BlogPemilik PropertiFinansial10 Jenis Usaha Setelah Pensiun yang Punya Potensi Besar
0
0

10 Jenis Usaha Setelah Pensiun yang Punya Potensi Besar

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Nov 30, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
usaha setelah pensiuntop-right-banner

Pensiun bukan akhir dari perjalanan, melainkan awal petualangan baru. Banyak orang memilih untuk memulai usaha setelah pensiun, untuk mengisi waktu senggang atau sebagai ladang baru untuk tantangan dan pencapaian.

Untuk menikmati masa pensiun tentunya Pins harus memiliki hunian yang nyaman untuk beristirahat dan memulai usaha setelah pensiun. Salah satu Rumah Eksklusif yang nyaman dan aman yang bisa Pins pertimbangakan adalah Kronjo Regency atau rumah dijual di Tangerang Selatan lainnya. 

Pins juga bisa mencari sebuah rumah bekas yang cantik seperti rumah second di kota Jakarta Pusat  dengan lingkungan asri lainnya. Selain itu, tentunya Pins juga bisa memulai usaha baru setelah pensiun dengan nyaman bersama keluarga.

Baca juga: Berbagai Jenis Usaha Perdagangan

10 Jenis Usaha Setelah Pensiun yang Punya Potensi Besar

Source : Freepik

Berikut adalah 10 jenis usaha setelah pensiun yang dapat menjadi sumber inspirasi untuk Pins. Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

1. Membuka Counter Pulsa

Salah satu usaha yang cocok untuk pensiunan adalah membuka counter pulsa. Meskipun saat isi pulsa dapat dilakukan secara digital, tetap saja counter pulsa masih banyak diminati terutama bagi Pins yang mencari nomor handphone baru. 

Selain untuk melakukan isi ulang, counter pulsa juga menyediakan layanan seperti pembelian token listrik, pembayaran tagihan PDAM, listrik, TV kabel, BPJS, dan leasing. Kelebihan lainnya bisnis setelah pensiun ini dapat dilakukan di rumah.

2. Warung Sembako

Source : iStock

Membuka warung sembako setelah pensiun adalah pilihan yang tepat. Warung ini dapat dijalankan di rumah sendiri, sehingga memungkinkan Pins menjalankan kegiatan sehari-hari sambil mengelola persediaan harian seperti beras, minyak goreng, telur, dan makanan ringan. 

Membuka warung sembako ini dapat menjadi kenyamanan di masa pensiun. Serta dapat memberikan peluang untuk membangun usaha sambil memenuhi kebutuhan sehari-hari di lingkungan sekitar.

3. Usaha Fotocopy

Usaha fotokopi menjadi salah satu peluang bisnis setelah pensiun yang menjanjikan. Meskipun begitu, menjalankan bisnis fotokopi memerlukan strategi yang tepat agar dapat tetap bersaing di era digital ini. 

Salah satu kunci keberhasilan bisnis fotokopi adalah pemilihan lokasi yang strategis. Memilih tempat yang dekat dengan sekolah, kampus, atau perkantoran dapat meningkatkan peluang menarik pelanggan. 

Baca juga: Jenis Usaha Ekonomi

4. Usaha Rental

Salah satu usaha setelah pensiun yang bisa Pins coba adalah memulai bisnis rental kendaraan mobil atau motor. Bisnis rental kendaraan memiliki potensi yang besar terutama jika Pins dapat memilih lokasi dengan bijak.

Daerah wisata seperti Bali dan Jakarta seringkali menjadi target utama pelanggan untuk layanan ini. Menempatkan bisnis Pins di lokasi yang strategis dapat memberikan keuntungan tersendiri, mengingat permintaan tinggi dari wisatawan yang membutuhkan transportasi sementara.

5. Usaha Cafe

Source : Pexels

Membuka cafe memiliki daya tarik dari berbagai kalangan, tentunya ini menjadi opsi menarik untuk menjalankan bisnis setelah pensiun. Pins memiliki kebebasan untuk memutuskan konsep usaha cafe yang ingin Pins bangun.

Sebuah kafe sederhana pun dapat memiliki daya tarik dan popularitas yang tinggi jika didukung oleh rencana bisnis yang matang. Semua itu mencakup pemilihan menu, penetapan harga makanan dan minuman, penentuan lokasi yang strategis, serta pengaturan dekorasi yang unik.

6. Bisnis Online

Source : Freepik

Memulai usaha online dapat menjadi alternatif jika Pins tidak ingin repot membuka usaha di lokasi fisik baru yang jauh dari kenyamanan rumah untuk menjalankan bisnis setelah pensiun. Selain itu, tentukan dahulu bidang yang akan dilakukan pada bisnis online.

Misalnya dalam bidang makanan, peluang di bisnis katering sehat atau mungkin bisnis kue kering yang dapat dijual secara online. Terlebih lagi, menjelang hari raya besar seperti Lebaran dan Natal, bisnis kue kering memiliki potensi besar untuk mendapatkan pesanan online yang melimpah.

7. Kos atau Kontrakan

Membuka kontrakan atau kos merupakan usaha yang cocok untuk pensiun. Bisnis ini dapat semakin meningkat jika lokasi kos atau kontrakan Pins strategis, terletak di daerah yang ramai oleh pelajar dan pekerja kantoran. 

Bisnis ini termasuk dalam kategori usaha yang memberikan passive income, di mana Pins dapat menikmati hasil dari aset yang tidak bergerak tanpa harus terlibat secara aktif dalam kegiatan operasional. Ditambah lagi penghasilan yang terjamin setiap bulan atau tahunnya.

Baca juga: Beragam Jenis Usaha UMKM dan Pengertiannya

8. Peternakan dan Perkebunan

Source : Freepik

Jenis usaha untuk pensiunan yang lainnya adalah mengembangkan usaha ternak lele atau bisnis ayam petelur. Ini merupakan usaha yang menjanjikan dengan modal minim namun potensi keuntungan maksimal. 

Selain usaha peternakan, ada juga perkebunan. Disini Pins bisa mencoba mengeksplorasi usaha tanaman hidroponik atau non-hidroponik disesuaikan dengan kontur tanah dan jenis tanah di area pemukiman. 

9. Pengiriman Barang

Meskipun membeli franchise dalam bisnis ekspedisi memerlukan modal yang tidak sedikit, peluang ini dapat diakses oleh siapa saja yang berminat. Banyak jasa ekspedisi yang memberikan kesempatan bagi calon mitra untuk membuka waralaba mereka sendiri. 

Jika Pins tertarik untuk memulai usaha dalam bisnis pengiriman barang, Pins dapat menghubungi customer service jasa ekspedisi yang bersangkutan. Lokasi usaha jasa pengiriman barang seringkali dapat ditemui di ruko-ruko perkotaan. Namun, tidak sedikit juga yang memilih untuk menjalankan bisnis ini dari rumah mereka sendiri.

10. Usaha Laundry

Source : Unsplash

Keuntungan dari menjalankan usaha laundry dengan skala kecil adalah minimnya kebutuhan untuk mempekerjakan banyak karyawan. Sehingga usaha laundry ini menjadi pilihan yang tepat sebagai bisnis setelah pensiunan. 

Dengan mengelola sendiri segala aspek bisnis, mulai dari mencuci pakaian kotor menggunakan mesin cuci hingga menangani manajemen keuangan. Pins dapat meraih kendali penuh atas usaha tersebut.

Dengan memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian pribadi, pensiun bukan hanya tentang beristirahat tetapi juga menggali potensi baru pada diri sendiri. Mulailah petualangan baru setelah pensiun dan memanfaatkan potensi besar yang ada di depan.

Itu tadi ulasan mengenai jenis usaha setelah pensiun yang punya potensi besar yang bisa Pins coba. Semoga bermanfaat Pins!

Baca juga: 9+ Jenis Usaha Peternakan Lengkap Beserta Penjelasanya

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Kebun Raya Cibinong dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download