Info Area

12 Tempat Wisata di Banda Aceh yang Sayang untuk Dilewatkan 

Banda Aceh merupakan ibu kota Provinsi Aceh yang terletak di ujung pulau Sumatera. Kota ini disebut sebagai serambi mekah karena merupakan kota dengan hukum islam yang berlaku. Kota ini memiliki keindahan wisata dan kuliner yang wajib kamu coba. 

Jika kamu sedang berkunjung ke Banda Aceh atau tertarik membeli rumah dijual di Banda Aceh, kamu wajib mengunjungi beberapa daftar wisata berikut ini. Ada wisata alam, religi, sejarah, hingga kesenian. Yuk, cek daftarnya! 

1. Museum  Tsunami dan Pemakaman Kerkhof Peutjoet 

Tempat wisata di Banda Aceh
(kompas.com) 

Rekomendasi tempat wisata di Banda Aceh yang pertama ada Museum Tsunami. Tempat ini menjadi titik paling bersejarah yang akan diingat sepanjang masa warga Aceh. Di tempat ini lah tempat untuk mengingat peristiwa tsunami pada 26 Desember 2004 yang menewaskan ratusan ribu orang. 

Untuk masuk ke museum ini, kamu bisa mengunjunginya secara gratis. 

Lokasi: Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116

2. Lapangan Blangpadang dan Monumen Replika Pesawat Dacota DC-3 Seulawah RI 001 

Tempat wisata di Banda Aceh
(kompas.com) 

Lapangan Blangpadang merupakan sebuah tempat wisata di Banda Aceh yang berupa area terbuka hijau dengan replika pesawat yang menangani pengiriman bantuan saat tsunami 2004. Pesawat ini lah yang menjadi cikal bakal berdirinya industri dirgantara Indonesia. 

3. Kapal Apung Lampulo 

Kapal Apung Lampulo
(detik.com)

 Masih berupa tempat untuk mengingat peristiwa tsunami 2004, kamu bisa mengunjungi Kapal Apung Lampulo. Tempat ini menjadi saksi dahsyatnya tsunami yang mampu membawa kapal seberat 65 ton naik ke rumah penduduk. 

Kapal ini pula menjadi sarana yang membawa 59 orang selamat kala peristiwa tersebut. Kini, kapal tersebut dijadikan monumen bersejarah. 

Lokasi: Punge Blang Cut, Jaya Baru, Banda Aceh City, Aceh 23116

4. PLTD APung 1 

Tempat wisata di Banda Aceh
(kompas.com) 

Jejak-jejak peninggalan tsunami 2004 masih terlihat jelas di beberapa sudut kota di Banda Aceh. Kapal seberat 2600 ton bahkan mampu terseret ombak tsunami sejauh 5 kilometer ke pusat kota banda aceh. Kini kapal tersebut dijadikan monumen yang dapat dikunjungi secara umum. 

5. Pantai Lampuuk 

(tribunnews.com) 

Tempat wisata di Banda Aceh yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Pantai Lampuuk. Pantai ini terletak 15 kilometer dari pusat kota. Pantai ini memiliki keindahan yang menakjubkan dengan pasir pantai yang putih halus dengan air laut yang biru jernih. 

Dahulu, pasca tsunami pantai ini pernah sepi pengunjung, namun kini pantai ini sudah ramai wisatawan kembali. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Pantai Cantik di Banda Aceh

6. Bukit Lhok Eumpe

Tak hanya berupa pantai saja, tempat wisata di Banda Aceh yang bisa kamu kunjungi selanjutnya ada Bukit Lhok Eumpe. Bukit ini terletak di Gampong Nusa, Lhoknga, Aceh Besar. 

Di puncak bukit ini kamu bisa menikmati pemandangan berupa padang savana yang luas dengan barisan bukit-bukit yang indah. Nah, untuk bisa menuju bukit ini kamu perlu sedikit usaha dengan bertanya pada penduduk sekitar. Sebab aksesnya cukup terpencil. 

7. Pucok Krueng Raba 

(tribunnews.com) 

Selain mengunjungi bukit, kamu juga wajib mengunjungi Pucok Krueng Raba. Di tempat ini kamu bisa melihat pemandangan sawah hijau membentang. Kemudian kamu bisa melihat atau menyusuri sungai Raba dari hilir ke hulu. 

Tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Banda Aceh. Meskipun begitu, kamu tetap perlu mengajak pemandu wisata supaya tidak menyasar.  

8. Ujung Kelindu 

Ujung Kelindu
(tribunnews.com) 

Rekomendasi tempat wisata di Banda Aceh yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Ujung Kelindu. Tempat ini berupa pemandangan tebing dengan pemandangan pantai yang menakjubkan. Kamu bisa melihat panorama air laut yang biru jernih dipadu dengan adanya bukit hijau di sampingnya. 

Untuk bisa mengunjungi tempat ini memang perlu waktu yang cukup lama. Namun, dijamin pemandangan tersebut akan memanjakan mata kamu. 

Baca juga: 10 Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba! 

9. Benteng Indra Patra 

Benteng Indra Patra
(mediaindonesia.com) 

Seperti yang kamu ketahui, Aceh merupakan tempat peradaban islam pertama yang masih kuat hingga saat ini. Benteng Indra Patra ini sudah berdiri sejak zaman tersebut dan masih berdiri hingga saat ini. Benteng tersebut berbentuk kubah yang di dalamnya terdapat sumur untuk ritual keagamaan. Terdengar menarik, bukan? 

10. Air Terjun Biluy 

Kalau kamu menyukai tempat wisata alam yang masih asri, Air Terjun Biluy bisa jadi pilihannya. Air terjun ini memiliki panorama alam yang menyejukkan mata. Kamu bisa merasakan kesegaran air terjun atau memancing di area hilirnya. 

11. Wisata Religi dan Arsitektur Masjid Raya  Baiturrahman

Tempat wisata di Banda Aceh
(kompas.com) 

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan masjid Raya Baiturrahman, bukan? Masjid terbesar di Banda Aceh ini wajib banget kamu kunjungi jika sedang berkunjung ke sana. Masjid ini juga menjadi salah satu saksi bisu yang berdiri kokoh saat tsunami menerjang di tahun 2004 silam. 

12. Taman Ratu Safiatuddin

(tribunnews.com) 

Rekomendasi tempat wisata di Banda Aceh yang terakhir di daftar ini adalah Taman Ratu Safiatuddin. Tempat ini berupa rumah adat Aceh yang ikonik. Tempat ini bisa dijadikan spot foto instagramable yang menarik, bukan? yuk, kunjungi. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.