Kamus Istilah Properti

Wireless

istilah properti

Wireless

Wireless adalah jaringan tanpa kabel yang menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya menggunakan gelombang elektromagnetik.

Apa itu Wireless?

wireless
(Pixabay)

Wireless adalah jaringan yang menghubungkan telekomunikasi perangkat satu dengan yang lainnya tanpa menggunakan media kabel sebagai media penghantarnya. Sebagai gantinya, jaringan nirkabel yang digunakan adalah media transmisi untuk mengantarkan gelombang elektromagnetik.

Apabila jaringan komputer membutuhkan kabel jaringan seperti kabel optic, fiber, dan UTP, jaringan nirkabel wireless hanya memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal dari perangkat satu ke perangkat yang lainnya.

Salah satu keunggulan menggunakan jaringan wireless adalah kemudahan pemasangan. Pasalnya, Pins, memasang jaringan wireless tidak memerlukan banyak kabel untuk membangun koneksi. Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur wireless pada perangkat seperti komputer dan ponsel.

Perkembangan teknologi yang pesat sejalan dengan kecanggihannya, hampir seluruh perangkat seperti komputer, laptop, hingga telepon genggam telah tersedia fitur dan layanan wireless.

Pins bisa berselancar di internet tanpa perlu menghubungkan kabel modem ataupun kabel telepon. Cukup mengandalkan sinyal WiFi saja kamu sudah bisa mengakses internet di mana pun.

Sejatinya, sejak dulu para ilmuwan sudah menemukan jaringan wireless dan mengoperasikannya melalui radio dan radar. Ada banyak jenis peralatan yang menggunakan wireless, seperti wireless LAN, telepon genggam, telepon cordless, satelit televisi, perangkat komputer dan laptop, remote control, hingga GPS yang berfungsi sebagai navigasi.

Fungsi Jaringan dan Teknologi Wireless

wireless
(Pexels)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Pins, bahwa keunggulan dari jaringan wireless ini adalah mampu menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya tanpa menggunakan kabel melainkan memanfaatkan gelombang elektromagnetik.

Baik komputer, laptop, tablet, atau perangkat apapun bila telah memiliki fitur wireless maka perangkat tersebut bisa menggunakan jaringan wireless.

Tidak sampai di situ saja fungsi jaringan dan teknologi wireless ini. Berikut ini fungsi lengkap dari jaringan dan teknologi wireless.

  • Wireless mampu menjangkau lebih luas area.
  • Kamu bisa meminimalisir biaya pemasangan karena jaringan yang akan dipasang tidak memerlukan kabel terlalu banyak alias tanpa kabel.
  • Fitur wireless acces point (WAP) berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data.
  • Selain sebagai pengatur lalu lintas data, WAP juga berfungsi untuk menghubungkan jaringan lokal dengan wireless.
  • Jaringan wireless juga berfungsi sebagai pengatur acces point agar tugasnya sebagai DCHP server berjalan lancar.
  • Jaringan wireless bisa diperkuat dengan beberapa peralatan khusus seperti booster.
  • Pins sebagai user memiliki ruang gerak tak terbatas saat menggunakan WiFi sebab jarak jangkauannya yang lebih luas dan fleksibel.
  • Selain biaya pemasangan yang murah, proses pemasangannya pun lebih mudah.
  • Pins bisa memasang jaringan ini di indoor maupun outdoor.

Prinsip Kerja Wireless

Sama seperti walky talky yang memiliki built transreceiver pada sistem operasinya, jaringan wireless juga memiliki transreceiver dalam bentuk adaptor. Di mana adaptor akan mendeteksi jaringan wireles di sekitar area perangkat melalui radio dan alat khusus pendeteksi sinyal masuk.

Saat sinyal sudah terdeteksi, sistem sign atau autentikasi pengguna akan menghubungkannya. Data apapun yang dikirimkan komputer atau laptop atau perangkat lainnya melalui adaptor wireless dalam bentuk digital 0s & 1s akan dikonversi menjadi sinyal radio berbentuk analog.

Kecepatan transfer data pada jaringan wireless ini ditentukan dengan teknik apa yang kamu pakai untuk modulasi. Sinyal radio yang diterima wireless router maupun wireless adapter berkekuatan lebih dari 2,4 GHz.

Wireless router berupa stasiun penerima jaringan wireless yang nantinya akan mengonversi sinyal data radio dalam bentuk sinyal digital dengan sinyal demodulating. Lalu, sinyal tersebut dikirim menggunakan koneksi kabel ethernet menuju jalur super informasi yang biasa kamu kenal dengan sebutan internet.

Setelah router menerima data digital tersebut dari internet, selanjutnya data akan dimodulasi ke dalam bentuk analog. Adapter yang menerima sinyal analog yang dimodulasi dan kembali didemodulasi ke dalam bentuk digital lalu ditransfer ke komputer.

Perlu, Pins, ingat bahwa alat teknologi yang dibutuhkan jaringan wireless agar beroperasional dengan maksimal adalah router dan adapter wireless. Beruntungnya, teknologi kini yang semakin canggih yang melengkapi perangkat seperti komputer dan laptop dengan fitur wireless berkekuatan sinyal tinggi.

Tips Pasang Wifi di Rumah 

(Pixabay)

Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah, membuat perkembangan teknologi semakin canggih dengan kebutuhan Wifi pribadi yang semakin meningkat.

Hampir seluruh orang membutuhkan dan mengajukan permintaan untuk melakukan pemasangan jaringan wireless namun tidak semua rumah memiliki dilengkapi dengan jaringan telepon. Untuk itu, Pins, berikut ini cara pemasangan jaringan wireless sendiri tanpa jaringan telepon.

Manfaatkan Modem Wifi di Rumah

Ada banyak provider yang menawarkan pemasangan Wifi tanpa menggunakan kabel telepon. Kekuatan jaringannya pun tidak main-main yakni 4G. Dengan kekuatan kecepatan yang maksimal tentu koneksi internet akan semakin kencang dibandingkan modem pada umumnya. Selain itu, jangkauan Wifinya juga lebih luas.

Keuntungan bila kamu menggunakan Wifi, di antaranya:

  • Wifi memiliki daya baterai hingga 20 jam,
  • Bisa digunakan hingga 32 perangkat atau gadget,
  • Memiliki bentuk yang sederhana sehingga bisa kamu bawa kemana-mana,
  • Namun, pilihan paket internetnya terbatas belum unlimited.

Coba Pasang Wifi Menggunakan Router USB

Cara kerja router USB hampir sama dengan MiFi. Perbedaannya adalah kamu bisa menggunakan operator selular apapun bila menggunakan router USB. 

Ada banyak jenis router yang bisa Pins cari, sedangkan jenis-jenis modem USB yang bisa Pins gunakan seperti ZTE, Sierra, dan Huawei bisa kamu gunakan.

Pasang Wifi Rumahan

Bila cara lain untuk mendapatkan jaringan wireless terbilang sulit untuk dilakukan dan dimengerti. Pins bisa mencoba solusi yang terakhir yakni memasang jaringan internet di rumah. 

Meskipun provider yang menawarkan merupakan provider telepon rumah, tetapi dalam pemasangannya ternyata Wifi tidak memerlukan kabel telepon. Selain itu, biaya pemasangan juga terbilang murah dengan pilihan paket internet yang beragam.

Memasang Tower Internet

Bila provider umum seperti Indihome saja sulit memasuki area tempat tinggal Pins, kamu bisa mencari tahu cara pemasangan tower internet yang disediakan beberapa layanan internet service provider.

Pemasangan tower internet bisa dilakukan bila daerah tempat tinggal Pins dekat dengan tower internet ataupun triangle. Tower-tower seperti ini kerap digunakan untuk mendukung pemasangan antena atau alat pemancar lainnya agar mendapatkan gelombang telekomunikasi internet.

Namun, berita buruknya adalah biaya pemasangan tower internet terbilang mahal dibandingkan cara memasang Wifi yang lainnya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Achlisia