Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Penjelasan Lengkap SMART SIM Baru
smart sim baru
Otomotif

Penjelasan Lengkap SMART SIM Baru

  • 6 Dec, 2022 oleh Ambar Eka
  • 6 menit membaca

Pemerintah sedang mewujudkan Indonesia modern yang melek teknologi dan ilmu pengetahuan. Peluncuran Smart SIM baru adalah salah satu bukti dari langkah pemerintah untuk era globalisasi ini.

Sampai sini kamu tentu masih bingung dan bertanya-tanya tentang maksud dari Smart SIM. Yuk SIMak penjelasan lengkapnya di artikel ini!. Kamu akan dapatkan semua jawaban pertanyaanmu jika membaca artikel ini sampai habis.

Baca juga: 2 Cara Membuat SIM Online & Persyaratan Terbaru

Apa itu Smart SIM?

Bagi kamu yang bingung dan bertanya apa itu Smart SIM. Temukan jawabannya disini. Smart SIM yang dapat juga disebut sebagai SIM pintar adalah bentuk dari SIM kendaraan bermotor yang ada di Indonesia saat ini. 

Inovasi pemerintah yang bekerjasama dengan kepolisian negara berhasil meluncurkan SIM pintar pada tahun 2019. Smart SIM baru ini berbeda dengan SIM yang ada sebelumnya. Perbedaan terlihat jelas dari basis IT yang disematkan di Smart SIM ini.

Kamu yang memiliki Smart SIM dapat menikmati fitur-fitur berbasis IT yang sudah terintegrasi. Dengan begini dapat diprediksi akan banyak manfaat yang kamu peroleh jika memiliki SIM pintar.

Kegunaan Smart SIM

Setelah mengetahui apa itu Smart SIM, sekarang waktunya kamu mengetahui apa saja kegunaan dari Smart SIM ini. Apakah sama saja dengan SIM yang lama ataukah Smart SIM baru memiliki fitur yang canggih?. 

Uang Elektronik

Kegunaan dari Smart SIM baru yang paling mencolok adalah sebagai uang elektronik. Kamu dapat mengisi ulang saldo dan menggunakannya untuk berbagai pembayaran digital. 

Misalnya saja pembayaran jalan tol dan pembayaran transportasi umum. Pembayaran belanja online dan masih banyak lagi jenis pembayaran lainnya yang dapat kamu lakukan.

Pengisian Data Digital

Fungsi dan kegunaan dari SIM pintar ini adalah pengisian data digital. Kamu tidak perlu lagi mengisi formulir digital secara manual. Cukup dengan melakukan scanning pada Smart SIM maka data akan secara otomatis terisi. Bahkan keterangan pelanggaran yang telah kamu perbuat atau kecelakaan yang telah kamu alami juga otomatis tersedia. Hanya saja kamu harus memiliki handphone pintar juga, handphone harus memiliki NFC (Near Field Communication).

Baca juga: Mudah! Ini Syarat Perpanjang SIM Keliling dan Biayanya

Syarat Pembuatan Smart SIM

smart sim baru
(moladin)

Kamu sudah tertarik untuk membuat SIM pintar tetapi bingung dengan syarat yang harus disiapkan. Tenang Pins!. Silahkan lihat syarat pembuatan Smart SIM baru berikut ini!.

Administrasi

Kelengkapan data yang diminta oleh pihak kepolisian harus kamu sediakan secara lengkap guna memperlancar proses pembuatan SIM. 

Syarat yang diminta berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) baik yang asli dan fotocopy. Selanjutnya rumusan sidik jari dan mengisi form permohonan pembuatan SIM baru.

Usia

Terdapat perbedaan syarat usia minimal pada pembuatan SIM. Jenis SIM A,D dan C harus berusia minimal 17 th. Sementara untuk SIM B1 minimal usia harus 20 th dan untuk SIM B2 minimal usia harus 21 th.

Kesehatan

Kamu akan dimintai surat keterangan sehat jasmani dan rohani oleh petugas pendaftaran. Surat keterangan sehat jasmani dapat kamu ambil dari keterangan dokter. Sementara surat keterangan rohani dapat diperoleh dari tes psikologis di kantor Satpas tempat mengajukan SIM.

Syarat Tambahan dan Lulus Ujian

Syarat tambahan ini hanya berlaku untuk pengambilan SIM B1 dan SIM B2. Dimana pengambilan SIM B1 harus memiliki SIM A terlebih dahulu minimal selama enam bulan terakhir. 

Sementara pengambilan SIM B2 wajib punya SIM B1 terlebih dahulu minimal dua belas bulan terakhir. Sedangkan syarat lulus ujian harus didapatkan untuk pengambilan semua jenis SIM. Ujian biasanya terdiri dari ujian teori, praktek dan keterampilan.

Baca juga: Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Tata Cara Membuat Smart SIM

Kamu dapat menyimak tata cara membuat Smart SIM berikut ini.

  • Registrasi online melalui website Korlantas Polri.
  • Mengisi formulir permohonan Smart SIM, alamat email, data pribadi dan juga golongan SIM.
  • Setelah pengisian selesai kamu akan mendapatkan email baru dari sistem. Email ini beruba kode biaya pembayaran registrasi. Lakukanlah pembayaran sesuai yang diperintahkan.
  • Saat pembayaran berhasil maka secara otomatis kamu akan mendapatkan kode registrasi melalui pesan email dan sms.
  • Selanjutnya datanglah ke lokasi Satpas atau SIM keliling.
  • Kemudian petugas akan melakukan identifikasi dan verifikasi dari data registrasi yang kamu lakukan.
  • Kemudian kamu yang membuat SIM untuk pertama kali akan mengikuti ujian yang diberikan oleh petugas.

Biaya Pembuatan Smart SIM

Setelah berhasil mengetahui tata cara membuat Smart SIM. Kini kamu harus mengetahui berapa kisaran biaya yang harus kamu bayar untuk mendapatkan SIM pintar. 

Biaya Pembuatan Baru

Biaya ini dikenakan untuk kamu yang ingin membuat Smart SIM baru. 

KeteranganBiaya (Rp)
Administrasi5.000
SIM A120.000
SIM C100.000
SIM B1120.000
SIm B2120.000
Biaya Pembuatan Smart Sim Baru

Biaya perpanjangan Smart SIM

Perpanjangan Smart SIM dikenakan biaya yang berbeda dari pembuatan SIM baru.

KeteranganBiaya (Rp)
Administrasi5.000
SIM A80.000
SIM B80.000
SIM C75.000
SIM D30.000
Biaya Perpanjangan Smart Sim

Masa Berlaku Smart SIM

Sama halnya dengan SIM yang lama, maka Smart SIM juga memiliki masa berlakunya. Masa berlaku Smart SIM baru adalah lima tahun dan mengikuti tanggal penerbitan SIM.

Misal SIM diterbitkan pada tanggal 2 Januari 2022 maka masa berlaku akan habis pada 2 Januari 2027.

Cara Aktivasi Uang Elektronik Smart SIM

Untuk menikmati fitur khusus yang ada pada Smart SIM baru tentunya kamu harus mengaktivasinya terlebih dahulu. Berikut ini cara aktivasi uang elektronik Smart Sim.

  • Datang ke bank yang ditunjuk Korlantas Polri (Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI).
  • Katakan kepada petugas bank jika kamu ingin mengaktivasi uang elektronik pada Smart SIM.

Cara Isi Saldo Smart SIM

smart sim baru
(lifepal)

Pengisian saldo Smart SIM sama saja dengan pengisian saldo untuk e-money. Hanya saja Smart SIM memiliki aturan tersendiri dalam penentuan saldo maksimal yang boleh disimpan. Saldo maksimal yang boleh disimpan hanya sebesar RP 2 juta dan tidak boleh lebih dari ini.

Berikut cara isi saldo Smart SIM lewat ATM.

  • Masukkan kartu ATM dan tunggulah mesin memprosesnya.
  • Isi pin ATM.
  • Pilih menu isi ulang e-money.
  • BNI dengan menu BNI TapCash.
  • Mandiri dengan menu Mandiri E-money
  • BRI pilih menu eBrizzi.
  • Masukkan nominal isi ulang saldo sesuai keinginan kamu. Khusus untuk bank BNI setelah memasukkan nominal maka pilih menu tabungan.
  • Langkah selanjutnya letakkanlah Smart Sim baru di e-money scanner dan tunggu sampai transaksi selesai.
  • Pengisian saldo yang sukses terlihat dari pesan notifikasi di layar mesin ATM. Selanjutnya struk transaksi akan keluar. 

Baca juga: Persyaratan Perpanjang Sim C yang Harus Dipenuhi 

Featured Image Source: ujikokoh


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.