Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 20 Mobil MPV Terbaik 2023 Pas Buat Keluarga
Otomotif

20 Mobil MPV Terbaik 2023 Pas Buat Keluarga

  • 21 Mar, 2022 oleh Omri Christian
  • 9 menit membaca

Pasar otomotif di Indonesia memiliki permintaan yang sangat tinggi setiap tahunnya. Entah dipengaruhi oleh gaya hidup atau memang karena kebutuhan membuat pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia sangat pesat. Terlebih jika datang fase di mana produsen mobil sedang gencar mengeluarkan tipe atau model baru atau mobil keluarga berkapasitas banyak. Apakah Pins sudah tahu mobil MPV terbaik saat ini?

Banyak dari konsumen otomotif yang mengincar sisi kenyamanan dan kapasitas yang cukup luas, dibandingkan dengan mobil city car ataupun hatchback. Namun mungkin masih banyak orang yang terkendala dari sisi budget untuk mendapatkan mobil berkualitas sekelas Alphard yang harganya bisa mencapai 1 Miliar. Namun Pins jangan khawatir, produsen mobil asal Asia banyak yang menyediakan mobil tipe MPV dengan harga yang cukup terjangkau. 

Mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle merupakan jenis mobil yang sengaja dirancang sebagai fungsi mobil keluarga. Meskipun dirancang dengan kapasitas yang cukup besar, ukuran bodi mobil MPV tidak sebesar mobil tipe SUV dengan tonggak mesin yang gahar. Mobil MPV dirancang dengan keseimbangan antara dimensi dan kecepatannya. 

Baca juga:

Rekomendasi Mobil MVP Terbaik

Kapasitas kabin yang cukup luas, konfigurasi 7 kursi penumpang, dan kenyamanan memang menjadi keunggulan dari mobil MPV. Selain itu Pins juga bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau. Tingginya tingkat produksi mobil MPV yang dikeluarkan oleh produsen otomotif asal Asia memang dirancang untuk memenuhi target pasar.

Berikut beberapa jenis mobil MPV dari berbagai brand otomotif yang akan memenuhi kebutuhan keluarga Pins.

Nissan Serena C28

(Liputan Bekasi)

Mobil sebenarnya belum resmi meluncur di Indonesia. Sekarang ini Nissan Serena C28 masih dalam tahap pengujian di Thailand. Tapi kamu jangan khawatir karena biasanya mobil tetap akan segera rilis. Terlebih hampir semua mobil Nissan yang rilis di Indonesia adalah hasil ekspor dari Thailand.

Salah satu keunggulan mobil ini adalah teknologi e-Power generasi kedua dengan mesin 1.400 cc. Bukan hanya itu, Serena C28 juga dilengkapi dengan teknologi keselamatan bernama ProPilot 2.0. Jadi, rasakan teknologi terbaru dengan mobil ini.

Toyota Kijang Innova Zenix

(Toyota Astra)

Salah satu mobil MPV yang bisa jadi pilihan kamu adalah Kijang Innova Zenix. Mobil ini adalah hasil pergantian model dan perubahan total dari Kijang Innova sebelumnya. Mobil ini memiliki 2.000cc M20A-FXS bertenaga 152 PS dengan torsi 187 Nm

Innova Zenix tampil lebih mewah dengan keberadaan sunroof dan captain seat ottoman di baris kedua. Kemewahan ini bisa kamu rasakan dengan membeli mobil yang berkisar dari Rp420 juta hingga Rp610 juta.

Baca juga: Murah Banget! Intip 10 Mobil Sedan Di  Bawah 200 Juta!

Wuling Cortez

(Wuling)

Tidak kalah dengan produsen lainnya, Wuling pun merilis salah satu mobil terbaiknya yaitu Wuling Cortez. Keunggulan yang paling menonjol dari mobil ini ialah interior yang serba praktis. 

Dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, Cortez cocok untuk mobil MPV terbaik pilihan kamu. Beberapa keunggulan tersebut ialah keberadaan captain seat dan meja di baris kedua dan sunroof. Mesinnya sendiri berkapasitas 1.500cc turbo, tenaga 140 hp dengan torsi 250 Nm.

Mobil ini bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp228 juta sampai Rp310 juta.

Hyundai Stargazer

(Hyundai)

Mobil satu ini adalah salah satu mobil unggul di jenis mobil MPV. Hyundai Stargazer ini dilengkapi dengan berbagai fitur terbaiknya. Beberapa diantaranya adalah fitur keselamatan Hyundai SmartSense captain seat di baris kedua, dan ambient lighting.

Mesin untuk mobil berkapasitas 1.500cc dengan tenaga 115 PS dan torsi 145 Nm. Kamu bisa membeli mobil ini dari Rp243 juta sampai Rp305 juta.

Toyota Veloz

(Toyota Astra)

Mobil ini merupakan salah satu mobil MPV premium dari Toyota. Banyak fitur unggul pada mobil ini, misalnya adalah ambient lighting, peranti keselamtan Toyota Safety Sense (TSS), dan kamera 360.

Buat mesinnya, mobil ini dilengkapi mesin 1.500cc VVT-i yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi puncak 137 Nm. Kamu bisa memiliki mobil ini dengan harga mulai dari Rp280 juta.

Toyota Avanza

(Shutterstock)

Rekomendasi mobil MPV terbaik pertama ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Pins. Mendapat julukan mobil sejuta umat merupakan bukti bahwa maraknya pengguna dari Toyota Avanza. Ukuran kabin yang luas yang didukung dengan mesin bertenaga 1500cc ini bisa Pins dapatkan dengan harga mulai dari 190 jutaan saja. Dengan harga itu Pins sudah mendapatkan mobil MPV yang memiliki teknologi Dual VVT-i untuk performa mesin yang hemat bahan bakar. 

Honda Mobilio

(Shutterstock)

Beralih ke produk kompetitor, Honda juga mengeluarkan mobil MPV yang nyaman dan luas bagi keluarga Indonesia. Jika menelisik sisi kenyamanan kabin dan kemewahan interior, Honda sudah tidak diragukan lagi. Pins bisa membeli mobil Honda Mobilio dengan harga varian termurah sekitar 189 juta dan 243 juta untuk versi termahalnya RS CVT. Mesin bertenaga 1.496cc Mobilio juga sudah dilengkapi dengan teknologi i-VTEC. Tentunya mobil ini dapat menjadi pilihan terbaik Pins dan keluarga. 

Mitsubishi Xpander

(Shutterstock)

Mungkin mobil yang satu ini adalah mobil MPV terbaik saat ini dengan harganya yang terjangkau dibanderol sekitar 200 juta saja. Dengan membayar harga sekian Pins sudah bisa menikmati fitur lengkap yang memanjakan penumpang. Desainnya pun tidak kalah sporty jika dibandingkan mobil SUV kelas atas. Tidak lupa juga fitur keselamatan dan keamanan yang lengkap menjamin selama Pins berkendara dengan keluarga. 

Daihatsu Xenia

(Shutterstock)

Daihatsu memang sering berdampingan dengan Toyota dalam mengeluarkan tipe mobil MPV yang satu ini. Desain dan mesinnya yang sama dengan Toyota Avanza sama-sama menjadikan Xenia salah satu pilihan terbaik untuk pasar otomotif Indonesia. Walaupun harganya yang murah dan terjangkau, tidak membuat mobil MPV satu ini kalah saing dengan MPV lainnya. 

Baca juga:

Toyota Sienta

(Shutterstock)

Di tahun 2015 Toyota kembali mengeluarkan seri Sienta terbaru yang ditunjang dengan mesin 1,5 liter dan Dual VVT-i. Desain kabin yang lebih futuristik dan nyaman membuat mobil MPV ini cukup menarik perhatian di pasar otomotif Indonesia. Tidak lupa juga desain eksterior yang lebih elegan dengan sliding door-nya membuat mobil ini semakin menarik. Harga Toyota Sienta dibanderol mulai dari harga 233 juta untuk bisa Pins nikmati di jalan. 

Suzuki Ertiga

(Shutterstock)

Perusahaan otomotif asal Jepang yang satu ini juga tidak mau ketinggalan untuk memenuhi permintaan pasar mobil MPV yang tinggi. Suzuki Ertiga juga menjadi pilihan yang tepat bagi Pins yang ingin memiliki mobil keluarga yang nyaman. Mesinnya yang prima dan konsumsi BBM yang irit membuat Suzuki Ertiga termasuk jajaran pesain Toyota Avanza dan Xenia. Harga yang terjangkau pastinya membuat Pins tidak ragu untuk memboyong MPV apik yang satu ini. 

Nissan Grand Livina

(Shutterstock)

Desainnya yang hampir sama dengan Honda Mobilio dengan kabin luas dan nyaman membuat Grand Livina masuk ke jajaran mobil MPV terbaik saat ini. Mesin 1500 cc yang dilengkapi dengan VTC membuat kinerja mesinnya menjadi gahar. Pins bisa mendapatkan Grand Livina dengan harga mulai 208 jutaan saja di pasar otomotif Indonesia. 

Toyota Innova

(Shutterstock)

Toyota Innova merupakan mobil keluarga dengan mesin yang hampir sekelas dengan mobil tipe SUV yang mencapai 2.393 cc pada varian dieselnya. Menjadikannya mobil MPV dengan kecepatan yang sangat tinggi di antara mobil MPV lainnya. Kabinnya yang nyaman dan luas pastinya memenuhi kebutuhan Pins dan keluarga untuk jalan-jalan. Dengan fiturnya yang lengkap dan memanjakan penumpang, Pins perlu merogoh kocek sekitar 298 juta untuk mendapatkannya. 

Baca juga:

Wuling Confero S

(Wuling Indonesia)

Beberapa tahun kebelakang akhirnya muncul produsen otomotif asal China yang ikut menghiasi pasar mobil MPV Indonesia. Dari tampilan eksteriornya Pins sudah bisa melihat bahwa Wuling Confero memang diperuntukkan sebagai mobil keluarga yang nyaman dengan kabinnya yang luas. Pins juga akan dimanjakan dengan fitur-fiturnya yang lengkap dan mesinnya yang bertenaga. 

Honda Freed

(Shutterstock)

Jika membahas mobil MPV terbaik mungkin kurang absah jika tidak mengikutsertakan Honda Freed di dalamnya. Tidak bisa dipungkiri Honda Freed merupakan salah satu MPV terbaik yang dikeluarkan Honda. Dengan mesin 1500 cc dan High-roof PSD yang melengkapi Honda Freed membuatnya jadi saingan bagi Toyota Alphard sekalipun. Dan Pins cukup merogoh kocek tidak sampai 300 juta untuk mendapatkannya. Walaupun keluaran lama, namun Honda Freed masih diakui kualitasnya dibandingkan mobil MPV keluaran terbaru. 

Toyota Calya

(Shutterstock)

Jika Pins sedikit bermasalah di budget untuk membeli mobil, maka Toyota Calya dapat menjadi pilihan terbaik. Harganya yang dibanderol hanya sekitar 150 jutaan pastinya membuat Pins tidak ragu untuk memboyong mobil MPV satu ini. Walaupun tidak banyak fitur yang ditawarkan, namun kenyamanan dan kabin yang luas tetap tidak ketinggalan. 

Daihatsu Sigra

(Shutterstock)

Merupakan kolaborasi kesekian kalinya antara Toyota dan Daihatsu, Sigra menjadi tipe mobil MPV kesekian yang diproduksi oleh kedua perusahaan otomotif asal Jepang tersebut. Sigra termasuk ke dalam mobil LCGC yang membuat harganya sangat murah di pasar otomotif. Tentunya akan sangat membantu Pins untuk memenuhi kebutuhan kendaraan bersama keluarga. 

Nissan Serena 

(Shutterstock)

Mobil MPV yang satu ini merupakan yang terbaik di kelasnya karena desainnya yang lebih elegan dan interior kabinnya yang mewah. Nissan Serena juga dilengkapi dengan mesin kapasitas 1997 cc serta tenaga 150 PS membuatnya sangat bertenaga untuk ukuran mobil MPV. 

Fiturnya yang canggih juga membuat Nissan Serena bersaing di kancah elit bersamaan dengan kompetitornya. Dengan segala keunggulannya membuat harga serena cukup mahal, Pins harus membayar seharga 481 juta untuk seri HIGHWAY STAR-nya. 

Honda Odyssey

(Shutterstock)

Beralih ke MPV kelas atas, Pins akan sangat dimanjakan dengan segala fitur yang membuat nyaman penumpang Honda Odyssey. Meskipun tergolong mobil MPV, Odyssey memiliki desain dengan konsep sporty elegan. Kabin dan kursi penumpangnya yang lebar sangat cocok untuk Pins dan keluarga. Odyssey dibanderol dengan harga sekitar 888 juta untuk pasar otomotif Indonesia. 

Nissan Elgrand

(Shutterstock)

Mobil MPV kelas premium selanjutnya yang harus Pins coba adalah Nissan Elgrand dengan segala kemewahannya. Kabin luas dan fitur terdepannya akan sangat memanjakan Pins dan keluarga ketika jalan-jalan dengan mobil ini. Sedikit di atas Honda Odyssey, Nissan Elgrand keluar di pasaran dengan harga mencapai 1 miliar. 

Itulah beberapa rekomendasi mobil MPV terbaik yang patut Pins coba untuk memanjakan keluarga ketika berkendara. Mulai dari harga 150 juta sampai 1 miliar, masing-masingnya menawarkan keunggulannya masing-masing. Dan tentu saja dengan tingkat kenyamanan serta keamanan ekstra untuk penumpang. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Temukan juga penawaran properti rumah di Kota Bogor Terbaik dari Pinhome.

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.