Pinhome

Lifestyle

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Berkumur

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 23 May 2021 ∙ 4 menit membaca

Umumnya bau mulut terjadi karena sisa makanan yang masih menempel pada mulut, bakteri serta kotoran. Selain itu, keringnya mulut karena kurangnya produksi air liur juga bisa membuat bau mulut menjadi tidak sedap. Hal ini juga menandakan bahwa tubuhmu kekurangan cairan sehingga membutuhkan air.

Selain membersihkan gigi dengan pasta gigi, cara menghilangkan bau mulut dengan berkumur juga menjadi langkah yang penting dalam membersihkan mulut. Obat kumur dapat membantu mengontrol bau mulut dan mengurangi gigi berlubang. Berkumur bisa membantu mengurangi peradangan pada gusi, mulut kering dan penumpukan plak.

Biasanya obat kumur yang digunakan memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri yang berbahaya di dalam mulut. Jika kamu tidak ingin menggunakan produk obat kumur yang dijual di pasaran. Kamu bisa menggunakan bahan alami untuk berkumur.

Baca juga : Apa Itu Impostor Sindrom? Berikut Penjelasannya

Bahan alami yang memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut dan dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi. Sehingga mampu menyegarkan dan menghilangkan bau mulut. Berikut di bawah ini bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk berkumur.

Garam

Garam bisa menjadi obat kumur, karena di dalamnya terdapat kandungan antiseptik yang mampu membersihkan serta membunuh bakteri dalam mulut. Berkumur dengan menggunakan air garam sama efektifnya dengan menggunakan obat kumur yang beredar di pasaran.

Selain itu, air garam juga dapat membantu mengurangi plak gigi, mengobati sariawan, dan gusi bengkak. Lakukan kegiatan berkumur dengan air garam sehabis menyikat gigi selama 30 detik.

Baking Soda

Baking soda menjadi bahan alami obat kumur karena dapat mengatasi masalah mulut seperti bau dan perkembangan bakteri lainnya. Caranya mudah, tambahkan 2 sendok teh baking soda ke dalam segelas air hangat.

Baca juga : Olahraga Dulu atau Sarapan Dulu?

Cuka Sari Apel

Selain menjadi bahan alami sebagian perawatan kecantikan. Cuka apel juga dapat mengatasi masalah kesehatan mulut. Bahan alami ini merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut karena mengandung asam yang disebut asam asetat. Hal ini tentu dapat mencegah pertumbuhan bakteri jika digunakan untuk berkumur.

Karena tingkat keasaman cuka apel sangat tinggi dan bakteri tidak suka tumbuh di tempat yang asam. Sama seperti cara membuat obat kumur menggunakan baking soda. Siapkan segelas air dan tambahkan 1 sendok teh cuka sari apel. Gunakan untuk berkumur selama 15 detik.

Kayu Manis dan Cengkeh

Sifat antibakterial dalam kayu manis dan cengkeh dapat mengobati karies gigi yang disebabkan oleh bakteri dalam mulut. Sedangkan tanaman cengkeh memiliki sifat antivirus dan antioksidan yang mampu mengatasi penumpukan plak dan peradangan. Tak heran jika minyak cengkeh sering digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Caranya dengan mencampurkan 10-15 tetes minyak kayu manis dan takaran yang sama pada minyak cengkeh dengan segelas air. Kemudian berkumur selama 30 detik.

Baca juga : Narsistik atau Narsis Adalah … (dan Mitos Seputarnya)

Daun Mint

Daun mint dapat memberikan efek sejuk dan segar jika digunakan sebagai obat kumur. Akan ada sensasi semriwing saat kamu berkumur menggunakan daun ini. Bahan alami ini juga adalah salah satu cara menghilangkan bau mulut lho.

Daun mint mampu mengatasi bau mulut dan membunuh bakteri dan jamur. Caranya dengan menyeduh daun mint dengan air panas. Berkumur dengan daun mint dapat memerangi masalah bau mulut.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan yang dapat mengatasi masalah bau mulut yang mengganggu. Berkumur dengan lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan dan plak di gigi. Lakukan kegiatan berkumur dengan jus lidah buaya tiga kali dalam sehari.

Baca juga : Cara Meningkatkan Imun Tubuh Saat Pandemi Covid – 19

Minyak Serai

Selain minyak kayu manis dan minyak cengkeh. Minyak serai juga dapat digunakan sebagai pembersih mulut. minyak ini bisa membantu penumpukan plak dan mencegah banyaknya bakteri dalam mulut.

Minyak ini umumnya aman digunakan selama dilarutkan dengan benar. larutkan 2 sampai 3 tetes minyak serai dengan segelas air. gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

Jahe

Sama seperti lidah buaya, jahe juga memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa dalam jahe dapat mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Caranya mudah, rebus jahe dengan air kemudian gunakan untuk berkumur dua kali sehari. Supaya lebih efektif, kamu bisa menambahkan minyak cengkeh dan minyak kayu manis ke dalamnya.

Daun Jambu Biji

Air rebusan jambu biji dapat menjaga kesehatan mulut. Ia memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Air rebusan jambu biji bisa kamu gunakan untuk berkumur dua kali sehari. Berkumur dengan air rebusan daun jambu biji dapat mengurangi peradangan gusi, meringankan rasa nyeri dan menyegarkan napas.

Baca juga : Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Share juga pemikiran kamu di kolom komentar tentang cara menghilangkan bau mulut. Bagikan juga di sosial media agar lebih banyak orang yang teredukasi dan mengetahui cara menghilangkan bau mulut.

Tags :

Bagikan Artikel