Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Info Urban Design Secara Detail yang Bisa Mengatur Sebuah Wilayah

Info Urban Design Secara Detail yang Bisa Mengatur Sebuah Wilayah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 26 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Jika melihat-lihat kota besar, mungkin Pins akan langsung sadar bahwa struktur dan tatanan pada perkotaan cenderung sangat padat.. Rancangan kota ini disebut juga dengan urban design. Pengertiannya sendiri adalah pengaturan dan penataan tatanan kota. Butuh pertimbangan yang sangat ekstra dalam merancang tata ruang kota. 

Pinhome – Bukan tanpa alasan, hal ini untuk menjaga fungsi yang ada dalam suatu kota seperti hunian, saluran air dan masih banyak lagi. Terlebih kondisi tatanan perkotaan yang cenderung padat juga membuat desain perkotaan ini membutuhkan berbagai pertimbangan untuk segala aspek yang ada untuk sebuah kota. Bagi Pins yang masih penasaran apa itu desain perkotaan, yuk simak informasi lengkapnya lewat ulasan di bawah ini!

Mengenal Apa Itu Urban Design

(Pinterest)

Urban adalah perkembangan kota yang mencakup elemen-elemen di dalamnya. Urban didefinisikan sebagai kawasan perkotaan yang memiliki kegiatan utama selain pertahanan dengan fungsi kawasan sebagai hunian perkotaan, pemusatan dan distribusi layanan jasa pemerintahan, sosial serta kegiatan ekonomi dan industri. 

Sedangkan urban design adalah ilmu dalam merancang atau mengatur penampilan dan fungsi sebuah tatanan kota. Proses ini memerlukan pertimbangan yang sangat panjang karena menyesuaikan fungsi dari suatu kota itu sendiri. Dalam desain perkotaan ini memerlukan beberapa gabungan ilmu seperti perencanaan, arsitektur, teknik, ekonomi dan hukum

Desain penataan kota ini harus dipertimbangkan dengan sangat matang dan memperhatikan berbagai fungsi dalam suatu kota seperti hunian, infrastruktur, jalur transportasi umum, saluran air, tempat pembuangan sampah dan masih banyak lagi. 

Oleh karena itu, penataan kota ini tidak bisa dianggap enteng karena membutuhkan pertimbangan yang sangat matang pada berbagai aspek mulai dari aspek lingkungan, ekonomi hingga sosial budaya. Selain itu dalam mendesain tatanan perkotaan ini juga perlu mengikuti kebijakan pemerintah daerah setempat.

Baca juga: Tips Desain Rumah Minimalis untuk Hunian Kamu

Klasifikasi Urban

(Pinterest)

Meski urban didefinisikan sebagai kawasan perkotaan, namun urban sendiri memiliki beberapa klasifikasi kawasan, yaitu:

  • Kawasan perkotaan dengan status administratif daerah kota
  • Kawasan perkotaan yang menjadi bagian dari daerah kabupaten
  • Kawasan perkotaan baru yang dari hasil pembangunan kawasan perdesaan menjadi kawasan perkotaan
  • Kawasan perkotaan yang memiliki bagian dari dua atau lebih daerah yang berbatasan sebagai satu kesatuan sosial, ekonomi dan fisik dari perkotaan

Konsep dan Tujuan

(Pinterest)

Penggunaan desain perkotaan ini sendiri bukanlah tanpa alasan, melainkan mencakup beberapa manfaat yang didapatkan dari penerapan konsep ini. Adapun konsep dari desain perkotaan ini, antara lain:

  • Memanfaatkan lahan secara optimal
  • Mengembangkan sirkulasi dan parkir
  • Menata massa bangunan dan meningkatkan kualitas bangunan serta lingkungan
  • Mengembangkan ruang terbuka hijau
  • Mengembangkan aktivitas pendukung

Dalam desain perkotaan, peruntukkan lahan harus mengacu pada kebijakan daerah setempat dalam Rencana Tata Detail Tata Ruang (RDTR). Desain perkotaan ini sangat mempengaruhi kesuksesan ekonomi dan sosio-ekonomi pada penduduk suatu kota. Hal inilah yang akan menarik usaha lokal, transportasi, minat penghuni, lapangan pekerjaan hingga fasilitas umum yang memudahkan kehidupan penduduk suatu kota.

Penerapan Urban Design Pada Kawasan Hunian

(Pinterest)

Kawasan hunian tentu membutuhkan rancangan yang tepat untuk membuat tatanan yang rapi dan tertata. Tatanan hunian harus dibuat dengan optimal dan harmonis agar penghuni bisa merasa tenang dan terpenuhi setiap kebutuhannya selama tinggal di kawasan hunian. Pada desain perkotaan, umumnya kawasan hunian akan sangat padat namun dirancang serapi mungkin agar harmonis dan memenuhi kebutuhan dari penghuni kota. 

Pada kawasan hunian dengan desain perkotaan tentu juga akan dirancang dengan memiliki fasilitas umum yang lebih memadai, seperti jalur transportasi umum yang luas, fasilitas kesehatan yang tersedia di berbagai titik penting kawasan hunian, pusat perbelanjaan, ruang terbuka hijau dan masih banyak lagi. Hal-hal inilah yang akan menarik minat penghuni untuk tinggal di kawasan hunian dengan desain perkotaan yang baik.

Dengan fasilitas umum yang lengkap, juga memungkinkan penghuni kawasan untuk melakukan aktivitas lain seperti olahraga, rekreasi dan beberapa kegiatan tambahan lainnya. Hal ini tentu tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar penghuni dalam mencari uang dan hidup saja, melainkan juga mencari hiburan dan menunjang kesehatan para penghuni.

Baca juga: Menghemat Ruang pada Denah Rumah Minimalis

Ruang Terbuka

(Pinterest)

Pada desain perkotaan, ruang terbuka adalah unsur ruang alam yang ada dalam kota. Bentuknya sendiri seperti lapangan terbuka, taman dan masih banyak lagi. Desain perkotaan ini adalah bagian dari proses perencanaan yang diuraikan dengan memperhatikan kualitas fisik dari lingkungan perkotaan itu sendiri, 

Demi mewujudkan suatu kota yang harmonis, maka diperlukan proses desain yang terpadu. Adapun unsur-unsur yang ada dalam merancang kota, antara lain:

  • Peruntukkan lahan mikro
  • Jaringan utilitas umum kota
  • Ruang terbuka dan tata hijau
  • Tata massa bangunan
  • Penciptaan unsur identitas kota
  • Sistem penghubung jalan
  • Pelestarian struktur alami dan binaan
  • Unsur-unsur penunjang

Itulah informasi mengenai urban design yang perlu Pins ketahui. Semoga dengan informasi di atas bisa menambah wawasan kamu mengenai apa itu perencanaan perkotaan dan unsur-unsur yang berada di dalam proses merancang suatu kota. Dengan informasi di atas juga diharapkan Pins semakin aware terhadap pentingnya suatu tatanan perkotaan dan fungsinya ya! Semoga bermanfaat!

Itulah daftar desain rumah cantik yang bisa menjadi inspirasi Pins dalam membangun rumah. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel