BlogPemilik PropertiTeknologiContoh Nomor Token Listrik PLN Prabayar, yang Dibeli Online Lewat HP
0
0

Contoh Nomor Token Listrik PLN Prabayar, yang Dibeli Online Lewat HP

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Nov 29, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Beberapa orang mungkin ada yang kurang akrab dengan nomor token atau pulsa listrik prabayar sehingga tidak tahu berapa digit nomor token listrik setelah isi ulang, baik online maupun offline. Cara mengetahui nomor token listrik pun bisa jadi ada yang belum tahu. Berikut ini akan dibahas mengenai cara membeli token listrik, harga, dan cara mengisinya ke dalam meteran sampai berhasil.

Keuntungan dari listrik dengan sistem token atau pulsa adalah, apa yang kita pakai adalah yang kita bayar. Berbeda jika menggunakan sistem listrik lama, terkadang petugas PLN asal menembak saja meteran yang dipakai sehingga pembayarannya tidak sesuai yang kita pakai.

Jika rumah baru yang Kamu beli di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung masih menggunakan sistem listrik lama, Kamu dapat menggantinya ke sistem listrik yang baru. Kamu juga dapat menentukan sejak awal penggunaan sistem listrik yang baru jika membangun rumah dengan desain sendiri di KPR rumah.

Berapa Digit No Token Listrik?

Nomor token listrik merupakan kode 16 digit yang akan kita dapatkan setelah kita membeli pulsa listrik PLN Prabayar, lewat mana saja, baik di Indomaret, Alfamart, ATM, Internet Banking, atau lewat e-commerce semacam Shopee, Blibli, Elevenia, dan lain-lain.

Saat membeli pulsa listrik di Indomaret atau Alfamart, kita akan mendapatkan struk dari kasir dan di bagian struk akan terdapat tulisan 16 digit nomor token yang harus kita masukkan ke meteran listrik agar kWh listrik bertambah. Jumlah dari kWh listrik yang kita dapatkan, bergantung pada nominal pulsa listrik yang kita beli. Jika kita membeli pulsa listrik 50 ribu, maka jumlah kWh yang akan kita dapatkan tentu saja berbeda dengan pulsa listrik 100 ribu atau 200 ribu.

Contoh Nomor Token Listrik Prabayar

Informasi yang paling penting yang dibutuhkan untuk mengisi pulsa listrik adalah nomor ID Pelanggan atau nomor meteran listrik. Jika tidak ada nomor tersebut, maka kita tidak bisa membeli pulsa listrik. Untuk mengecek tagihan listrik pasca bayar pun, diperlukan juga informasi di atas sehingga informasi tersebut jangan sampai hilang.

Mengisi pulsa listrik biasanya dapat dilakukan pada saat meteran listrik sudah berbunyi atau menjadi pertanda bahwa pulsa listrik rumah Kamu telah mendekati masa habis. Peringatan pulsa listrik akan habis dapat dibuat berbunyi, sesuai dengan pengaturan pada kWh berapa meteran akan bunyi. Hal ini berguna sebagai pengingatan dini, sehingga diatur agar bunyi sebelum pulsa listrik habis. Kamu harus kenali perbedaan listrik pascabayar dan prabayar, jangan salah pilih!

1. Contoh Nomor Token Listrik 200 Ribu

Berikut ini adalah contoh dari pembelian nomor token listrik dengan jumlah 200 ribu yang dilakukan melalui aplikasi belanja online Shopee:

Contoh Nomor Token Listrik PLN Prabayar Saya Beli Online Lewat HP

Baca juga: Mudah! 3 Cara Mematikan Bunyi dari Token Listrik Agar Tak Berisik

2. Contoh Nomor Token Listrik 500 Ribu

Berikut ini adalah contoh dari pembelian nomor token listrik dengan jumlah 500 ribu yang dilakukan melalui aplikasi belanja online Shopee:

contoh no token listrik 500 ribu beli di shopee

Mengisi Token Listrik 200 Ribu Dapat Berapa KWH?

Saat melakukan pengisian token listrik dengan pilihan token berjumlah 200 ribu, maka Pins akan mendapatkan kWh yang berjumlah sekitar 142 kWh. Dari jumlah tersebut, dapat diperkirakan jika Pins melakukan pembelian token listrik dengan jumlah 100 ribu maka akan mendapat kWh sekitar 71 kWh.

Begitu juga apabila Kamu membeli token listrik berjumlah 50 ribu, maka dapat diperhitungkan dari kisaran tersebut. Namun, akan terdapat perbedaan kWh dari pembelian token listrik di setiap daerah, meskipun nominal token listrik yang dibayar sama. Hal ini terjadi karena terdapat perbedaan tarif pengenaan PPJ atau Pajak Penerangan Jalan.

Cara Mengetahui Nomor Token Listrik Yang Hilang

Jika kalian membeli token listrik PLN lewat ATM lalu struk pembeliannya tidak keluar, karena yang menjadi kemungkinannya adalah kehabisan kertas. Jangan khawatir Pins! Kalian masih bisa mengetahui nomor token listrik yang kalian beli. Cara yang dapat kalian lakukan adalah dengan melakukan pengunduhan aplikasi PLN Mobile, lalu registrasi dan login ke akun PLN Mobile kalian, masukan nomor meteran listrik atau ID PLN ke dalam aplikasi, maka akan muncul riwayat pengisian pulsa listrik kalian.

Pembelian pulsa yang baru saja kalian lakukan pun akan muncul di aplikasi tersebut. Jika token listriknya sudah muncul, maka Pins dapat memasukkan nomor token listrik yang muncul ke meteran listrik rumah. Kamu harus tahu sampai kapan batas waktu pengisian token listrik? apakah bisa hangus?

Cek Riwayat Token Listrik Juga Bisa Lewat PLN Mobile

Keuntungan lainnya menggunakan aplikasi PLN Mobile adalah kita bisa juga mengecek riwayat pembelian pulsa listrik kita. Bagi kalian pengguna listrik Pascabayar, kalian masih tetap bisa melihat riwayat pembayaran selama satu tahun pemakaian.

Cara Mengisi Token Listrik ke Meteran

  • Cara pertama yang harus Kamu lakukan adalah mencatat 16 digit nomor token listrik yang sudah dibeli,
  • Lalu bergegas ke depan meteran listrik rumah Kamu dan langsung ketikkan angka tersebut di meteran listrik,
  • Ketik angka yang muncul dengan lengkap 16 digit jangan sampai salah meskipun cuma satu angka,
  • Jika sudah benar, setelah itu klik tombol enter dengan tanda panah ke kiri seperti huruf L terbalik,
  • Ketika nomor token listrik yang Kamu masukkan benar, maka akan muncul tulisan “BENAR” di layar meteran listrik,
  • Jumlah kwh yang dibeli pun akan muncul di layar,
  • Kwh listrik telah bertambah dan kita berhasil memasukkan pulsa listrik ke meteran.

Bagian Alat Meteran Listrik

Source : BlogRumahan

Alat meteran listrik disebut juga dengan sebutan bargainser yang difungsikan sebagai pembatas dan pembaca jumlah daya listrik yang disalurkan ke pelistrikan tempat tinggal masyarakat. Berikut ini adalah bagian-bagian dari alat meteran listrik atau bargainser:

1. Meter Listrik (kWh meter)

Meter listrik diukur dengan satuan kWh meter yang difungsikan sebagai pengukur besarnya daya yang digunakan oleh suatu tempat tinggal. Ukuran daya ini akan menampilkan sejumlah angka yang akan didapatkan ketika melakukan pengisian token listrik. Semakin besar penggunaan listrik Kamu, maka daya kWh pada alat ini akan semakin berkurang jumlah angkanya.

2. Tombol Keypad

Tombol keypad digunakan untuk membantu Kamu dalam mempermudah pengisian token listrik mengikuti informasi token yang akan Kamu dapatkan saat terjadinya pembelian listrk. Keypad tersebut berisi angka-angka, backspace, dan enter. Untuk tombol backspace dapat Kamu gunakan sebagai penghapus angka jika terdapat kesalahan saat Kamu memencet tombol, lalu untuk tombol enter dapat Kamu gunakan ketika angka token listrik telah usai Kamu pencet seluruhnya.

Baca juga: 5 Tips Instalasi Listrik Rumah Industrial Agar Tetap Rapih

3. Miniature Circuit Breaker (MCB)

Miniature Circuit Breaker (MCB) adalah alat pelistrikan yang didesain sebagai pengaman ketika daya listrik pada rumah Kamu telah melebihi batasnya, maka alat ini akan secara otomatis memutus aliran listrik secara menyeluruh di tempat tinggal Kamu. Bentuk MCB ini adalah seperti saklar yang dapat dinyalakan dan dimatikan.

4. Nomor Seri Meteran Listrik

Nomor seri meteran listrik adalah nomor yang akan Kamu gunakan ketika melakukan pembelian untuk mengisi listrik di rumah Kamu.

