Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 13 Cara Membersihkan Rumah yang Efektif
cara membersihkan rumah
Kebersihan Rumah

13 Cara Membersihkan Rumah yang Efektif

  • 15 Nov, 2021 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Rumah yang bersih tentu membuat penghuninya nyaman untuk beraktivitas. Dengan membersihkan rumah secara rutin, debu dan kotoran tidak akan menumpuk. Terdapat cara membersihkan rumah yang efektif agar selalu higienis.

Kegiatan bersih-bersih rumah membutuh tenaga dan waktu yang tidak sebentar. Namun, rumah yang dibersihkan setiap hari sama dengan mengurangi waktu dan tenaga untuk beberes di kemudian hari. 

Lalu bagaimana cara membersihkan rumah secara efektif? Pins dapat mengikuti tips dibawah ini! 

Baca Juga:

Bereskan Barang yang Berantakan

cara membersihkan rumah
(Pexels)

Penting untuk selalu bersih-bersih rumah dimulai dengan beberes barang yang berantakan, seperti tumpukan kertas yang ada di meja belajar atau meja kerja.

Sortir barang mana yang harus Pins buang dan simpan. Letakan barang pada tempatnya selesai terpakai. Langkah ini memudahkan Pins kedepannya saat mencari barang yang dibutuhkan.

Taruh benda dengan bahan serupa pada satu tempat, seperti barang elektronik, kertas atau kain. Fokus merapikan barang pada satu rak setiap harinya sehingga barang yang terpajang bisa selalu tertata rapi.

Baca Juga:

Buang Sampah Sesuai Jenisnya

(Pexels)

Memilah sampah mampu berdampak besar terhadap lingkungan. Tindakan ini dapat mengurangi sampah yang berakhir di TPA. Selain itu, beberapa sampah bisa melalui proses daur ulang kembali.

Pisahkan sampah basah, kering dan daur ulang. Sampah daur ulang berupa botol kosong yang sebenarnya dapat dijual kembali. Sementara itu, sampah basah umumnya cepat membusuk dan tidak tahan lama.

Sampah basah bisa Pins ubah menjadi kompos. Jangan mencampur sampah karena mampu menimbulkan bau lebih tak sedap. Kumpulkan sampah dari beberapa tempat seperti toilet, dapur hingga kamar tidur baru buang ke tempat pembuangan.

Cara Membersihkan Rumah Dengan Bersihkan Bagian Atas Baru Bawah

cara membersihkan rumah
(Pexels)

Ketika kamu bersih-bersih rumah, sebaiknya dahulukan bagian atas baru bagian bawah. Sebagai contoh, bersihkan meja dahulu baru rak bagian bawah kemudian lantai. 

Dengan begitu, kotoran pada bagian atas akan langsung luruh ke bagian bawah. Alhasil, Pins tidak perlu membersihkan satu tempat secara berulang. 

Usahakan untuk membersihkan dari sisi kiri dahulu baru ke kanan. Gerakan tersebut sangat sistematis dan mampu mengetahui ada sudut yang terlewatkan atau tidak.

Cuci Piring Kotor dan Pakaian

(Freepik)

Sebaiknya cuci piring setiap Pins selesai menggunakannya. Piring kotor yang menumpuk mampu menyebabkan bau tak sedap dan mengundang serangga, seperti semut dan kecoa.

Dengan mencuci barang-barang ini setiap harinya,  akhir pekan Pins bisa menghemat waktu dalam bersih-bersih rumah secara menyeluruh. Tidak lupa bersihkan spon cuci piring agar selalu dalam kondisi baik dan tidak berjamur.

Baca Juga:

Bersihkan Kamar Tidur

cara membersihkan rumah
(Freepik)

Sisihkan waktu 15 menit setiap harinya usai bangun tidur untuk membersihkan kamar tidur. Rapikan ranjang dan lipat selimut usai bangun tidur.

Untuk mencegah kutu datang, sebaiknya lapisi bantal dan kasur dengan plastik pelindung khusus. Hindari makan di tempat tidur dan rutin mencuci sarung bantal dan sprei.

Sebelum tidur, biasakan cuci kaki dan tangan agar tidak ada kotoran terbawa ke atas ranjang. Sedot debu dengan vacuum cleaner atau bersihkan dengan tebah sapu lidi.

Rapikan Lemari

(Pexels)

Bagaimana cara membersihkan lemari yang benar? Pins tentu memiliki banyak lemari mulai dari lemari pakaian hingga peralatan dapur. Untuk membersihkannya, keluarkan dahulu barang yang ada pada lemari.

Lap bagian dalam lemari dan semprotkan desinfektan pada permukaanya. Keringkan, lalu masukan kembali barang-barang ke tempat semula.

Baca Juga:

Bersihkan Kamar Mandi

cara membersihkan rumah
(Pexels)

Kamar mandi merupakan tempat terlembab dalam rumah. Tempat ini rawan sekali berjamur dan berkerak. Lalu bagaimana cara membersihkan kamar mandi ?

Usahakan tidak membuang benda ke dalam kloset dan wastafel. Hal ini mampu menyebabkan mampet di kemudian hari. Untuk membersihkan kamar mandi, Pins bisa menggunakan sikat kasar untuk menyikat lantai dan dinding keramik.

Gunakan cairan pembersih toilet untuk mengangkat noda berkerak. Pins juga dapat memanfaatkan baking soda atau cuka untuk kerak yang membandel.

Bersihkan Dapur

(Freepik)

Bersihkan dapur khususnya kulkas dengan cara mengeluarkan makanan yang tidak layak. Bersihkan saluran drainase dengan membuang sisa air yang ada di belakang kulkas.

Ganti spon cuci piring secara berkala. Bersihkan dapur dengan lap memakai cairan desinfektan. 

Lepas Sepatu Ketika Masuk Rumah

cara membersihkan rumah
(Pexels)

Untuk meminimalisir kotoran dari luar rumah, lepas sepatu ketika masuk rumah. Gunakan sandal khusus dalam rumah agar lantai tetap bersih.

Letakkan keset pada beberapa tempat, misalnya saja pada ruang tamu dan kamar mandi. 

Baca Juga:

Sapu & Pel Lantai

(Freepik)

Untuk menjaga permukaan keramik tetap kinclong gunakan sapu yang lembut, contohnya sapu kain dan ijuk. Sapu lantai setiap hari agar tidak ada debu yang menumpuk.

Membersihkan rumah dengan mengepel lantai bisa Pins lakukan seminggu sekali. Gerakan pel secara dua arah. Selain memakai sapu, Pins dapat menggunakan vacuum cleaner.

Atur Pekarangan

cara membersihkan rumah
(Freepik)

Tak hanya bagian dalam rumah, Pins perlu mengatur pekarangan rumah.  Bagaimana cara membersihkan pekarangan? Bersihkan pekarangan dari daun berguguran.

Cabuti rumput liar dan tata tanaman dengan rapi. Bersihkan selokan rumah secara rutin.

Siapkan Ruang Penyimpanan

(Freepik)

Siapkan ruang penyimpanan untuk barang-barang yang tak terpakai. Keluarkan barang yang hanya Pins butuhkan. Adanya ruang penyimpanan juga mencegah barang menumpuk di sembarang tempat.

Rutin membersihkan rumah sama dengan mencegah penyakit datang. Rumah jadi lebih nyaman dan indah.

Baca Juga:

Featured Image Source: Unsplash

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.