Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Umur Aki Mobil dan Masa Pakainya
umur aki mobil
Otomotif

Umur Aki Mobil dan Masa Pakainya

  • 6 Dec, 2022 oleh Ambar Eka
  • 5 menit membaca

Umur aki mobil akan berpengaruh besar dengan masa pakainya. Mobil yang menggunakan aki dengan masa pakai yang sudah lama perlu memperhatikan beberapa hal. Misalnya seperti kinerja aki pada mobil.

Apakah kinerjanya masih bagus atau sudah tidak maksimal lagi. Kamu harus mengganti aki yang sudah tidak layak agar mobil selalu dalam kondisi maksimal. 

Baca juga: Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mudah dan Aman

Pengertian Umur Aki Mobil 

Maksud dari umur aki mobil ini adalah umur aki mobil. Biasanya umur aki mobil dihitung dari tanggal produksi Aki. umur aki mobil belum tentu berbanding lurus dengan masa pakainya.

Masa pakai aki yang lama tidak selalu terjamin dengan umur aki yang masih baru. Begitupun Sebaliknya.

Masa Pakai Aki Mobil

Kamu sudah tahu maksud dari umur aki mobil, sekarang kamu akan menjadi lebih paham tentang masa pakainya. Masa pakai tidaklah tergantung dengan umur aki saja. Karena ada beberapa kondisi dimana kerusakan pada aki tidak dipengaruhi oleh umurnya.

Umumnya aki mobil dapat dipakai selama 2 sampai 5 tahun. Namun hal ini masih tergantung dengan beberapa faktor lainnya. Seperti faktor kebiasaan pemakaian, fakto suhu dan cuaca. Ketiga faktor ini menjadi penyumbang penting dalam masa pakai aki mobil.

Biasanya mobil yang berada pada iklim yang lebih panas akan memiliki umur aki mobil yang lebih pendek. Hal ini disebabkan karena suhu panas dapat menyebabkan cairan aki menguap, khususnya pada aki basah. 

Bayangkan Pins, bukan hanya panas dari hasil kinerja mesin yang harus diterima oleh Aki. Melainkan panas udara sekitar juga menambah bebannya lagi. 

Hal yang dapat memperpendek masa pakai aki mobil juga dapat terkena pada mobil yang jarang dihidupkan. Mobil seperti ini akan membuat aki kehilangan komponen muatan listrik karena tidak ada pengecasan energi aki.

Tips Memperpanjang Masa Pakai Aki Mobil

umur aki mobil
(suzukiarmada)

Kamu dapat melakukan beberapa upaya untuk memperpanjang masa pakai aki mobil agar dapat bertahan lebih lama. Masa pakai aki yang pendek tentu akan sangat menjengkelkan karena kamu harus merogoh kantong untuk membeli aki baru terus.

Yuk kita lihat apa saja hal yang dapat kamu lakukan untuk memperpanjang umur pakai aki mobil ini!.

Pengecekan Rutin

Langkah pertama yang harus kamu lakukan berupa pengecekan rutin atau pun perawatan secara berkala. Kamu dapat mengecek kondisi aki apakah dalam keadaan baik atau tidak. Selanjutnya apakah posisi aki dalam keadaan benar atau sudah berubah posisi.

Pengecekan rutin sangat membantu untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang dapat terjadi pada aki mobil kamu. Umur aki mobil dapat lebih panjang masa pakainya dengan melakukan hal ini.

Hal yang harus rutin kamu cek berikutnya adalah tingkat korosi pada aki mobil. Apakah telah terjadi korosi atau tidak ada korosi sama sekali. Pastikan tidak ada karat guna memperpanjang umur aki mobil. Sehingga masa pakainya akan menjadi lebih panjang juga.

Baca juga: 10 Rekomendasi Aki Mobil yang Bagus

Pastikan Aki Posisi Aki Benar

Kamu harus memastikan posisi aki tidak mengalami perubahan. Misalnya memastikan aki selalu terikat baik dengan klemnya. 

Aki yang terikat baik dengan klem tidak akan mengalami getaran yang dapat mengakibatkan konsleting. Konsleting ini harus kamu hindari untuk memastikan pemakaian mobil tetap dalam keadaan aman.

Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Selanjutnya kamu dapat memperpanjang masa pakai aki mobil dengan usaha yang satu ini. Lakukanlah pemanasan mesin mobil secara rutin. Meskipun mobil jarang atau tidak digunakan kamu harus tetap memanaskannya.

Hal ini berguna untuk menjaga energi yang ada pada aki dan menjaga muatan listriknya tetap ada. Lakukanlah pemanasan mesin mobil secara rutin setiap 2 hari sekali, ini berlaku khusus untuk mobil yang jarang digunakan.

Rutin Matikan Lampu Mobil

Tindakan sederhana seperti mematikan lampu mobil sangat berperan besar pada masa pakai aki mobil. Terutama mobil yang sering dipakai pada malam hari yang banyak memerlukan penggunaan lampu. 

Sebaiknya kamu tetap mematikan lampu mobil setelah mobil digunakan. Hal ini untuk menghemat energi penggunaan aki mobil dari daya yang terlalu cepat habis. 

Baca juga: Penting! Ini 3 Penyebab Aki Mobil Habis Sendiri

Kapan Harus Ganti Aki Mobil?

Penggantian aki mobil dapat kamu lakukan saat aki sudah tidak berfungsi dengan baik ataupun rusak total. Untuk memastikannya kamu dapat melihat tanda-tandanya sebagai berikut.

Suara Klakson Melemah

Aki yang sudah turun performanya akan menjadikan suara klakson mobil juga terdengar lemah. Hal ini disebabkan karena daya yang diterima oleh klakson tidak mencukupi kebutuhannya. Saat ini terjadi kamu harus mengganti aki mobil.

Klakson yang tidak berfungsi dengan baik dapat meningkatkan resiko keamanan dalam mengemudi kendaraan.

Starter Elektrik Tidak Berfungsi

Kamu harus melakukan penggantian aki mobil ketika starter elektrik sudah tidak dapat berfungsi lagi. Meskipun umur aki mobil terbilang baru, kamu tetap harus menggantinya dengan aki yang baru.

Lampu Redup

Gejala aki yang harus diganti berikutnya terlihat pada lampu mobil yang meredup. Lampu sudah tidak terang seperti awal lagi. Pins tentu paham penggunaan lampu yang terang sangat berperan penting dalam usaha menjaga keselamatan pengemudi.

Terutama ketika mengemudi dilakukan pada malam hari yang mengharuskan lampu terang agar mata dapat melihat dengan jelas. Lampu redup juga dapat menurunkan siaga dari pengemudi mobil.

Jadi Pins kamu jangan sayang-sayang untuk mengganti aki pada mobil saat tanda-tanda di atas sudah terjadi. 

Featured Image Source: suzukiindonesia

Baca juga: 5 Cara Jumper Aki Mobil Dengan Benar & Aman


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.