5. Indikator Lampu Listrik

Indikator lampu listrik merupakan warna pertanda dari jumlah listrik Kamu. Ketika indikator listrik berwarna hijau, artinya listrik Kamu masih aman dan mencukupi untuk menopang listrik-listrik di rumah Kamu. Lalu ketika indikator listrik berwarna merah, maka listrik Kamu akan segera habis dan harus dilakukan pembelian.

Cara Isi Token Listrik

Source : CNBCIndonesia

Kini untuk mengisi token listrik dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone yang terhubung dengan internet, maka Pins dapat melakukan pembelian token listrik dengan mudah di manapun Pins berada. Berikut ini beberapa cara isi token listrik mudah menggunakan internet:

1. Cara Isi Token Listrik melalui E-Commerce

  • Untuk melakukan pembelian token listrik melalui ecommerce maka Kamu harus mengunjungi website atau melakukan pengunduhan aplikasi ecommerce di smartphone Kamu!
  • Jika sudah terbuka, Pins pilih menu yang berjudul pembelian listrik PLN dan pilih token listrik,
  • Kamu akan diinstruksikan untuk melakukan pengisian nomor pelanggan,
  • Jika sudah mengisi nomor pelanggan, Kamu pilih berapa jumlah token listrik yang ingin Kamu beli,
  • Nama pemilik listrik dan rincian pembelian akan muncul, Pins klik opsi bayar,
  • Lalu, Kamu dapat memilih metode pembayaran yang Pins gunakan,
  • Ketika pembayaran telah selesai, maka akan muncul informasi bahwa pembayaran telah sukses dilakukan dan nomor token listrik akan dikirim sistem ke e-mail Kamu yang terdaftar di ecommerce.
  • Langkah selanjutnya, Kamu tinggal melakukan pengisian di meteran listrik Kamu!

Kamu harus tahu penyebab meteran listrik ada tulisan periksa, begini solusinya!

2. Cara Isi Token Listrik melalui Mobile Banking

  • Bukalah aplikasi Mobile Banking di smartphone Kamu,
  • Jika sudah terbuka Kamu dapat melihat opsi “Transaksi Lain”, dalam transaksi lain ini akan muncul pembelian Listrik PLN Prabayar,
  • Kamu akan diinstruksikan untuk memasukkan nomor listrik yang terdapat di meteran Kamu,
  • Ketika nomor meteran listrik telah selesai dimasukkan, maka akan keluar nama pemilik tersebut apakah benar atau tidak,
  • Selanjutnya, Kamu dapat memilih jumlah token listrik yang ingin Kamu beli,
  • Lanjutkan dengan melakukan pembayaran,
  • Ketika sudah selesai dan pembayaran berhasil, Pins akan mendapat rincian pembayaran sekaligus token listrik yang harus dimasukkan pada meteran listrik rumah Kamu.

3. Cara Isi Token Listrik melalui PLN Mobile

  • Sebelumnya, Pins harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi PLN Mobile di smartphone Kamu!
  • Jika sudah terunduh, maka Pins akan diinstruksikan untuk melakukan registrasi dengan nomor pelanggan atau meteran listrik rumah Kamu,
  • Jika sudah teregis, maka Pins sudah bisa melakukan pembelian token listrik dengan cara memilih menu “Kelistrikan”,
  • Lalu, Kamu masukkan nomor pelanggan atau nomor listrik yang ada di meteran listrik Kamu,
  • Kemudian akan muncul nama pemilik listrik, Kamu dapat melanjuti dengan memilih “Beli Token”,
  • Pada menu “Beli Token” Kamu akan memilih jumlah nominal token listrik yang dibutuhkan,
  • Jika sudah memilih, lanjutkan dengan “Beli”,
  • Lalu, klik “Lanjutkan Pembayaran”,
  • Di tahap ini Kamu dapat memilih metode pembayaran apa yang Kamu inginkan, ikuti instruksinya hingga pembayaran berhasil,
  • Ketika sudah selesai, maka Kamu dapat pergi ke menu “Lihat Transaksi Saya”,
  • Di halaman riwayat transaksi ini Kamu akan mendapat token listrik untuk mengisi di meteran rumah Kamu.

Itu dia informasi mengenai contoh nomor token listrik PLN prabayar yang dibeli online lewat HP dan cara memasukkannya ke meteran listrik. Semoga artikel ini dapat membantu Kamu yang kebingungan mengenai token listrik di rumah Kamu!

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak? Ini 11 Cara Menghemat Listrik di Rumah!

Featured Image Source: RadarGroup


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cikarang Griya Pratama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.


Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download