Kamus Istilah Properti

Electrode

istilah properti

Electrode

Electrode atau elektroda merupakan konduktor (penghantar listrik) yang dilalui oleh sebuah arus listrik dari suatu media ke media yang lain. Kondisi ini merupakan perpindahan sumber listrik ke sebuah perangkat atau bahan.

Mengenal Electrode 

(Gatupa Konsultan)

Pins, apakah kamu pernah mendengar istilah electrode? Ya, istilah ini mungkin pernah kamu dengar saat belajr sains di bangku sekolah ya. Namun, apakah kamu masih ingat apa fungsinya dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ini terdapat penjelasan selengkapnya. Mari kita simak!

Elektrode atau electrode adalah istilah kelistrikan yang masih berkaitan dengan rumah. Listrik merupakan komponen yang mendukung aktivitas di dalam rumah, misalnya listrik untuk menyalakan alat elektronik, memasak, dan penggunaan baterai pada remot TV. Hal ini membuat pembahasan mengenai kelistrikan, khususnya electrode perlu kamu pahami Pins.

Electrode pada kehidupan sehari-hari bisa ditemukan pada sistem kelistrikan baterai. Ini adalah contoh umum dan paling sederhana yang mewakili definisi elektroda. Tentunya, masih banyak contoh kegiatan elektroda yang bisa kamu pahami ya Pins. Berikut ini sudah ada penjelasan lebih mengenai apa itu elektroda, fungsi dan kegunaan dalam kehidupan serta contoh-contoh konduktor yang sering dipakai pada sistem elektroda.

Proses yang terjadi pada Elektroda

(Anak Bertanya)

Proses yang terjadi pada elektroda disebut elektrolisis. Singkatnya selama proses elektrolisis terjadi penguraian elektrolit dengan arus listrik. Kondisi ini melibatkan energi listrik (arus listrik) yang akan diubah menjadi energi kimia. 

Pada proses elektrolosis melibatkan istilah anoda dan katoda. Dua hal ini memegang peran penting dalam proses elektrolisis. Anoda merupakan penghantar listrik yang akan terpolarisasi apabila arus listrik mengalir ke dalamnya. Sementara katoda adalah penghantar listrik yang akan terpolarisasi jika kutubnya bermuatan negatif, sehingga arus listrik akan mengalir keluar dari katoda tersebut.

Fungsi dan Kegunaan Elektroda di Kehidupan 

(Brilio)

Di dalam kehidupan sehari-hari, elektroda mempunyai peran penting bagi manusia. Hal ini menyangkut aktivitas yang sering dilakukan atau melibatkan individu. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan elektroda yang perlu kamu tahu Pins!

Baterai pada alat rumah tangga 

Salah satu aplikasi electrode yang mungkin sering kita jumpai adalah pada baterai. Baterai yang kamu pasang pada jam dinding, raket nyamuk, remote AC, dan juga mouse wireless memanfaatkan tenaga baterai yang mampu mengaliri listrik. Sebagai hasilnya, energi listrik tersebut akan berubah menjadi beragam energi lain mulai dari gerak, cahaya, panas dan lain-lain.

Elektrokoagulasi

Elektrokoagulasi merupakan salah satu teknologi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan mansuia dalam mendapatkan air bersih. Teknologi ini bertujuan untuk memisahkan air tanah dengan elemen logam berbahaya sehingga air dapat dikonsumsi dengan lebih aman. Biasanya teknologi ini sudah diterapkan oleh perusahaan air minum untuk memastikan bahwa air yang dikonsumsi sudah aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat secara luas.

Medis 

Di ranah medis, teknologi ini sudah diterapkan di beberapa tindakan. Misalnya peralatan untuk pemacu jantung dan alat-alat medis lain untuk tujuan kesehatan atau operasi.

Las Listrik

Las listrik juga mengaplikasikan konsep electrode. Inilah yang menyebabkan terjadinya perpindahan tenaga listrik menjadi energi panas yang dapat mendukung aktivitas untuk membuat pagar besi dan lain-lain.

Metode Geolistrik

Geolistrik merupakan teknik untuk mengetahui struktur permukaan di bawah tanah. Tujuannya bisa sangat beragam, mulai dari penelitian terkait bencana dan penentuan area untuk membangun sebuah lokasi proyek konstruksi. Penggunaan electrode pada metode ini sangat membantu dalam mengetahui bagaimana struktur sebuah lahan dan permukaaan di bawah tanah.

Alasan mengapa electrode diperlukan 

Segala bentuk rekayasa teknologi pastinya mempunyai objektif yang bisa membantu aktivitas manusia. Misalnya saja seperti mempelajari pesawat sederhana dan juga gaya gravitasi Pins. Nah, setelah kamu semua memahami apa saja fungsi dari electrode dalam kehidupan sehari-hari maka berikut ini ada penjelasan singkat mengenai alasan electrode penting untuk manusia.

Memudahkan pekerjaan

Electrode memudahkan pekerjaan manusia, khsusunya di bagian yang berkaitan dengan kelistrikan. Seperti yang kita tahu bahwa elektrode bisa membantu memisahkan logam berbahaya pada air tanah sehingga memungkinkan air tanah dapat dikonsumsi. Kondisi ini adalah salah satu contoh aktivitas yang memudahkan pekerjaan manusia atau perusahaan dalam menyediakan produk konsumsi bagi masyarakat. Contoh lain aktivitas yang menjadi mudah dengan kehadiran electrode adalah proses las listrik. Las listrik mungkin tidak dilakukan oleh semua orang, namun aktivitas ini dilakukan untuk membuat pagar yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Membantu kehidupan manusia

Selain itu, fungsi lainnya adalah electrode mampu membantu kehidupan manusia. Misalnya saja dari sektor medis, electrode bisa sangat menolong kegiatan yang bersifat medical di rumah sakit. 

Solusi di bidang sains

Di dalam ilmu pengetahuan alam, electrode ini tentu masuk ke dalam bahan ajar anak sekolah. Materi ini pun bisa dengan cepat diserap dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Harapan dengan adanya materi mengenai electrode di bangku sekolah adalah agar para siswa mampu mengembangkan imajinasi mereka untuk menciptakan hal baru dari ilmu electrode. 

Itu saja informasi mengenai electrode, semoga penjelasang singkat di atas bisa memberikan penjelasan kepada kamu ya Pins. Semoga berguna!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.