Info Area

6 Rekomendasi Pantai Cantik di Banda Aceh

Provinsi Aceh menawarkan keindahan alam, termasuk berbagai pesona pantai di Banda Aceh yang cantik dan menawan yang sayang untuk dilewatkan. Usai terjadinya bencana tsunami, kota yang dijuluki Serambi Mekah ini pun berhasil bangkit dan memiliki pilihan destinasi wisata yang dapat Pins kunjungi saat berwisata ke sini. 

Meski terletak di bagian paling utara Indonesia, akses menuju Banda Aceh tidaklah terlalu sulit. Pins dapat memilih pesawat, bus hingga kapal sesuai budget yang dimiliki. Apalagi letak Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda maupun Pelabuhan Malahayati berlokasi tak jauh dari kota ini. 

Selain itu, pilihan akomodasi maupun perumahan di Banda Aceh juga tersebar cukup banyak sehingga Pins tak perlu khawatir mencari tempat tinggal di kota ini. 

Lalu, apa saja rekomendasi pantai cantik di Banda Aceh yang dapat Pins nikmati bersama keluarga? Yuk, cek daftarnya berikut ini. 

1. Pantai Ulee Lheue

pantai ulee lheue
(Tribun Wiki)

Rekomendasi pantai cantik di Banda Aceh yang pertama adalah Pantai Ulee Lheue. Pantai ini terletak Gampong Ulee Lheue, Kecamatan Meuraksa, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Kawasan ini masuk masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2022.  

Pins dapat mudah menemukan pantai satu ini karena lokasinya yang strategis dan mudah diakses karena berada di pinggir jalan utama. Selain itu, pantai Ulee Lheue merupakan jalan utama menuju pelabuhan satu-satunya yang menjadi penghubung ke Pulau Weh, Sabang.

Saat mengunjungi pantai ini, Pins akan melihat pemandangan tepi pantai yang indah yang cocok dikunjungi untuk melihat matahari terbenam. 

Wisatawan dapat menikmati wisata air memakai boat yang disediakan oleh Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh dan perahu bebek bersama keluarga. 

Apabila Pins berangkat dari pusat kota Banda Aceh, yang hanya berjarak 7 kilometer dari pantai Ulee Lheue, maka Pins akan  disuguhkan oleh banyak wisata kuliner di sepanjang jalan.  

2. Pantai Lampuuk

pantai lampuuk
(Native Indonesia)

Pantai Lampuuk merupakan salah satu pantai terbaik dan populer di Aceh. Sempat mengalami kerusakan parah akibat bencana tsunami, tetapi Pantai Lampuuk pun kini kian cantik setelah mendapatkan perbaikan. 

Pins akan menikmati suguhan pesona pesisir yang cantik dan lengkungan garis pantai yang eksotis, ditambah pemandangan alam sekitar yang indah sehingga membuat siapapun betah berlama-lama di sini. 

Tak hanya itu, perpaduan air biru yang jernih, pasir putih, dan tebing karang di ujung pantai serta pepohonan yang tumbuh alami, menjadikan pantai ini pun dijuluki sebagai Pantai Kuta di Aceh. 

BACA JUGA: 12 Hotel Murah di Banda Aceh untuk Keperluan Menginapmu

3. Pantai Lhok Mata Ie 

pantai lhok mata le
(RMOL Sumsel)

Jika Pins tertarik mengunjungi pantai cantik di sekitar Banda Aceh dengan suasana yang teduh dan tersembunyi, maka cobalah berkunjung Pantai Lhok Mata Ie. Pantai ini berlokasi cukup tersembunyi di daerah Ujong Pancu, Aceh Besar yang secara lokasi tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh.

Kelebihan pantai Lhok Mata Ie yaitu pemandangan sekitar pantai yang menawan dengan diapit perbukitan dengan ukuran pantai yang tak terlalu luas, sekitar 20-30 meter, tetapi tetap membuat puas wisatawan. 

Walaupun menempuh pantai ini cukup sulit karena pengunjung harus melewati perbukitan dan melakukan perjalanan sekitar satu jam untuk berjalan, tetapi Pins tidak menyesal mengunjungi surga di ujung dunia ini. 

Selain menikmati keindahan pantai, jangan lewatkan juga untuk melihat dunia bawah laut Pantai Lhok Mata Ie. Sebab, pantai ini memiliki terumbu karang dan keragamanan hayati bawah laut yang memesona. 

4. Pantai Lhoknga

pantai lhoknga
(Aceh Info)

Pilihan pantai cantik dekat Banda Aceh yang dapat Pins kunjungi selanjutnya yaitu Pantai Lhoknga. Berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat kota Banda Aceh, Pins dapat menikmati matahari terbenam, dengan pasir putih yang lembut, suasana yang sunyi dan juga sejuk. 

Pantai Lhoknga terkenal bagi para peselancar internasional karena ombaknya yang besar dan garang. Selain cocok untuk aktivitas surfing, pantai ini juga memiliki lapangan Golf dan bisa digunakan untuk memancing. 

Bagi Pins yang membawa keluarga juga bisa memilih waktu di mana terdapat festival tahunan, yang memiliki rangkaian aktivitas wisata pantai, dan pagelaran budaya lokal masyarakat setempat. 

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Tempat Nongkrong Seru di Banda Aceh

5. Pantai Alue Naga

pantai alue naga
(Wisato)

Dinamakan Alue Naga karena pantai ini memiliki muara sungai berkelok-kelok seperti tubuh naga. Berada tak jauh dari pusat kota Banda Aceh, hanya 15 menit jika berkendara, Pantai Alue Naga termasuk pantai yang cukup populer di kalangan masyarakat Aceh. 

Saat berkunjung ke pantai ini, Pins dapat akan disuguhkan dengan laut yang biru dan pemandangan sekitar pinggir pantai yang eksotis. Pantai ini lumayan sepi sehingga cocok bagi Pins ingin menyendiri maupun menghabiskan waktu bersama orang yang terkasih.

Selain suguhan pemandangan alam, Pins juga akan menemukan banyak tempat makan dan jajanan yang dapat dinikmati sambil menunggu sunset

Sayangnya, pantai ini kurang terawat karena memiliki sampah. Untuk itu, kalau berkunjung ke sini, pastikan untuk menjaga kebersihan dan membuat sampah di tempat sampah, ya!

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Cafe di Banda Aceh

6. Pantai Kuala Gampong Jawa

pantai kuala gampong jawa
(Digitara)

Rekomendasi pantai cantik di Banda Aceh yang terakhir yaitu Pantai Gampong Jawa atau Pantai Kuala Gampong Jawa. Terletak di Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, yang terdapat Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Gampong Jawa.

Lokasi pantai ini terbilang strategis dan tepi pantainya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Uniknya, di pantai ini wisatawan dapat melihat aktivitas nelayan menarik pukat secara langsung, atau dikenal tarek pukat

Selain itu, wisatawan juga dapat berenang di Pantai Gampong Jawa karena ombaknya yang termasuk tenang. Kafe sekitar pantai yang dibangun berbentuk balkon juga menjadi daya tarik tambahan Gampong Jawa. 

Pengunjung juga tak perlu meragukan kebersihan pantai ini karena pemerintah Kecamatan Kuta Raja, sudah menetapkan Pantai Gampong Jawa sebagai “Terminal Peduli Pantai” sehingga terdapat fasilitas kebersihan yang cukup baik, berupa tong dan bak penampungan sampah. 

Nah, itulah 6 rekomendasi pantai cantik di Banda Aceh saat berkunjung ke kota Serambi Mekah ini. Mana tempat yang ingin Pins datangi? 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.