Jenis Asuransi Kendaraan Mobil dan Rekomendasinya

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 16 March 2022 ∙ 4 menit membaca

Mobil merupakan jenis kendaraan yang masuk kategori barang berharga. Hal ini dikarenakan harganya yang mahal dan fungsinya yang sangat penting. Karena mobil masuk dalam kategori barang berharga, maka tidak salah jika memasukkan mobil dalam asuransi. Saat ini, jenis asuransi kendaraan mobil sangat banyak dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Jika sedang mencari asuransi yang tepat untuk mobil pribadi, maka harus tahu dulu rekomendasi asuransi apa saja yang bisa dipakai. Setiap jenis asuransi tentu saja berbeda-beda. Maka dari itu, pada poin ulasan di bawah ini akan diberikan secara lengkap mengenai jenis asuransi mobil beserta dengan rekomendasinya:

Jenis Asuransi Mobil

Jika dirinci dari jenis asuransi kendaraan mobil, maka ada dua jenis yang harus dipahami. Setiap jenisnya tentu saja berbeda dari berbagai aspek yang ada. Sebelum memilih produk asuransi untuk mobil, akan lebih baik jika sudah paham jenis-jenisnya. Simak dua jenis asuransi mobil yang ada di bawah ini:

1. Asuransi Mobil All Risk

Jenis asuransi mobil yang pertama adalah asuransi all risk atau risiko penuh. Jadi, jenis yang pertama ini memberikan perlindungan secara menyeluruh pada mobil. Baik itu kerusakan kecil maupun kerusakan besar, semua bisa diatasi oleh asuransi all risk ini. bahkan jika mobil hilang, maka asuransi all risk bisa mengatasinya dengan beberapa syarat tertentu.

Namun dengan semua perlindungan menyeluruh tersebut, tentunya ada harga yang harus dibayarkan. Dibandingkan jenis asuransi lain, asuransi all risk ini mengharuskan pengguna produk untuk membayar biaya yang lebih besar. Hal ini tentunya sebanding dengan perlindungan menyeluruh yang sudah diberikan kepada nasabah saat mobilnya mengalami masalah.

2. Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only)

Lalu ada juga asuransi kendaraan mobil yang biasa disebut TLO. Jika memilih asuransi ini, maka perlindungan yang diberikan tidak menyeluruh hingga detail kerusakan kecil. Asuransi ini hanya melayani jaminan mobil hilang yang disebabkan pencurian. Selain itu, jaminan kerusakan juga diberikan namun hanya 75% atau lebih dari harga mobil.

Jika nilai kerusakan kurang dari angka tersebut, maka pengajuan klaim asuransi tidak akan diterima oleh perusahaan asuransi. Meski demikian, biaya pembayaran asuransi pada jenis ini jauh lebih murah daripada jenis all risk. Hal ini dikarenakan pembiayaan yang diberikan tidak menyeluruh hingga kerusakan kecil yang terjadi pada mobil.

Rekomendasi Asuransi Mobil

Memilih produk asuransi kendaraan mobil memang bukan perkara mudah karena perusahaan asuransi sangat banyak. Setiap produk tentunya memiliki poin karakteristik pembeda dengan masing-masing kelebihan. Jika masuk bingung mencari yang paling tepat, maka harus melihat rekomendasi yang ada di bawah ini sebagai bahan pertimbangan:

1. Jasaraharja Putera

Rekomendasi asuransi yang pertama adalah Jasaraharja Putera. Produk asuransi ini merupakan asuransi BUMN yang sangat layak untuk dipakai. Jenis yang ditawarkan juga lengkap, ada all risk dan TLO. Cakupan asuransi ini juga sangat luas di berbagai titik wilayah yang ada di Indonesia, jadi sangat pas untuk dipakai.

2. Garda Oto

Asuransi ini juga bisa dijadikan pilihan utama karena memiliki jenis layanan yang menarik untuk dimanfaatkan. Calon pembeli produk asuransi bisa melakukan pembelian melalui aplikasi, telepon, website, atau langsung ke unit layanannya. Dengan banyaknya metode ini, maka pengguna bisa melakukan transaksi dengan mudah secara sederhana.

3. Adira Autocillin

Pada asuransi ini, maka produk yang ditawarkan beragam dengan harga yang berbeda-beda. Fitur layanan yang diberikan juga banyak. Salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah layanan servis mobil bergaransi. Selain itu, pihak asuransi juga memberikan layanan siaga 24 jam penuh untuk nasabah.

4. AXA Auto Insurance

Asuransi lain yang direkomendasikan adalah AXA Auto Insurance. Dengan asuransi jenis ini, maka pembiayaannya terbilang sangat lengkap. Mulai dari pembiayaan derek, taksi, hingga kecelakaan diri. Selain itu, nasabah juga bisa mendapat kebebasan memilih bengkel dan mendapat pertanggungjawaban hukum dari pihak ketiga.

5. ABDA Auto Insurance

Jika memilih asuransi ini, maka premi yang diberikan tidak memberatkan. Sudah banyak nasabah yang membuktikan hal ini dengan ulasan yang baik. Proses pembelian produk asuransi juga sangat mudah hanya dengan mengisi formulir di situsnya. Setelah itu, pihak asuransi akan menghubungi calon nasabah untuk melanjutkan proses.

6. Jasindo Oto Insurance

Dengan memakai asuransi ini, maka nasabah bisa mendapat layanan bengkel terbaik yang sudah tersebar di berbagai wilayah. Proses pembayaran premi juga sangat mudah. Jenis layanannya juga banyak dan menarik untuk dipergunakan. Hal ini tentunya akan sangat sayang jika harus dilewatkan untuk dimanfaatkan.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis asuransi kendaraan mobil beserta dengan rekomendasi yang bisa dimanfaatkan. Setiap perusahaan asuransi tentunya memberikan poin pembeda dalam layanannya. Setiap poin pembeda tentunya penting untuk kebutuhan pihak pembeli asuransi. Maka dari itu, pastikan untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia