Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Tie Rod: Fungsi, Letak, Tanda dan Penyebab Tie Rod Rusak
Otomotif

Tie Rod: Fungsi, Letak, Tanda dan Penyebab Tie Rod Rusak

  • 7 Aug, 2021 oleh Budi Santoso
  • 6 menit membaca

Fungsi Tie Rod – Salah satu hal yang berpengaruh untuk mendapatkan kenyamanan dalam berkendara adalah tie rod. Tie rod merupakan salah satu komponen pada spare part mobil yang letaknya antara steering gear box dan knuckle roda. Secara mudah, komponen ini akan terlihat karena bentuknya yang memanjang dan menghubungkan antara steering rack dan roda bagian depan mobil.

A. Pengertian Tie Rod

Tie rod
Gambar Sistem Kemudi Yang Didalamnya ada Tie Rod

Tie rod merupakan bagian yang akan menghubungkan kemudi mobil dengan roda mobil. Secara pasti, bentuknya tergantung dari jenis sistem kemudi yang digunakan. Untuk mobil yang menggunakan jenis kemudi rack & pinion maka akan ada dua jenis tie rod, yaitu rack end dan tie rod end. Rack end merupakan alat yang terhubung dengan ujung kemudi mobil. Sementar tie rod end merupakan alat yang terhubung dengan roda mobil.

B. Fungsi Tie Rod

Selain memberikan kenyamanan saat berkendara, tie rod ini juga memiliki beberapa manfaat dan fungsi seperti :

1. Penggerak Putaran Roda Depan

Salah satu fungsi dari tie rod ini adalah untuk menggerakan roda bagian depan. Tie rod merupakan alat yang menghubungkan steering gear pada kemudi dengan steering knuckle pada roda. Maka ketika kemudi diputar, steering gear box akan ikut bergerak dengan memberika gerakan menarik atau mendorong.

Gerakan menarik atau mendorong ini akan membuat sebagian sisi roda menjadi bergeser. Ini yang nantinya akan membuat roda depan bergerak sesuai dengan arah kemudi.

2. Mengatur Selisih Toe

Fungsi lainnya dari tie rod adalah untuk mengatur selisi toe. Toe sendiri merupakan istilah untuk menyebt jarak antara sisi depan roda depan dengan sisi belakang nya saat dilihat dari atas mobil. Toe sendiri ada dua jenis, yaitu toe in dan toe out. Toe in memiliki fungsi untuk mengatur antar roda bagian depan bisa berputar dengan lurus dan stabil. Selain itu, fungsi dari toe in juga mencegah keausan pada ban.

Untuk mengatur hal tersebut maka bisa dilakukan pada sambungan yang ada pada long tie rod dengan tie rod end. Caranya adalah dengan mengatur panjang atau pendek ulir antara long tie rod dengan tie rod end guna mendapat sudut yang dibutuhkan.

3. Meredam Getaran

Fungsi lainnya dari tie rod ini juga adalah untuk meredam getaran yang ditimbulkan akibat perputaran pada kemudi. Tie rod akan dilengkapi dengan ball joint yang akan bergerak ke semua arah.. inilah alat yang digunakan untuk meredam getaran tersebut.

Pada prakteknya, long tie rod akan meredam getaran ke atas dan bawah roda. Sementara tie rod end akan meredam getaran ke arah kanan dan kiri. Cara kerja seperti ini akan membuat semua getaran yang dihasilkan ke arah manapun tidak akan berpengaruh ke body.

4. Menghubungkan Steering Gear Box dengan Cakram Roda

Fungsi utama lain nya pada tie rod adalah penghubung steering gear box dengan cakram roda bagian depan. Fungsi ini akan membuat gerakan roda depan mengikuti arah putaran kemudi.

C. Letak Tie Rod dalam Mobil

letak tie rod pada mobil
Source : https://ricksfreeautorepairadvice.com/tie-rod-tie-rod/

Tie rod sendiri terletak diantara steering gear box dengan knuckle roda depan. Tie rod ini akan menjadi penghubung antar kedua bagian tersebut. Fungsi utama nya adalah membuat roda bergerak sesuai dengan arah kemudi.

D. Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Tie Rod

Karena fungsi nya yang sangat vital maka menjaga kondisi tie rod tetap prima merupakan sesuatu yang perlu dilakukan. Hal tersebut karena jika tie rod mengalami masalah maka salah satu faktor yang akan terganggu adalah masalah kenyamanan. Untuk  itu beberapa gejala dari muncul nya kerusakan pada tie rod diantara nya adalah :

1. Getaran Saat berbelok

Salah satu indikasi dari muncul nya kesalahan pada fungsi tie rod adalah muncul nya getaran saat mobil berbelok. Secara normal getaran ini tidak akan muncul karena salah satu fungsi dari tie rod adalah meredam getaran seperti ini. Jika muncul getaran ini maka besar kemungkinan simpul – simpul pada tie rod sudah mengalami keausan. Hal ini yang menyebabkan getaran muncul saat kemudi dibelokan.

2. Muncul Bunyi Pada Bagian Kaki – Kaki Mobil

Selain menimbulkan masalah getaran. Keausan pada simpul – simpul tie rod juga akan menyebabkan muncul nya bunyi – bunyi pada kaki – kaki mobil Anda. Secara spesifik maka bunyi ini akan muncul ketika kemudi dalam keadaan berbelok.

3. Kemudi Menjadi Tidak Lurus

Coba perhatikan kemudi mobil Anda. Jika kemudi Anda sering membuang ke satu arah, maka itu bisa jadi menandakan ada masalah pada bagian tie rod. Masalah ini muncul karena ban mobil berputar ke satu arah tertentu dengan sudut yang besar. Hal ini akan berpotensi untuk membuat ban mobil berbelok sendiri ke satu arah. Cara paling mudah untuk melihat masalah ini adalah dengan membiarkan mobil pada jalanan lurus. Jika pergerakan mobil sedikit melenceng maka itu merupakan indikasi ada nya masalah pada tie rod.

4. Mobil Sedikit Oleng

Ciri lain nya bila terjadi kerusakan pada tie rod adalah mobil menjadi oleng dan kemudi menjadi sedikit enteng dari biasanya. Hal bisa terjadi karena dua hal. Yang pertama adalah baut pada tie rod mengendur. Jika masalah ini muncul, maka solusinya cukup dengan mengencangkan baut tersebut.

Penyebab yang kedua adalah rusak nya karet pembungkus ball joint. Jika masalah ini yang muncul maka solusi satu –satu nya adalah dengan mengganti karet tersebut dengan yang baru. Karet pembungkus pada ball joint ini berfungsi untuk menjaga pelumas agar tidak bocor. Jika bocor dan ball joint menjadi kering maka akan menimbulkan masalah baru lainnya.

E. Penyebab Tie Rod Sering Rusak

Selain mengetahui ciri – ciri dari kerusakan pada tie rod, Anda juga harus paham mengapa tie rod bisa rusak. Setidaknya kerusakan pada tie rod bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti

1. Baut Tie Rod Kendor

Masalah utama yang sangat sering terjadi pada komponen ini adalah masalah pada baut. Seringkali pengguna tidak menyadari jika baut pada tie rod ini sudah mengendur. Biasanya hal ini terjadi karena waktu pakai yang sudah terlalu lama ataupun karena salah ketika pemasangan. Berbeda dengan baut pada umum nya, diperlukan teknik khusus untuk memasang baut pada tie rod agar kekencangan nya terjaga.

2. Long Tie Rod Bengkok

Masalah lain yang juga sering menjadi masalah pada bagian tie rod adalah karena bengkok. Bengkok nya tie rod ini bisa juga disebabkan oleh beberapa hal seperti ukuran ban mobil yang terlalu besar atau pun kendaraan pernah mengalami kecelakaan yang membuat tie rod menjadi bengkok.

3. Karet Pembungkus Ball Joint Sobek

Hal lain yang juga bisa mengakibatkan muncul nya masalah pada tie rod adalah sobek nya pembungkus karet pada ball joint. Fungsi karet ini adalah untuk menjaga agar pelumas untuk ball joint tidak bocor. Sobek nya karet pada ball joint biasa nya disebabkan oleh masa pemakaian yang sudah terlalu lama.

Itulah beberapa hal tentang fungsi dan letak tie rod yang perlu Anda ketahui. Karena fungsi nya untuk membuat nyaman ketika berkendara maka paham dengan komponen ini bisa menjadi pengetahuan yang baik untuk Anda.