Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Alat Makan

Dipublikasikan oleh Pinhome dan Diperbarui oleh anni ∙ 1 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Banyak orang yang menyukai jengkol dan petai tapi saat hendak makan petai atau jengkol mereka menjadi malas. Karena dua makanan ini dianggap makanan yang mengundang bau tak sedap sehingga membuat penampilan menjadi tidak menarik di depan umum.

Bagi orang yang menyukai jengkol dan petai akhirnya menjadi tidak percaya diri untuk makan di depan umum karena takut menyebabkan aroma tak sedap di sekitarnya.

Baca Juga: 

Pinhome – Jengkol dan petai memang menimbulkan bau tak sedap bagi orang lain. Namun, perlu diketahui bahwa aroma jengkol dan petai yang kuat dapat meningkatkan nafsu makan. Berbeda dengan jengkol, bau petai lebih menyengat dan tajam sehingga mudah tercium orang lain.

Bahkan bau dari petai bisa mempengaruhi bau air seni kamu. Bau jengkol dan petai tidak hanya berasal dari mulut, terkadang baunya menempel kemana-mana. Banyak cara menghilangkan bau jengkol di alat makan.

Menghilangkannya pun sangat praktis dan tidak merepotkan. Ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk mengatasi bau tak sedap akibat petai atau jengkol, antara lain:

5 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di alat makan

Cara menghilangkan bau jengkol dan petai
(Unsplash)

Mengepel Ruangan

Tak hanya di peralatan makan, terkadang bau jengkol dan petai menempel di dalam ruangan. Jika tidak ingin ada yang tertinggal di lantai sebaiknya singkirkan peralatan rumah tangga yang berbahan kain, keset, karpet serta tirai.

Jika sudah terlanjur bau, segera bersihkan dengan cara di pel. Gunakan pembersih lantai yang beraroma terapi, bisa juga menggunakan bakaran kayu manis yang dibakar di atas kompor.

Baca Juga: Tips Membersihkan Rumah Tanpa ART

bersihkan peralatan rumah
(Unsplash)

Merendam Peralatan Makan

Peralatan makan dan memasak yang telah digunakan sebaiknya segera rendam dengan air hangat yang sudah dicampur sabun cuci piring. Rendam kurang lebih 5-10 menit setelah itu baru bisa dengan sabun hingga berbusa. Jika dibiarkan begitu saja, baunya akan menempel pada piring atau peralatan masak.

Baca juga: Tips Mengatasi Bau Makanan di Rumah

Memperhatikan Pori-Pori Peralatan Masak

Beberapa peralatan masak ada yang memiliki pori-pori pada lubang yang rentan menjadi tempat sisa makanan dan persembunyian bau. Biasanya peralatan masak yang terbuat dari kayu seperti wajan, spatula, talenan dan cobek. Tipsnya yaitu menyikat peralatan memasak yang terbuat dari kayu setelah makan, lalu bilas dengan sabun cuci piring.

Cara menghilangkan bau jengkol bahan alumunium
(Unsplash)

Perhatikan Barang Alumunium

Cara menghilangkan bau jengkoldi alat makan lainnya yaitu memperhatikan bahan peralatan masak. Jika kamu memiliki peralatan masak alumunium, setelah selesai dipakai langsung direndam dengan baskom yang diisi dengan air dingin yang sudah dicampur soda kue.

Setelah itu campur dengan sabun cuci dan ditambah air jeruk supaya aromanya segera hilang. Karena peralatan berbahan aluminium membuat bau lebih lama menempel.

Baca Juga Tips Jitu Membersihkan Rumah

Cara alami
(Unsplash)

Merendam dengan Cuka

Cara menghilangkan bau jengkol di alat makan yang alami yaitu dengan perasan jeruk nipis. Teteskan perasan jeruk nipis kemudian cuci dengan sabun cuci piring kemudian tambahkan soda kue. Bau petai juga bisa dihilangkan dengan cuka yang dicampur air. Rendam peralatan makan kurang lebih 4-5 jam.

Memang jengkol dan petai adalah makanan enak yang disantap bersama nasi. Namun jika menimbulkan bau tak sedap kamu harus segera menghilangkannya. Kamu tidak mau kan orang yang berada disekitarmu justru risih karena bau yang ditimbulkan.

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.