Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Turun Mesin Adalah Apa? Ini Dia Penjelasannya!
turun mesin adalah
Otomotif

Turun Mesin Adalah Apa? Ini Dia Penjelasannya!

  • 7 Dec, 2022 oleh Putra
  • 6 menit membaca

Sebagai pemilik kendaraan mobil. Kamu pasti pernah mendengar istilah turun mesin. Turun mesin adalah istilah yang harus kamu ketahui sebagai pemilik kendaraan. Istilah ini merupakan pengetahuan umum bagi pengendara mobil.

Turun mesin adalah kondisi dimana mobil kamu dilakukan pembongkaran. Mesin mobil dibongkar untuk diperiksa, diperbaiki dan bahkan diganti komponennya jika dibutuhkan.

Istilah turun mesin adalah tindakan guna memastikan bahwa mesin mobil milikmu dalam kondisi yang baik. Tetapi perlu diketahui bahwa turun mesin tidak dapat dilakukan setiap saat. 

Ada waktu tertentu untuk mobil kamu dapat melakukan turun mesin. Maka dari itu kamu juga harus tahu lebih dalam apa itu turun mesin dengan penjelasan dibawah ini.

Baca juga: 10 Cairan Pembersih Mesin Mobil Terbaik

Turun Mesin Adalah Apa?

Bisa juga disebut dengan overhaul. Turun mesin adalah kondisi dimana mesin mobil dilakukan pemeriksaan dan perbaikan agar selalu dalam kondisi yang baik. Pemeriksaan dan perbaikan dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan bahwa mobil baik-baik saja.

Karena turun mesin melibatkan pembongkaran dalam jumlah yang besar. Kamu tidak boleh sembarangan melakukan turun mesin. Turun mesin hanya dapat dilakukan oleh orang berpengalaman yang merupakan teknisi di bidang tersebut.

Jika kamu sembarangan melakukan turun mesin. Kemungkinan pemeriksaan dan perbaikan tidak berjalan optimal. Bahkan dapat memperparah kondisi mobil itu sendiri.

Tujuan Melakukan Turun Mesin

(ombor)

Turun mesin tidak selalu dilakukan ketika pemeriksaan berkala. Kamu tidak perlu selalu melakukan turun mesin ketika service mobil kamu. Tapi turun mesin hanya dilakukan pada situasi tertentu saja. Lantas, apa tujuan dilakukannya turun mesin untuk mobil?

Baca juga: Yuk, Kenali 38 Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya

Guna Membersihkan Ruang Pembakaran

Mobil memiliki ruang bakar untuk melakukan pembakaran agar dapat berfungsi dengan baik. Turun mesin bertujuan untuk membersihkan ruang bakar agar tidak kotor. Ruang bakar yang kotor akan membuat mesin menjadi buruk saat sedang digunakan.

Mengganti Komponen Mobil

Saat melakukan pemeriksaan tentunya ada beberapa komponen mobil yang perlu diganti. Biasanya komponen tersebut tidak dapat diperbaiki lagi dan harus diganti dengan yang baru. Komponen yang diganti juga harus sesuai dengan jenis mobil agar dapat bekerja dengan optimal.

Pembersihan Berbagai Komponen

Selain mengganti komponen yang diperlukan. Turun mesin juga berfungsi untuk membersihkan beberapa komponen mobil. Beberapa Komponen tidak bekerja dengan baik karena terkontaminasi kotoran. Komponen yang seperti ini cukup dibersihkan dan tidak perlu diganti.

Memastikan Kinerja Mesin Mobil Baik

Menjaga kinerja mesin juga merupakan tujuan dilakukannya turun mesin. Beberapa komponen akan dilakukan pengaturan ulang agar dapat berfungsi dengan baik. Teknisi yang melakukan pemeriksaan pasti menjaga kinerja mesin dengan baik.

Tentu saja hal ini dilakukan demi mendukung performa yang baik bagi mesin mobil kamu.

Itulah tujuan dilakukannya turun mesin pada mobil. Akan tetapi turun mesin tidak dapat dilakukan setiap saat. Jadi, kapan mobil dapat dilakukan turun mesin?

Baca juga: 10 Cara Membersihkan Mesin Mobil, Dijamin Kinclong!

Kondisi Mobil Harus Turun Mesin

(kompasotomotif)

Sudah dijelaskan bahwa turun mesin baik untuk dilakukan. Tetapi akan menjadi tidak baik jika dilakukan tidak pada waktu yang tepat. Maka dari itu inilah kondisi dimana mobil harus melakukan turun mesin.

Suhu Mesin yang Tidak Normal

Setiap mesin mobil yang dinyalakan pasti mengalami peningkatan suhu. tetapi ada kondisi dimana peningkatan suhu mesin menjadi tidak normal dan meningkat secara drastis. Kamu dapat merasakan panasnya mesin ketika dinyalakan.

Ini kondisi yang tidak baik. Karena panas mesin umumnya akan diserap oleh radiator agar tidak terlalu tinggi. Jika kondisi mobil kamu sudah seperti ini. Mobil harus dilakukan turun mesin segera mungkin.

Kondisi Bermasalah pada Air Radiator

Ada beberapa kondisi dimana air radiator mengalami permasalahan. Terkadang mobil kekurangan air radiator yang membuatnya harus dilakukan turun mesin. Ada juga kondisi dimana air radiator yang bercampur minyak dan harus dilakukan turun mesin.

Kepala Busi Terkena Cairan Oli

Kepala busi pada mobil umumnya dalam kondisi kering agar dapat berfungsi dengan baik. Jika kamu mendapatkan kondisi basah pada kepala busi. Itu menandakan bahwa kepala busi terkena oli dan harus dilakukan turun mesin.

Asap Putih Pekat Keluar dari Knalpot

Asap kendaraan pada umumnya akan transparan dan tidak berwarna. Namun, jika mobil kamu mengeluarkan asap putih yang pekat dari knalpot. Ini menunjukkan mobil sedang tidak baik-baik saja. Kamu harus segera melakukan turun mesin pada mobil kamu.

Baca juga: Berapa Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes? Simak Yuk!

Penyebab Mobil Harus Turun Mesin

Mobil yang turun mesin. Pasti memiliki penyebab kenapa mobil tersebut harus turun mesin. Penyebab ini tidak dapat disepelekan dan kamu harus mengetahui ini.

Mobil Pernah Terendam Air

Indonesia merupakan kawasan yang rawan akan banjir. Banjir kadang bisa sampai ke jalan yang menghambat perjalanan. Walaupun masih bisa dilalui karena tidak terlalu dalam. 

Mobil tetap saja terendam air banjir. Mesin bisa saja kemasukan air ketika sedang melewati banjir. Karena dari itu jika mobil pernah terendam oleh air. Kamu harus melakukan turun mesin agar mobil dapat diperiksa.

Mesin Mengalami Overheat

Suhu mesin yang sangat panas merupakan kondisi yang tidak wajar. Kamu harus segera melakukan turun mesin pada mobil jika mendapatkan kondisi ini. Overheat pada mesin juga merupakan sinyal dari mobil untuk dilakukan pemeriksaan.

Segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan mesin yang overheat.

Mesin Bersuara Kasar

Mobil dengan kondisi baik. Tidak akan mengeluarkan suara yang kasar ketika dinyalakan. Jika kondisi mobilkamu malah sebaliknya. Berarti ini pertanda bahwa mobil kamu harus turun mesin. 

Karena suara kasar mungkin disebabkan oleh kotoran di beberapa komponen mobil.

Timing Belt Putus

Bagi kamu yang belum mengetahui timing belt. Timing belt adalah komponen yang berguna untuk menyalurkan tenaga dari poros engkol. Jika bekerja dengan baik maka piston dan katup juga dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Jika kamu mendapatkan mobil kamu tiba-tiba mogok. Mungkin ini dikarenakan oleh timing belt yang putus dan harus dilakukan turun mesin.

Oli yang Tercampur Air

Proses pembakaran dapat terganggu karena oli yang bercampur dengan air. Jika kondisi mesin terasa sudah menurun. Ini disebabkan oleh oli yang bercampur dengan air dan harus dilakukan pembersihan.

Sekarang kamu sudah tahu apa itu turun mesin. Dengan ini kamu dapat merawat mobil dengan lebih baik kedepannya.

Baca juga: Ingin Mobil Terawat? Ganti Oli Mobil Berapa Bulan Sekali?

Featured Image Source: duitpintar


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.