan dalam hadis saja. Sebab, tak ada hadits shahih yang menjelaskan bahwa niat sholat harus dilafalkan atau diucapkan dengan nyaring. 

Selain sholat fardhu beberapa sholat sunnah pun dapat diqodho. Misalnya saja sholat rawatib, sholat dhuha, dan sholat eid. Adapun tata caranya sama seperti sholat wajib lainnya atau sesuai ketentuan shalat sunnah tersebut.  

Demikian penjelasan mengenai tata cara sholat qodho yang mesti dilakukan oleh Pins yang melewatkan sholat fardhu. Guna mendapatkan keutamaannya, sebaiknya sholat ini dilakukan sesegera mungkin. Mengingat sholat qodho merupakan pengganti sholat fardhu yang hukumnya wajib. Semoga ulasan ini bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel