11 Rekomendasi Makanan Enak dan Lezat Khas Gresik

Dipublikasikan oleh Safina Rahma ∙ 8 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Saat mengunjungi suatu tempat, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan. Tidak hanya mengunjungi tempat wisata, kamu juga bisa berburu kuliner yang tentunya memiliki rasa khas. Seperti ketika berada di Gresik, kamu dapat mencoba berbagai makanan khas asli daerah ini.

Sama seperti daerah lainnya, Gresik memiliki makanan khas yang wajib dicoba oleh kamu para pecinta kuliner. Daerah yang berada di Jawa Timur ini memiliki banyak makanan lezat baik itu makanan berat atau kudapan. Yuk, cek berbagai rekomendasi makanan khas Gresik di bawah ini, Pins!

Pudak

makanan khas gresik
(Kompas)

Makanan pertama dari Gresik yang bisa kamu coba yaitu pudak. Makanan ini terbuat dari tepung beras, gula pasir atau gula jawa, dan santan kelapa. Bahan-bahan tersebut kemudian dimasukkan ke kemasan berupa daun pelepah pisang.

Bahan-bahan pembuat Pudak membuat makanan ini memiliki rasa manis dan gurih. Selain itu, makanan ini kini juga memiliki banyak jenis seperti pudak putih, pudak merah, dan pudak sagu.

Nasi Krawu

(Travel – Bisnis.com)

Kamu juga bisa mencoba nasi krawu jika ingin menjajal makanan khas dari Gresik. Makanan ini termasuk sebagai kuliner legendaris dan masih digemari hingga saat ini. Namanya sendiri berasal dari kata krawuk yang berarti diambil dengan jari tangan.

Nasi krawu adalah kuliner yang mengenyangkan. Makanan ini berisi nasi putih pulen dengan berbagai lauk seperti suwiran daging sapi pedas, semur babat, kentang, semur ikan bandeng, tahu, dan lain sebagainya.

Jubung

makanan khas gresik
(Akurat.co)

Makanan khas Gresik yang berikutnya yaitu Jubung. Makanan ini memiliki bentuk mirip dengan jenang dengan bahan utama berupa ketan hitam. Kamu akan menemukan makanan ini ditaburi leh wijen dan dibungkus oleh wadah dari kulit pohon pinang.

Proses pembuatan Jubung memakan waktu yang tak sebentar. Secara umum, pembuatan Jubung bisa memakan waktu sampai 24 jam. Selama waktu tersebut, ketan direndam, digiling, dimasak, dan juga dibungkus.

Sego Roomo

(IDN Times)

Nama sego Roomo berasal dari daerah asal makanan ini yaitu Desa Roomo. Makanan khas ini memiliki bentuk dan tekstur yang mirip dengan bubur. Hal ini membuat banyak orang juga menyebut hidangan ini sebagai bubur Roomo.

Sego Roomo memiliki bentuk yang berbeda dari makanan asli Gresik yang lainnya. Kamu bisa menikmati makanan ini di atas wadah dari daun pisang. Isiannya sendiri berupa sayur dan kerupuk yang kemudian diberi bubur kuning yang menjadi ciri khas sego Roomo.

Otak-otak Bandeng

makanan khas gresik
(BisnisUKM)

Bagi kamu pecinta makanan berupa otak-otak, tentunya tak bisa melewatkan hidangan asli Gresik yaitu otak-otak bandeng. Sesuai namanya, makanan ini memiliki bahan utama berupa ikan bandeng yang kemudian diolah menjadi otak-otak.

Otak-otak bandeng dari Gresik ini bisa kamu santap langsung atau disimpan. Makanan ini memiliki daya simpan yang cukup baik yaitu sekitar 2 hari. Kamu pun bisa memilih makanan ini sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke Gresik.

Bonggolan

(Wisata – Harianjogja.com)

Ketika mengunjungi Gresik, kamu juga tak boleh ketinggalan untuk mencoba bonggolan. Makanan ini memiliki bahan dasar berupa ikan. Bahan ini lalu dicampur dengan tepung kanji sehingga menghasilkan warna putih keruh. Rasa makanan ini gurih dan nikmat, terutama jika kamu mencobanya bersama sambal.

Bonggolan memiliki bentuk seperti sosis atau otak-otak yaitu kecil dan lonjong. Adonan untuk membuat bonggolan lalu dibungkus menggunakan daun pisang.

Legen

(iNews)

Tidak hanya makanan, Gresik juga memiliki minuman khas yang bisa kamu coba. Legen adalah minuman dengan rasa manis dan segar. Minuman ini didapat dengan menyadap ujung pohon siwalan, sebuah tanaman sejenis kelapa yang bisa kamu temui di Gresik.

Legen yang didapat dari pohon ini bisa kamu konsumsi secara langsung. Jika dicampur dengan es batu, kamu bisa mendapatkan sensasi dingin menyegarkan. Cocok diminum ketika cuaca sedang terik.

Sanggring

makanan khas gresik
(Indozone)

Saat berada di Gresik, kamu juga perlu mencoba makanan khas berupa sanggring atau kolak ayam. Meskipun bernama kolak, makanan ini bukanlah kolak yang sering kamu temukan di masa Ramadhan, Pins. Makanan ini terbuat dari ayam suwir tipis yang dicampur dengan kuah atau kaldu.

Sanggring sendiri memiliki rasa yang manis. Rasa ini didapat dari kuah atau kaldu yang telah diracik dengan bumbu khusus. Selain rasanya yang nikmat, makanan ini juga memiliki sejarah. Konon katanya, sanggring berasal dari makanan obat yang dibuat oleh Sunan Dalem.

Sego Karak

(Emak Mbolang)

Di daerah lainnya, sego karak dikenal sebagai nasi aking. Makanan ini terbuat dari nasi yang dikeringkan, lalu ditanak kembali. Cara ini banyak digunakan untuk mengawetkan nasi sehingga bisa disantap kembali.

Sego karak biasanya tidak disajikan sendiri. Kamu bisa memakannya bersama berbagai makanan pendamping seperti parutan kelama, ketan hitam, serundeng, gorengan, dan lain sebagainya. Kamu bisa menikmati makanan ini kapan saja, seperti ketika waktu sarapan.

Sego Menir

makanan khas gresik
(GoTravelly)

Sego menir khas Gresik merupakan hidangan khas yang cukup langka. Makanan ini hanya dijual oleh beberapa penjual saja di Gresik. Sebagai makanan khas, makanan ini memiliki ciri khusus yaitu terbuat dari beras kecil hasil pecahan gilingan padi yang telah dihaluskan.

Nasi dari bahan tersebut lalu disandingkan dengan berbagai makanan lainnya. Kamu bisa menyantapnya bersama sayuran kuah bening dan juga pelengkap lain seperti dadar jagung dan rempeyek.

Martabak Usus

(KASKUS)

Makanan asli Gresik lainnya yang bisa kamu coba yaitu martabak usus. Makanan ini memiliki rasa gurih dan lezat. Kamu bisa mencoba makanan khas ini jika ingin menikmati sajian yang ringan atau mengganjal perut.

Martabak usus dari Gresik terbuat dari berbagai bahan seperti telur, bihun, dan tentunya usus ayam dengan bumbu pedas. Makanan ini akan sangat nikmat jika dinikmati saat masih hangat bersama petis. Bagi kamu pecinta pedas, bisa juga memakannya bersama cabai rawit.

Terdapat banyak makanan khas Gresik yang nikmat dan perlu kamu coba. Makanan-makanan ini memiliki rasa khas yang lezat. Cocok jika kamu menyukai hidangan asli Indonesia.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.