Info Area

Bermain Air di Kolam Renang Cikini Jakarta Pusat

Semua orang tahu bahwa berenang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Jika memiliki rumah di Jakarta Pusat pasti kenal dengan kolam renang Cikini ini. Ketika masa liburan atau musim kemarau tiba pasti banyak yang datang kesini untuk bermain air.

Kolam Renang Cikini Jakarta Pusat memang pas banget sebagai tempat liburan bagi keluarga. Melihat kondisi di Jakarta yang panas, padat penduduk dan padat kendaraan, maka sesekali untuk refreshing bisa dengan berenang.

Kolam renangnya cukup luas dan berada di samping gedung yang tinggi. Disekitarnya ada pepohonan hijau yang menambah keasrian kolam renang. Air kolam yang jernih bisa membuat pengunjung betah berlama-lama bermain air disini.

Informasi Seputar Kolam Renang Cikini

(Kompasiana)

Kolam Renang Cikini menjadi kolam yang favorit banget bagi warga Jakarta, terutama bagi orang-orang pekerja kantoran yang butuh tempat berlibur. Lokasinya tepat berada di belakang Hotel Formule 1 yang tak jauh dari Taman Ismail Marzuki.

Kolam renang ini sendiri sudah dibuat sejak zaman penjajahan belanda. Dulunya orang Belanda sering berenang disini hingga akhir tahun 1950an. Sementara orang pribumi sering datang kesini untuk melihat para bule tersebut berenang.

Kolamnya sendiri memiliki kedalaman 1.5 meter hingga 3 meter. Ukurannya sekitar 25 meter x 50 meter. Kawasan kolamnya juga masuk dalam bagian rumah pelukis terkenal yakni Raden Saleh.

Aktivitas pengunjung jika datang kesini adalah bermain air, berenang dan berendam. Kolam renang juga menyediakan banyak kafe dan kedai makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Makanan berat ditawarkan mulai dari Rp. 30.000 seperti nasi goreng gila. Sementara aneka snack tersedia mulai dari Rp. 15.000 misalnya tape bakar saus karamel. Ada pula minuman seperti aneka jus.

Fasilitas yang disediakannya antara lain toilet, kamar mandi dan gazebo. Ada pula penyediaan baju renang, tempat parkir dan mushola. Lahan parkir tersedia indoor dan tempat outdoor.

Para atlet nasional juga sering berlatih berenang disini. Ada pula loker untuk menyimpan baju dan barang bawaan lainnya. Bila baterai gadget habis ada pula penyewaan powerbank dan kawasan free WiFi untuk tempat nongkrong

Baca Juga :

Lokasi Kolam Renang Cikini Jakarta Pusat

Lokasi kolam renang ini berada di Jalan Cikini Raya No. 75, Kel. Menteng, Kec. Tebet, RT.1/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Bila dari Monas hanya perlu ke arah selatan sekitar 2.3 km. Rute yang dilewati yakni jalan M.I. Ridwan Rais dan Tugu Tani. Kamu bisa menuju jalan Menteng Raya dan masuk ke jalan Cikini.

Kamu juga bisa melalui hotel Formula One yang berada di depan kolam renang ini. Jika masih bingung dapat pula mengikuti arahan Google Maps dibawah ini!



Harga Tiket Masuk Kolam Renang Cikini Jakarta Pusat

(Portal Renang)

Kolam renang buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Adapun harga tiket masuknya dibedakan antara hari biasa (senin-jumat) dengan hari libur (sabtu, minggu, & libur nasional). 

Pada hari biasa harganya Rp 40.000/ orang, dan pada hari libur harganya sebesar Rp 50.000/ orang. Saat hari libur akan buka lebih awal yakni mulai pukul 07.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut dapat pula menghubungi (021) 31900588.

Biaya parkirnya memakai sistem per jam. Untuk motor dikenakan tarif Rp. 2.000 per jam. Sementara tarif mobil sekitar Rp. 4.000 per jamnya. Tak jarang kolam renang digunakan untuk latihan sehingga kolam dalam dipakai setengah mulai pukul 08.30-16.00/18.00 WIB.

Persiapan Sebelum Berenang

(Pexels)

Destinasi wisata ini bukanlah jenis tempat berenang di dalam ruangan. Jadi datanglah di waktu yang tepat. Kamu bisa datang kesini saat pagi hari agar bisa menikmati aktivitas berenang lebih lama.

Selain itu cek dulu cuaca pada hari tersebut. Pastikan tidak hujan dan jika memungkinkan datang saat hari biasa. Jika berenang di hari libur resikonya akan ada banyak pengunjung.

Selain itu lakukan persiapan dibawah ini sebelum berenang. Aktivitas bermain air bisa nyaman dan aman.

Lakukan Pemanasan

Sebaiknya jangan langsung berenang ketika sampai di kolam renang. Lakukan dulu pemanasan ringan untuk menghindari kram saat berenang. Misalnya saja lompat-lompat ataupun berlari kecil untuk prenggangan.

Mandi Di Pancuran

Untuk menyamakan suhu air kolam kamu bisa mandi dulu di pancuran. Basahi bagian kaki baru badan lainnya. Hal ini dilakukan sebelum berenang dan setelah berenang. Tujuannya membersihkan tubuh dari kotoran atau debu yang menempel.

Pakai Sunblock

Untuk mencegah tubuh gosok dapat memakai sunblock terlebih dulu. Pilih yang memiliki SPF diatas 30 serta water resistant. Ketika berenang kulit bisa terlindungi dari paparan sinar matahari.

Gunakan Pakaian Renang Mencolok

Terakhir pakai baju renang yang mencolok. Tujuannya bila terjadi apa-apa orang sekitar atau penjaga kolam bisa langsung memberikan bantuan. Jangan ragu pula untuk beristirahat sejenak saat lelah.

Kolam renang Cikini Jakarta Pusat merupakan salah satu kolam renang bersejarah. Pembangunannya dilakukan saat penjajahan Belanda dan termasuk tempat eksklusif pada masanya.

Baca Juga :


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah